Begini Cara Mencuci Rambut yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Rambut yang Baik dan Benar. Mencuci rambut atau keramas memang jarang diperhatikan bahkan jarang orang yang peduli dengan bagaimana cara keramas yang benar. Umumnya kita mencuci rambut itu hanya memperhatikan kebersihannya saja tanpa memperhatikan resiko lain pada rambut atau tanpa melihat kemungkinan lain yang dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi stres.

Pada dasarnya mencuci dan membilas rambut itu yang diutamakan hanyalah shampoo-nya saja, tanpa memperhatikan tekhnik serta tata cara keramas menurut pakar kesehatan. Padahal Mencuci rambut harus dilakukan dengan lembut dan jangan berlebihan. Cuci dan bersihkan rambut dengan hati-hati tanpa harus menarik atau menekan akar rambut. Berikut tips mencuci rambut atau keramas yang benar serta yang disarankan adalah :

Cara Mencuci Rambut yang Baik dan Benar

  • Gunakan sisir yang bergigi jarang saat mengurai rambut kusut sebelum dibasahi.
  • Basahi rambut secara merata dan menyeluruh agar shampoo dan kondisioner dapat membersihkan dan melembutkan rambut dan kulit kepala secara sempurna
  • Rambut yang basah seluruhnya hanya memerlukan sedikit shampo. Basahi rambut dengan air hangat dan sisirlah rambut dengan lembut menggunakan jari tangan untuk memastikan bahwa rambut sudah benar-benar basah.
  • Tuangkan shampo ditelapak tangan, lalu usap secara merata pada rambut.  Gunakan telapak tangan untuk meratakan busa shampo, sementara gunakan ujung jari tangan untuk memijat kulit kepala secara perlahan. Pijatlah selama kurang lebih tiga menit sambiol menguraikan rambut dari depan ke belakang sesering mungkin menggunakan jari tangan.
  • Gunakan aliran air hangat (jangan panas) yang deras. Penyebab rambut kusam adalah pembilasan yang kurang baik. Jadi, meski rambut terasa sudah bersih, tetap bilas rambut beberapa kali lagi. Jika memungkinkan, bilas dengan semprotan air dingin untuk memijat kulit kepala dan menutup kutikula (selaput luar) rambut.
  • Ratakanlah kondisioner pada rambut dengan telapak tangan, pusatkan pada ujung rambut dan hindari kulit kepala. Bilas lagi.
  • Bungkuslah rambut dengan handuk dan peras kelebihan airnya. Uraikan rambut dengan sisir bergigi jarang dan mulailah dari bagian ujungnya.
  • Kontrol selalu kesehatan rambut Anda ketika akan atau sesudah mandi, usahakan periksa dahulu shampo yang akan digunakan, alangkah baiknya jika memakai shampo yang sangat cocok dengan kesehatan rambut Anda.


Baca juga..! 

Nah itulah teknik mencuci rambut yang disarankan oleh hampir semua pakar ahli kecantikan rambut. Memang sebetulnya sih mudah dan tidak terlalu ribet, hanya saja kita terkadang mengabaikan hal-hal yang kecil sehingga keramas kita jadi tidak sempurna. Untuk itu lakukanlah dengan penuh suka cita agar keramas kita menjadi sangat menyenangkan. Terima kasih.

Disqus Comments