Aneka Manfaat Jukut Pendul untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Jukut Pendul untuk Kesehatan. Jukut Pendul atau Teki (jawa barat) adalah sejenis rumput yang ternyata mempunyai manfaat yang sangat banyak terhadap kesehatan. Jukut pendul memang jarang orang mengenal namanya, apalagi manfaatnya. Namun, hampir semua orang pernah melihat bentuk dari tanaman jukut pendul atau teki ini.

Jukut pendul atau teki merupakan tanaman gulma yang sangat mengganggu tumbuhan lain yang sering ditanam petani seperti mengganggu tanaman jagung atau tanaman lain. Anggota jenis rumput dari  keluarga plantae, dengan nama latin Kyllinga brevifolia Rottb ini tumbuh dipinggir jalan, disawah, lapangan luas yang sangat menyukai sinar matahari. Jukut pendul mempunyai bongkol kecil berbentuk bulat pada setiap ketiak helai daunnya yang berwarna hijau yang berketinggian daunnya kurang dari 20cm. Nama asing jukut pendul atau teki adalah rumput tuki (Malaysia), Shui wu gong (China), dan Mustaka (Sanskrit). Nama simplisianya adalah Kyllingae brevifolia Herba (herba jukut pendul). Baca juga 50 jenis tumbuhan obat Indonesia



Aneka Manfaat Jukut Pendul untuk Kesehatan


Herba jukut pendul ternyata mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Rasa yang agak sedikit pedas tapi netral ternyata berkhasiat antipiretik (pereda demam), diuretik ( peluruh kencing), antiradang, emenagog (peluruh haid), antitusif (pereda batuk), serta pengencer dahak. Berikut Macam-macam penyakit yang dapat diobati dengan memanfaatkan khasiat dari kandungan jukut pendul ini. Diantaranya:

Cacingan,
disentri basiler,
malaria,
hepatitis ikterik,
nyeri lambung,
terlambat haid,
keracunan,
bengkak,
rematik,
serta urine berlemak.


Cara pemakaian herba jukut pendul

Untuk obat yang di minum. Sediakan jukut pendul segar 30-60 g, lalau rebus dengan air secukupnya kemudian peras, atau bisa juga ditumbuk hgingga halus kemudian peras, lalu ambil air perasannya.

Untuk obat luar. Sediakan rumput pendul secukupnya lalu cuci hingga bersih dan tumbuk halus. Tempelkan pada badan yang sakit seperti rematik, tulang patah, atau memar dan digigit ular. Atau dapat juga direndam dengan menggunakan air rendaman jukut pendul untuk obati borok, koreng, atau gatal-gatal. Boleh juga dibasuhkan diarea kulit yang sakit.

Contoh pemakaian

Batuk, bronkhitis
Ambil 60g jukut pendul yang segar, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan minum pagi, siang dan malam 1/2 gelas.

Disentri
Ambil 30-45g jukut pendul segar, cuci lalu potong-potong dan rebus dengan air seperlunya. Tambahkan gula merah secukupnya, lalu tim selama satu jam. Setelah dingin silahkan diberikan pada yang sakit.

Rematik, sakit kuning
Rebus rumput jukut pendul segar 30-60g dengan tiga gelas air hingga tersisa setrengahnya. Setelah dingin saring dan minum.

Jukut pendul memang kurang familiar ditelinga kita, tapi kita sering melihatnya. Cobalah manfaatkan khasiat jukut pendul atau teki ini jika Anda mempunyai keluhan seperti diatas. Terima kasih.

Disqus Comments