Seribu Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Seribu Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan. Dalam bahasa latin tanaman kelor dinamakan Moringa oleifera yang mempunyai aneka manfaat untuk kesehatan. Tanaman kelor (drumstick Inggris) dikenal di Indonesia sebagai sayuran yang kaya akan nutrisi dan dan dapat berkhasiat untuk dijadikan obat penyembuh berbagai macam penyakit.

Tanaman kelor dipercaya berasal dari India dan menyebar ke seluruh dataran Asia hingga Erofa. Di Indonesia sendiri tanaman kelor mempunyai berbagai nama seperti Kelor (Bali, Sunda, Jawa, Lampung), Marangghi (Madura), Kelo (Gorontalo), Ongge (Bima), Keloro (Bugis), Ongge (Bima), dll. Tanaman ini dari keluarga Moringaceae.




Pohon kelor dari akar hingga daun ternyata mempunyai seribu manfaat dan khasiat, tercatat manfaat tanaman ini mampu menyuburkan tanaman lain jika ditanamkan bersama pohon kelor, seperti jagung, kopi, lada, dan kacang-kacangan. Tanaman kelorpun mampu digunakan sebagai tanaman penahan longsor seperti yang terjadi dikawasan Arba Minch dan Kongso. Pohon kelor juga dapat dijadikan tanaman pagar untuk melindungi sekaligus menjaga pohon lain dari berbagai hama, karena diketahui pohon kelor jarang diserang oleh hama (mikroba) sehingga mempengaruhi terhadap kesuburan tanaman lain.


Seribu Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan


Anti Implamasi
Media asing menyebut daun kelor sebagai miracle tree ataupun tree for life karena khasiat kandungan daun kelor mampu menurunkan eksresi protein tumor serta menghambat aktifitas NFKB. Itu dikarenakan kandungan protein yang sangat besar ditambah kalsium dan fosfor pada daun kelor.

Menurunkan Kolesterol jahat
Mengonsumsi daun kelor jika dajadikan sayur dapat menghambat peredaran kolesterol jahat yang dipicu oleh pola makan yang tidak baik ditambah faktor psikologis lain seperti marah dan stres.

Mengatasi rematik, nyeri, letih, dan linu
Daun kelor bersifat analgesik karena mengandung pterigosperin maka sangat efektif untuk dijadikan obat untuk menghilangkan nyeri, linu,letih, bahkan rematik. Lumatkan daun kelor, jadikan param, lalu terapkan pada bagian yang terasa sakit.

Mengatasi sakit mata
Daun kelorpun ternyata dapat menyembuhkan sakit mata atau untuk menjaga kesehatan mata. Cukup dengan siapkan 3 gagang daun kelor lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih, lalu dinginkan sampai airnya mengendap. Setelah itu gunakanlah rebusan daun kelor untuk menyembuhkan mata dengan cara ditetes.

Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang berkeinginan menurunkan berat badan, cobalah mengonsumsi daun kelor secara rutin. Caranya boleh dijadikan lalap, campur sayur asem, ataupun dijadikan teh kelor. Daun kelor terbukti mampu mendongkrak metabolisme secara baik, memperlancar pencernaan (pembuangan) sekaligus memberikan dampak baik bagi tubuh untuk cepat menurunkan berat badan.

Mengatasi penyakit jantung
Daun kelor mengandung atenolol yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol serta membersihkan penumpukan plak dalam darah penyebab terjadinya serangan jantung. Disamping itu kandungan vitamin, mineral, fosfor, kalsium yang terdapat dalam daun kelor menjadikan sebagai anti-implamasi yang cukup baik sebagai penghambat aktifasi NFKB.

Mengatasi diabetes
Kabar baik bagi Anda penderita diabetes, daun kelor ternyata cukup ampuh untuk mengurangi dan  mengatasi kadar gukla berlebihan didalam tubuh. Daun kelor mampu dijadikan insulin yang sangat alami dalam pengolahan didalam tubuh. Sering-seringlah mengonsumsi sayuran dari daun kelor agar diabetes dapat segera diatasi.

Mencegah Kanker
Daun kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi terutama  isothiocyanate benzil. Kandungan kimia tersebut disebut-sebut sebagai bahan paling ampuh untuk menghambat dan menghancurkan penyebab tumor serta kanker.

Disamping beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, masih banyak manfaat serta khasiat daun kelor untuk kesehatan diantaranya rebusan daun kelor mampu atasi penyakit ayan (epilepsi), kekurangan vitamin C (skorbut), infeksi saluran kemih (susah buang air), hingga penyakit kelamin seperti gonorrhoea.

Demikianlah uraian pengenalan tentang manfaat serta khasiat daun kelor untuk mengatasi beberapa keluhan penyakit. Terima kasih, semoga bermanfaat

Disqus Comments