10 Tanaman Berkhasiat untuk Hilangkan Bau Badan

10 Tanaman Berkhasiat untuk Hilangkan Bau Badan. Mempunyai badan yang sedikit bau, apalagi bauya menyengat memang sangat tidak disukai oleh semua orang, apalagi lingkungan sekitar kita. Bau badan yang sukar diatasi adalah pengalaman buruk bagi yang pernah merasakannya. Tidak percaya diri, dan minder bergaul dengan lingkungan sekitar karena takut tergganggu dengan aroma kita.

Bau badan dapat cepat tumbuh karena produksi kelenjar apokrin kita yang aktif, apalagi menjelang pubertas dimana hormonal sangat cepat memproduksi keringat dan bercampur dengan bakteri sehingga menimbulkan bau badan. Baca Cara hilangkan bau badan secara alami

Keringat barcampur bakteri dibadan yang menyebabkan bau sebenarnya tidak dapat dicegah. Namun, hal ini dapat diminimalisir dengan mencegah penyebab bau badan yang berlebih. Berikut cara mencegah agar badan tidak bau.


  1. Mandi. Percuma kamu habiskan uang dengan macam-macam parfum dan ramuan herbal untuk atasi bau badan kalau kamu sendiri ga mandi.
  2. Jaga kebersihan. Selain mandi hal lain paling utama adalah menjaga kebersihan tubuh. Biasakan ketika mandi jangan asal basah, tapi bilas bersih daerah yang sering menyebabkan bau seperti sela ketiak, leher, dan tengkuk dengan merata. Hindari juga berada dilingkungan yang kotor dan bau. 
  3. Makanan. Sebaiknya hindari makanan penyebab bau badan seperti bawang-bawangan, daging busuk, dan alkohol. Disarankan banyak makan yang mengandung vitamin, zinc dan magnesium agar metabolisme tubuh dapat seimbang.
  4. Pakai deodoran. Kalau sudah melakukan hal diatas tapi tubuh masih bau, cobalah bantu hilangkan bau badan dengan dengan antiperspiran dan deodoran. Alangkah baiknya memakai antiperspiran dan deodoran setelah mandi.

10 Tanaman Berkhasiat untuk Hilangkan Bau Badan



Nah bagi Anda yang ingin terhindar dari bau badan atau terlanjur mempunyai badan yang bau, berikut 10 tanaman berkhasiat untuk hilangkan bau badan yang dapat Anda coba dibawah ini.


Daun sirih


Daun sirih adalah pertama yang direkomendasikan untuk menghilangkan bau badan secara sehat. Tanaman asli Indonesia ini dikenal dengan tanaman serba guna, ia bukan hanya dapat menghilangkan bau badan saja, tapi juga mampu hilangkan bau mulut serta penyakit yang banyak diderita dimasyarakat.

Kandungan minyak atsirinya sangat efektif tuk hilangkan aneka macam bau di badan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Daun sirih juga mempunyai kandungan sineol, eugenol, karvakol dan zat samak yang dapat berfungsi sebagai anti septik sehingga dapat digunakan untuk obati keputihan. Rendamlah semalaman satu lembar daun sirih dengan air panas, dan minum setiap pagi. Baca juga Manfaat daun sirih untuk kecantikan


Daun beluntas


Daun beluntas tidaklah asing ditelinga orang Indonesia. Tumbuhan ini sangat lazim ditanam sebagai tanaman pagar dan dapat ditemui hampir diberbagai daerah. Bau-nya yang harum pertanda tanaman ini mengandung mninyak atsiri yang cukup baik.

Daun beluntas cukup efektif menghilangkan bau badan. Kandungan minyak atsiri, vitamin A, C, asam amino serta fosfor terbukti mampu menghilangkan bau di badan yang disebabkan bakteri dan jamur. Jadikan daun beluntas lalap-lalapan sebagai teman makan Anda setiap hari agar bau di badan segera hilang.


Kemangi


Daun kemangi mengandung minyak atsiri sehingga mempunyai aroma yang sangat khas. Daun kemangi atau biasa dinamakan surawung gampang didapat dipasar-pasar atau di warung terdekat. Mengonsumsi daun kemangi dapat menghilangkan bau badan secara bertahap. Sering-seringlah mengonsumsi daun kemangi maka secara perlahan bau dibadan akan segera hilang. Baca 17 Manfaat daun kemangi


kecombrang


Kandungan saponin, flavonoid dan polifenol yang terdapat dalam bunga kecombrang terbukti mampu atasi bau badan secara menyeluruh. Bunga kecombrang sudah sejak lama digunakan untuk menghilangkan bau badan. Rebuslah bunga serta pucuk kecombrang, lalu silahkan makan sebagai teman nasi.


Mentimun


Siapa sangka ketimun atau mentimun itu bisa menghilangkan bau badan. Kandungan air yang sangat melimpah pada buah mentimun ternyata mengandung anti bakteri yang sangat potensial hilangkan bau badan. Setelah mandi Anda dapat mengeoleskan buah mentimun pada area tubuh yang sering mengeluarkan bau untuk hilangkan bau badan.


Cengkih

Cengkih adalah tumbuhan yang sarat dengan aromatik, banyak ramuan obat herbal yang menggunakan bahan dari cengkih termasuk menghilangkan bau badan. Aroma cengkih disamping hilangkan bau badan dapat juga atasi stres, flu, bahkan batuk.


Jahe


Jahe disamping dapat dijadikan sebagai minuman energi nan berkhasiat, khasiat jahe dapat pula dijadikan pengusir bau badan yang menyengat. Baca Manfaat dan khasiat jahe


Temulawak


Temulawak yang digunakan untuk hilangkan bau badan adalah rimpangnya. Kandungan saponin flavonoid serta minyak atsiri adalah zat utama yang dapat hilangkan bau badan. Anda dapat mengaplikasikan hilangkan bau badan dengan sering minum ramuan temulawak, atau dapat juga dioles langsung ke tubuh yang sering mengeluarkan bau. Baca juga manfaat temulawak


Jeruk nipis


Jeruk nipis biasa dijadikan campuran minuman untuk penyegar tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Tapi kelebihan jeruk nipis yang lain adalah dapat mencegah dan menghilangkan bau badan dengan baik. Potonglah sebutir jeruk nipis lalu campurkan air yang sudah ditambah sedikit kapur sirih, lalu bilaslah bagian tubuh yang sring mengeluarkan bau seperti ketiak, leher, dan tengkuk. Kunjungi juga Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan.


Jeruk purut


Memang jarang yang tahu jeruk purut dapat hilangkan bau badan tak sedap. Tapi sesungguhnya tak jauh berbeda dengan jeruk nipis, jeruk purutpun dapat dijadikan penghilang bau badan. Caranya sama seperti menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis.

Disqus Comments