Makanan yang menurunkan kadar kolesterol

Makanan yang menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol tidak dapat bergerak sendiri didalam tubuh karena tidak larut dalam air, Oleh karena itu kolesterol diangkut sebagai bagian dari struktur yang bernama lipoprotein, Lipoprotein mengangkut kolesterol keseluruh tubuh. Ada berbagai jenis lipoprotein, tetapi dua jenis yang diperhatikan. Lipoprotein berdensis rendah (low density lipoprotein LDL) dan lipoprotein berdensitas tinggi (high density lipoprotein HDL)

Pengangkut kolesterol yaitu lipoprotein yang menentukan apa yang terjadi dengan kolesterol yang dibawanya. Kolesterol LDL mengangkut kolesterol dari hati tempatnya diproduksi jejaringan tubuh yang memerlukan LDL merupakan tranporter kolesterol terbanyak dalam darah. Kolesterol HDL mengangkut kelebihan kolesterol dari jaringan dan membawanya kembali kehati untuk diproses kembali atau dibuang dari tubuh.

Jika kadar berbagai jenis kolesterol dalam darah tidak normal, hal tersebut dapat mempengaruhi kerja jantung dan sistem sirkulasi (peredaran darah). Oleh karena itu sangat penting bahwa kita peduli dengan kadar kolesterol kita dan melakukan upaya untuk mengontrolnya. Berikut ini beberapa makanan yang dapoat mengontrol kolesterol dalam tubuh yang mesti diketahui.


Makanan yang menurunkan kadar kolesterol


Kacang-kacangan
Aneka macam kacang seperti kacang almond, kacang polong, kacang pinus, dan yang lainnya ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Satu buah riset menunjukan ternyata makan kacang dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 27%. Kunjungi Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan

Teh hijau
Theanine pada teh hijau disebuah penelitian dijepang, dapat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat. Agar dapat merasakan kandungan teh hijau terhadap kolesterol minumlah setiap hari.

Tomat
Tomat adalah buah yang paling akrab dilingkungan kita, kandungan asam yang komplit dan juga magnesium serta lycopen membuat tomat membantu menahan kolesterol jahat dan membatasi radikal bebas pada tubuh. Cobalah minum jus tomat setiap hari agar tubuh segar bebas kolesterol.

Buah Anggur
Buah anggur merah tentu merupakan buah yang sangat bagus. Buah anggur disamping dapat meningkatkan stamina (Baca khasiat buah anggur), juga mampu meningkatkan kolesterol baik. disamping itu kandungan vitamin C nya dapat memberikan energi positif. Alangkah baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi anggur setiap hari agar kolesterol turun juga mampu tingkatkan energi.

Blueberry
Untuk mengontrol kolesterol jahat setidaknya kita butuh buah Blueberry, buah ini mengandung sejumlah besar zat yang melawan kolesterol jahat. pterostilbene senyawa dalam blueberry sangat efektif untuk membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Produk kedelai
Produk kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai, disamping kaya protein, juga sangat bergizi. Lemak yang terkandung dalam produk kedelai dan susunya merupakan lemak tak jenuh. Hal ini sangat bagus dan aman bagi yang khawatir kolesterolnya meningkat

Bawang putih
Efek positif pada kolesterol jahat dibawang putih dapat  menjaga kolesterol baik. Sebagian uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol, Hasil uji klinis pada bawang putih oleh  American Dietetic Association menyatakan bahwa jika setiap hari mengonsumsi bawang putih satu siung saja (sekitar 600 – 900 mg) maka dapat menurunkan kolesterol jahat serta mencegah penyakit lain. Baca Manfaat bawang putih bagi kesehatan

Alpukat
Buah paling ekonomis ini mengandung lemak tak jenuh, (Baca Buah alpukat berkhasiat untuk kesehatan) tentu saja ini adalah hal yang baik karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Buah delima
Buah delima adalah buah yang sangat unik, enak, serta lezat. Bukan hanya iu, buah delima sangat ampuh untuk hibdari kolesterol. Hal ini sudah dibultikan lewat sebuah studi yang menyatakan bahwa plak kolesterol dapat berkurang hanya dengan mengonsumsi jus delima. Bukan hanya itu saja, dengan kandungan buah delima penumpukan kolesterol dapat dikurangi dengan meningkatnya produksi oksida nitrat. Kunjungi juga Khasiat buah delima untuk kesehatan.

Yogurt dengan probiotik
Yoghurt dan probiotik kandungannya sangat aman bagi penderita diabetes dan jantung kolesterol. Berdasarkan hasil riset yang meneliti tentang kandungan yoghurt dengan probiotiknya sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Diamping itu Lactobacillus reuteri dan Lactobacillus acidophilus mampu bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol.

Disqus Comments