10 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

10 Manfaat wortel Bagi Kesehatan. Tak usah ditanyakan lagi tentang manfaat ataupun khasiat wortel untuk kesehatan tubuh manusia, karena hampir semua orang tahu akan manfaat wortel. Wortel adalah salah satu makanan detoksifikasi yang dapat membersihkan dan mengatur ketidak seimbangan dalam tubuh. Manfaat wortel yang dipercaya meningkatkan kemampuan penglihatan juga terbukti benar. Baca Khasiat wortel.

Wortel yang identik dengan kandungan vitamin A-nya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata ternyata juga memiliki kandungan lain seperti vitamin E Vitamin C, NSP (serat), Beta-karoten, Asam alfa-lipoic dan lainnya yang sama mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut 10 manfaat wortel bagi kesehatan.

10 Manfaat wortel Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Penglihatan
Wortel memang identik dengan perawatan terhadap mata, karena Wortel kaya akan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A yang ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, Beta-karoten juga melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak. Pada satu penelitian menemukan bahwa orang yang makan makanan yang mengandung beta-karoten memiliki risiko 40 persen lebih rendah daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit.

2. Membantu Mencegah kanker
Penelitian telah menunjukkan wortel mengurangi risiko kanker usus besar,  kanker paru-paru dan kanker payudara. Para peneliti menemukan falcarinol dan falcarindiol pada wortel yang mempunyai sifat antikanker. Sedangkan kandungan falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur.

3. Memperlambat Penuaan
Tingginya tingkat beta-karoten sebagai antioksidan untuk memperbaiki sel yang rusak pada kulit sangat membantu metabolisme untuk memperlambat sel penuaan.

4. Menyehatkan Kulit
Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Yang mana jika kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kekeringan pada kuku, kulit, dan rambut. Vitamin A juga dapat mencegah flek hitam, kulit kering,  keriput, jerawat, pigmentasi, serta warna kulit tidak merata.

5. Membantu Mencegah infeksi
Wortel dikenal oleh para pakar ampuh mencegah infeksi. selain dari pada itu wortel juga dapat digunakan untuk penyembuhan luka. Caranya hanya dengan memotong wortel mentah direbus dan dihaluskan.

6. Meningkatkan kulit yang lebih sehat (dari luar)
Wortel dapat digunakan sebagai masker wajah yang murah dan sangat nyaman. banyak referensi tentang kandungan wortel yang dapat menghaluskan kulit bahkan memberikan kecantikan bagi yang memakainya. Hanya campuran parutan wortel  dengan sedikit madu.

7. Mencegah penyakit jantung
Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung pada manusia. Wortel tidak hanya mengandung beta-karoten saja, namun wortel juga mengandung alpha-karoten dan lutein yang membantu bagi penderita penyakit jantung. Mengonsumsi wortel secara teratur juga mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam empedu.

8. Membersihkan Tubuh
Vitamin A membantu hati dalam menghilangkan racun dari tubuh. Hal Ini mengurangi empedu dan lemak. Sedabfkan serat dalam wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat pelepasan kotoran ditubuh.

9. Melindungi Gigi dan Gusi
Wortel membersihkan gigi dan mulut. Dengan memakan wortel dapat mengikis plak dan partikel makanan layaknya pasta gigi atau sikat gigi. Yang mana wortel merangsang gusi dan memicu banyak air liur menjadi basa, mengeluarkan bakteri pada rongga mulut serta mineral dalam wortel mencegah kerusakan gigi.

10. Mencegah Stroke
Dalam sebuah studi di Harvard University, dengan membandingkan orang yang makan lebih dari enam wortel seminggu cenderung terbebas dari stroke daripada yang makan hanya satu wortel sebulan bahkan kurang.

Dengan demikian alangkah baiknya untuk segera menyediakan selalu sayuran wortel dirumah agar dapat dimasak setiap hari secara rutin. Karena kandungan vitamin yang ada didalam wortel sangat membantu untuk menjaga kesehatan seluruh anggota tubuh.

You Might Also Like:

Disqus Comments