Mengenal Tanaman Selasih dan Manfaatnya

Mengenal tanaman selasih dan manfaatnya. Selasih merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Hal ini dikarenakan aneka kandungan gizi serta minyaknya mempunyai khasiat yang bermanfaat bukan saja untuk kesehatan, tetapi selasih dapat juga dimanfaatkan untuk kecantikan dan bahan pewangi, serta kepentingan lainnya. Banyak orang menyebut bahwa tanaman selasih adalah tanaman serbaguna karena banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari tanaman selasih.


Mengenal Tanaman Selasih dan Manfaatnya


Tanaman dari famili labiate ini bernama ilmiah Ocimum basilucum termasuk genus Ocimum yang dapat tumbuh didaerah tropis dan subtropis dengan ketinggian 1-1.100 meter dpl. Tanaman selasih mempunyai daya adaptasi yang cukup baik dengan lingkungannya, sehingga dapat tumbuh subur dan cepat, juga mudah perawatannya bahkan ada yang menggolongkan tanaman selasih ini sebagai tanaman gulma karena lebih subur daripada tanaman utama.



Perbedaan selasih dengan kemangi

Selasih (ocimum basilicum) memang hampir mirip kemangi (ocimum canum, atau ocimum americanum) yang dijawabarat dinamakan surawung,walaupun dari genus yang sama yakni genus ocimum. Yang paling mencolok dari perbedaan selasih dengan kemangi adalah bunga selasih berwarna cokelat sedangkan kemangi berwarna putih. Kemudian selasih lebih banyak digunakan untuk kepentingan obat-obatan dan pestisida nabati. Sedangkan kemangi atau surawung lebih sering digunakan untuk kepentingan lalapan. Baca manfaat daun kemangi.


Penggunaan Tanaman Selasih
Selasih merupakan tanaman serbaguna, terbukti banyak budidaya selasih untuk berbagai kepentingan seperti di Francis dinyatakan sebagai tanaman kerajaan. Pada zaman kerajaan mesir kuno tanaman selasih dinamakan kingly (tanaman raja) dan digunakan untuk mengawetkan jenazah. Di Meksiko tanaman ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan dan sering disimpan di dompet atau saku celana.  Adapun di Italia selasih dianggap sebagai lambang cinta. Dinegara-negara lain tumbuhan selasih dipercaya mempunyai kekuatan spiritual atau gaib. Bukan hanya itu tanaman selasih mampu menyerap ion-ion negatif untuk membersihkan udara sehingga banyak ditanam dihalaman rumah.

Kandungan selasih
Selasih mempunyai beragam kandungan dari protein, mineral, minyak serta kandungan kimia lainnya. Kandungan minyak atsiri pada selasih adalah kandungan yang paling banyak dimanfaatkan (Baca Tanaman penghasil minyak atsiri). Kandungan lain seperti serat, lemak, vitamin, eugenol, metal eugenol, tymol, asam kafeat, p-asam kumarat, Myresin, Rutin, Kuersetin dan linalool. Kandungan tersebt banyak dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan dan kecantikan.

Khasiat Selasih untuk Kesehatan
Kandungan-kandungan pada selasih yang telah disebut diatas beberapa ahli menyatakan bahwa selasih dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa keluhan penyakit diantaranya : Migrain (sakit kepal sebelah), flu, batuk, demam, dispesia (gangguan pencernaan seperti diare, mual, muntah, kembung), luka terpukul, haid tidak teratur, cacingan, radang usus, gelisah (ansietas), sulit tidur (insomnia), epilepsi (ayan), diabetes melitus, radang mata, selaput bening pada mata, Menghilangkan bau badan, dan mencegah pertumbuhan kanker.

Adapun penggunaan selasih untuk kecantikan yaitu menghilangkangkan noda bekas jerawat, mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan garis halus pada kulit wajah, dapat dijadikan alat diet untuk mengecilkan perut buncit.

Selain untuk kepentingan terapi penyembuhan dan kecantikan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan dari tanaman selasih yang telah di ambil oleh kita seperti untuk bahan pewangi atau parfum, sabun, shampo, pengendalian lalat, serta seribu rahasia lain yang belum terungkap dari manfaat tanaman selasih.

Demikianlah artikel mengenai tanaman selasih serta apa saja yang dapat dimanfaatkan dari tanaman selasih. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments