Kandungan Temu Hitam dan Khasiatnya

Kandungan dan Khasiat Lengkap Temu Hitam. Temu hitam mempunyai nama botani Curcuma aeruginosa Roxb dari suku Zingiberaceae. Sedangkan nama daerah dinusantara adalah temu ireng, temu item (Melayu), temu ireng (Jawa), koneng hideng (Sunda), temu lotong (Bugis), dan tamu leteng (Makasar). Nama simplisia dari temu hitam adalah curcumae aeruginosae Rhizoma (rimpang temu hitam).

Temu hitam banyak tersebar di kawasan Asia seperti Kamboja, Burma, Indocina kemudian menyebar ke pulau jawa. Temu hitam banyak ditanam dan dibudidayakan untuk keperluan manusia, tetapi banyak juga yang tumbuh secara liar diladang, hutan padang rumput dan tempat lainnya di ketinggian 400-750 m dpl.

Artikel terkait lainnya
Manfaat temulawak untuk kesehatan
Manfaat dan Khasiat Temu Putih
15 Tanaman Obat untuk Mengatasi Diabetes Melitus

Kandungan dan Khasiat Temu Hitam


Kandungan yang terdapat pada rimpang temu hitam adalah kurkumalakton, kurdion, kurzerenon, isokurkumenol, kurkumenol, minyak asiri, tanin, demethyoxykurkumin dan methyoxykurkumin. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah rimpangnya.

Sedangkan Rimpang temu hitam bersifat dingin, rasanya sangat tajam dan pahit. Berkhasiat sebagai peluruh dahak, stomakik (peningkat nafsu makan), karminatif (peluruh kentut), peluruh dahak, dan pembersih darah.


Indikasi Temu Hitam

  • Menambah selera makan.
  • Atasi cacingan.
  • Atasi Demam berdarah (DBD)
  • Obati batuk dan sesak nafas.
  • Obati borok, ruam dan penyakit kulit lainnya.
  • Melancarkan keluarnya darah terutama setelah melahirkan.


Cara Pemakaian
Herba untuk diminum. Seduh 1-2 rimpang temu hitam
Pemakaian luar. Kupas dan tumbuk rimpang temu hitam, lalu beri minyak kelapa, oleskan pada tempat yang sakit seperti borok, ruam, dan kudis.


Contoh Pemakaian

Membangkitkan selera makan
Cuci dan iris tipis herba temu hitam, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas saja, minum pagi sore setengah gelas.

Membersihkan setelah melahirkan
Cuci dan kupas 2 jari temu hitam, haluskan dan rebus dengan air satu gelas, lalu saring dan minum setiap hari selama 3 hari setelah melahirkan.

Sesak nafas, batuk
Potong tipis dan rebus 25 g herba segar dengan menggunakan 2 gelas air sampai tersisa separuhnya, saring dan  minum pagi sore setengah gelas setiap hari.

Disqus Comments