Tumbuhan untuk Mengobati Penyakit Kudis

Tumbuhan untuk obati kudis. Kudis adalah salah satu penyakit kulit yang menular tetapi tidak berbahaya. Tumbuhan untuk mengobati kudis sebetulnya banyak terdapat disekitar kita, tapi jarang orang mengetahui akan tumbuhan untuk obati kudis. Mungkin karena penyakit kudis dianggap sepele atau tidak berbahaya makanya orang lebih memilih cara praktis dengan salep atau bedak dari apotek terdekat untuk obati kudis. Penyakit kudis adalah penyakit yang mudah menular dengan cara bersentuhan atau melalui pakaian yang dikenakan oleh orang yang mengenakan pakaian tersebut seperti baju atau handuk.

Penyakit kudis atau nama asingnya scabies memang sering dan banyak terdapat di daerah-daerah yang penduduknya kurang mengenal akan kebersihan serta kesehatan. Penyebab penyakit kudis adalah sejenis tungau yang dinamai sarcoptes scabei atau acarus scabei. Tungau ini warnanya putih agak kekuning-kuningan. Tungau jantan biasanya tidak menyebabkan penyakit kudis, ia hidup  diatas kulit dan sesudah pembuahan biasanya langsung mati. Sedangkan tungau betina bentuknya lebih besar, hidup dan menggali didalam lapisan kulit bergerak dan bertelur disana. Yang diserang biasanya lapisan tanduk dari kulit. Lapisan tanduk itulah yang dijadikan makanan mereka.

Tungau kudis ini jika terus dibiarkan akan berkembang dan menular kepada orang yang ada dilingkungannya. Tungau ini tahan oleh air hangat, sabun, dan pembersih detergen lainnya. Karena itu tungau akan terus hidup walaupun sudah dibersihkan dengan air hangat atau sabun.

Baca juga..!!
Tumbuhan untuk mengobati cacar air
Cara mudah mengatasi bisul dengan ramuan tradisional
Obat tradisional penyakit sipilis

Gejala penyakit kudis


  • Tampak gelembung-gelembung kecil pada beberapa tempat, misalnya pada sela jari, pergelangan tangan, lipatan paha, sela-sela ketiak, dll.
  • Terasa gatal-gatal pada kulit yang menggelembung, terlebih jika dimalam hari.
  • Terdapat cairan bahkan nanah pada gelembung tersebut.



Perawatan dan pengobatan penyakit kudis


  • Usahakan penderita selalu bersih.
  • Usahakan agar sipenderita kudis kuku tangannya dipotong pendek-pendek.
  • Pakaian yang dikenakan sipenderita direndam dengan air panas.
  • Hindari makan asin, udang, kepiting dan kerang.



Resep dari tanaman untuk obati kudis



  • Rimpang kunyit 2 jari, dicuci bersih lalu diparut, diramas dengan air kapur sirih seperlunya. Lalu lumas dan gosokan pada kulit yang terserang kudis 2 kali sehari sampai sembuh.
  • Daun sambiloto 3/4 genggam dicuci dan diremas hingga lembut. Lalu turapkan pada kulit yang terkena kudis. Atau bisa juga direbus hingga mendidih dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya. Tambahkan madu lalu saring dan minum.
  • Buah lerak 4 buah, dibuang isinya, direndam dengan air yang mendidih dalam cangkir tertutup, biarkan hingga airnya dingin. Lalu gosokan air tersebut dengan menggunakan kapas pada kulit yang terkena kudis.
  • Batang bratawali 3 jari, belerang sebesar buah kemiri dicuci dan ditumbuk halus-halus, diramas dengan minyak kelapa seperlunya. Gosokan pada kulit yang terkena kudis.
  • Biji buah pinang 1 biji, ditumbuk halus-halus, diramas dengan minyak kelapa 1 sdm. Gosokan pada kulit berkudis. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.
  • Kulit batang kenanga 3 jari, dicuci lalu ditumbuk halus-halus, diramas dengan minyak kelapa 1 sdm dan minyak kayu putih 2 sdt. Gosokan pada kulit yang terkena penyakit kudis.


Jika Anda menerapkan cara menghilangkan kudis dengan tanaman berkhasiat diatas, maka tungau penyebab penyakit kudis dapat segera mati dan tak betah pada kulit Anda. Demikianlah cara tradisional lami untuk mengobati penyakit kudis dengan tanaman berkhasiat. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Disqus Comments