Mengenal Akar Wangi serta Manfaatnya

Mengenal Akar Wangi serta Manfaatnya. Akar wangi adalah tumbuhan yang mempunyai nama latin Vetiveria zizanioides yang merupakan tumbuhan terkenal sebagai penghasil minyak atsiri terbaik. Sebagian orang jarang mengenal akar wangi, namun akar wangi tidaklah sulit untuk ditemui karena tanaman famili rumput-rumputan ini termasuk tanaman liar dan mudah tumbuh ditempat terbuka.

Ada dua jenis akar wangi yang diketahui menghasilkan minyak essensial terbaik di Indonesia yakni akar wangi yang berbunga dan yang tidak berbunga, Akar wangi tanpa bunga diketahui mempunyai hasil minyak lebih baik dari pada yang berbunga. Minyak akar wangi di dunia Internasional dinamakan "Java vetiver oil" mempunyai aroma yang khas dan lembut sangat berbeda dengan minyak essensial lainnya (Baca tanaman penghasil minyak atsiri).

Tanaman dari keluarga Graminae ini merupakan tanaman tahunan yang mempunyai tinggi 1,5-2,5m, tumbuh didaerah yang mempunyai curah hujan yang cukup luas, tapi mampu tumbuh didataran rendah hingga dataran tinggi. Akar wangi menyukai cahaya sinar matahari terang  dan tidak baik disimpan ditempat yang teduh, juga mudah tumbuh tanpa perawatan khusus.

Komponen kimia utama yang terdapat dalam akar wangi berupa vetiverol 60% juga senyawa vetivenat, trisiklovetiven, vetiverone, asam palmitat, vetiverol ester, dan asam benzoat.


Mengenal Akar Wangi serta Manfaatnya


Akar wangi secara umum digunakan untuk pembuatan parfum, bahan kosmetik, pewangi sabun, serta pembasmi serangga. namun, akar wangi juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa keluhan penyakit. Berikut Manfaat akar wangi untuk kesehatan.

Pengharum alami
Sesuai dengan namanya akar wangi mempunyai aroma yang lembut yang dapat dijadikan parfum ataupun pengharum ruangan. Bahkan akar wangi dapat dijadikan bahan pengawet dan sebagai pengikat parfum lain agar wangi harum tersebut dapat tahan lama.

Mengatasi rematik, encok, dan pegal linu
Penyakit rematik gejalanya hampir mirip dengan penyakit asam urat yaitu terasa nyeri di daerah persendian, demkian juga dengan encok serta pegal linu yang hampir banyak dirasakan orang yang sudah tua. Dengan bantuan akar wangi yang digosok pada area yang sakit rematik, pegal, serta linu penyakit, rasa sakit pada persendian tersebut berangsur akan menghilang.

Mengatasi bau mulut
Aroma yang khas wangi serta lembut dari akar wangi dapat membantu mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Anda dapat membuat ramuan bau mulut dari akar wangi dengan sedikit tambahan pegagan, daun sirih, serta kapulaga yang dijadikan infus untuk di buatkan obat kumur anti bau mulut.

Obat luka dan bengkak
Akar wangi dapat digunakan untuk terapi luka dan bengkak seperti luka ringan, digigit serangga dan ular hingga membengkak. Didalam akar wangi mengandung senyawa salisilat. Zat tersebut mengandung obat antinyeri dan antiimplamasi sehingga dapat menahan luka dan mengatasinya dengan cepat.

Mengatasi depresi
Aroma akar wangi yang mengandung asam glycyrrhizi dapat mendorong kelenjar adrenal, kelenjar adrenal dapat terkontrol dan mampu mengatasi perasaan berlebih yang diakibatkan kelelahan, kecemasan, bahkan alergi akut.

Mengontrol kolesterol
Jumlah kolesterol dapat terkontrol baik dengan akar wangi. Selain itu, aliran empedu dalam tubuh dapat meningkat sehingga mampu mengurangi kolesterol berlebih dalam tubuh.

Menopuse
Masalah-masalah gangguan hormonal seperti gangguan perubahan suasana hati ataupun kelelahan pada penderita menopuse dapat diatasi dengan akar wangi yang mengandung phytoestrogenic dan anti-oksidan sehingga produksi hormon estrogen dapat meningkat.

Mengatasi kram menstruasi
Ganguan gejala pre-menstruasi (PMS) seperti gangguan suasana hati, mual, nyeri perut ataupun nyeri payudara pada kebanyakan wanita muda dapat dikurangi dengan bantuan akar wangi yang mengandung anti-inflamasi dan antispasmodic.

Terapi kesehatan dan kecantikan
Akar wangi sudah sejak jaman dahulu kandungannya digunakan untuk terapi kesehatan dan juga kecantikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah. Banyak produk tonik herbal dari akar wangi untuk kesehatan yang dijual secara bebas. Akar wangi juga sering digunakan untuk terapi pijat dan terapi air (dapat digunakan untuk merendam tubuh dengan air yang diberikan larutan akar wangi).

Khasiat lain akar wangi untuk kesehatan yang dapat Anda manfaatkan dari kandungan akar wangi sebagai berikut.

  • Mampu menghancurkan batu ginjal
  • Mampu merangsang keluarnya keringat.
  • Memberikan energi untuk menambah tenaga.
  • Mengatasi peradangan termasuk menghilangkan jerawat.
  • Mengatasi nyeri tulang.
  • Membantu memperbaiki kesehatan ibu bersalin.
  • Menghilangkan ketombe dan kutu.

Disqus Comments