Mudahnya Membuat Jamu Kunyit untuk Kesehatan

Mudahnya Membuat Jamu Kunyit untuk Kesehatan. Nama kunyit tentu sangat familiar ditelinga kita, ya tanaman yang paling sering digunakan untuk bumbu-bumbuan ini termasuk kedalam tanaman yang paling mudah di jumpai di semua tempat terutama di dapur kita.

Sebagaimana kita ketahui bersama manfaat kunyit bukan hanya sekedar bumbu dapur, namun juga sangat bermanfaat untuk mencegah, menghambat, bahkan mengobati beberapa penyakit yang serius seperti penyakit lambung, usus, disentri, keputihan, bahkan kunyit dipercaya dpat menghambat da mengobati penyakit typus dan diabetes melitus.

Tanaman kunyit sangatlah populer sebagai alat pengobatan tradisional yang melegenda. Adapun mengenai rasa rimpang kunyit sebagai obat sangatlah bersahabat untuk Anda sebagai pecinta rmpah-rempahan. Sebab, kunyit ini mempunyai  rasa yang hangat dan juga menyegarkan, tentu sangat berbeda dengan jamu yang pada umumnya yang mempunyai rasa pahit.

Begitu mudah dan banyaknya khasiat yang dapat kita manfaatkan dari keberadaan kunyit, namun jarang sekali orang yang mengetahui cara membuat ramuan dari bahan kunyit untuk menjaga dan mengobati beberapa penyakit. 

Nah maka dari itu Tanaman Berkhasiat coba memberikan panduan bagaimana cara membuat ramuan kunyit untuk menjaga kesehatan atau untuk  mengobati beberapa penyakit yang sedang di derita. 


Cara Membuat Jamu Kunyit untuk Kesehatan



Contoh resep pemakaian kunyit

Kunyit untuk menyembuhkan Usus buntu

Bahan 
2 rimpang kunyit
1 jeruk nipis
Gula aren
garam

Cara pemakaian
Parut kunyit dan peras airnya kemudian masukan kedalam 1 gelas air panas, tambahkan jeruk nipis, gula aren dan garam secukupnya, lalu saring dan minum setiap pagi secar teratur.

Kunyit untuk menyembuhkan Disentri

Bahan
2 rimpang kunyit
gambir
kapur sirih
jeruk nipis


Cara pemakaian
Rebuslah 2 rimpang kunyit bersama gambir dan kapur sirih secukupnya kedalam 2 hingga tersisa 1 gelas, tambahkan jeruk nipis lalu saring dan minum sampai sembuh.

Kunyit untuk menyembuhkan Diabetes Melitus

Bahan
3 rimpang kunyit
1/2 sdt garam
1 liter air

Cara pemakaian
Rebus hingga mendidih 3 rimpang kunyit dengan menggunakan 1 liter air. Kemudian tambahkan /2sdt garam. lalu saring. Setelah dingin diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

Kunyit Untuk Mengobati Typus

Bahan
2 rimpang kunyit
1 benggol sereh
2 lbr daun sambiloto
1 gls air

Cara pemakaian
Ambil semua bahan yang sudah disediakan diatas. Campurkan lalu tumbuk semua bahan hingga halus. Setelah itu masukan kedalam 1 gelas air. Rebus hingga mendidih. Setelah itu saring dan silahkan diminum setiap hari selama 1 minggu.

Kunyit untuk mengobati Keputihan

Bahan
2 rimpang kunyit
1 genggam daun beluntas
1 buah gagang asam
1 potong gula aren
1 liter air

Cara pemakaian
rebuslah 2 rimpang kunyit bersama 1 genggam daun beluntas, 1 buah gagang asam dan 1 potong gula aren kedalam 1 liter air sampai mendidih, disaring dan diminum 1 gelas sehari.

Kunyit untuk mengobati Haid tidak lancar

Bahan
2 rimpang kunyit
1/2 sendok ketumbar
1/2 sendok pala
1/2 genggam daun srigading
1 liter air

Cara pemakaian
tumbuk halus 2 rimpang kunyit bersama 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok pala dan 1/2 genggam daun srigading kedalam 1 liter air sampai mendidih, lalu saring dan minum 1 gelas sehari.

Kunyit untuk mengobati Amandel

Bahan
2 rimpang kunyit
Madu
jeruk nipis
Air hangat

Cara Pemakaian
2 rimpang kunyit diparut, peras dan diambil sarinya lalu campurkan madu dan jeruk nipis secukupnya campur sedikit air hangat diaduk hingga merata. minum 2 kali sehari pagi sore.

Kunyit untuk Penambah darah
Parut dan peras 1 rimpang kunyit untuk diambil airnya, lalu tambah dengan 1 butir telur ayam kampung dan 1 sendok madu. masukan kedalam gelas dikocok dan dioplos hingga merata. diminum 3 kali sehari dengan teratur.

Cukup mudah untuk mempraktekan dan membuat obat tradisional barbahan kunyit. Anda tinggal mencari bahan-bahan yang diperlukannya dan langsung menerapkan panduan seperti tertera diatas. Silahkan di coba dan semoga bermanfaat dan sehat selalu.

This Is The Newest Post
Disqus Comments