Manfaat Kelingkit Taiwan untuk Kesehatan

Manfaat Kelingkit Taiwan untuk Kesehatan. Kelingkit taiwan mempunyai nama ilmiah Malpighia coccigera Linn dari suku Malpighiaceae. Tanaman ini dinusantara sering disebut dengan Daun Selaput, juga Daun Serut. Pertama kali yang menemukan tanaman ini adalah ilmuwan itali yang bernama Marcello Malphigi (1628-1693). Sedangkan kelingkit taiwan berasal dari Hindia Barat sebelum menyebar ke seluruh nusantara.

Kelingkit taiwan adalah jenis tanaman perdu mempunyai tinggi 0,5-2,5 m, berdaun lurus dan rimbun. Warna hijau tua yang mengkilap menjadikan ke khasan dari kelingkit taiwan. Adapun bunganya berwarna putih sedikit pucat tumbuh diantara ketiak daun. Buah kelingkit Taiwan keras dan jarang hanya tumbuh 1-3 saja, besarnya sekitar 1 cm, berbiji warnanya merah pada sela tangkai.


Manfaat Kelingkit Taiwan untuk Kesehatan

Untuk menggunakan kelingkit taiwan sebagai terapi harbal adalah daun dan akarnya. Adapun penyakit yang dapat di atasi dengan Kelingkit Taiwan adalah sebagi berikut
  • Magatasi Rematik
  • Menyembuhkan hepatitis
  • Membantu orang yang insomnis atau susah tidur
  • Memperlancar lidah kelu
  • Mengatasi muntah-muntah karena lambung panas.
Berikut indikasi dan cara pemakaian herba kelingkit taiwan
  • Pengobatan dalam. Herba daun segar 100-250 g direbus.
  • Pengobatan Luar. Kompres penyakit dengan daun herba segar setelah ditumbuk terlebih dahulu.
Contoh pemakain herba
Hepatitis Akut
Harba daun segar kelingkit taiwan dicuci bersih, lalu dirubus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum 1/2 gelas 3 kali sehari.

Bisul dan Abses
Daun herba segar dicuci bersih, tambahkan tank kwe seperlunya, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring dan minum 0,5 gelas 2 kali sehari.

Demikian ulasan untuk mengenal dan sedikit memahami tentang manfaat dan khasiat dari tanaman herba kelingkit taiwan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Disqus Comments