Macam-macam Buah-buahan dan Sayuran untuk Atasi Penuaan Dini

Macam-macam Buah-buahan dan Sayuran untuk Atasi Penuaan Dini. Hal yang paling ditakuti wanita adalah terjadinya kerutan dan garis-garis hitam pada anggota badan terutama wajah. Kerutan dan garis hitam pertanda terjadinya penuaan itu adalah hal yang biasa bagi semua orang. Tetapi, jika garis hitam dan kerutan dikulit terjadi ketika usia masih dikatakan belia atau muda tentu menjadi salah satu masalah yang sangat besar.

Menurut spesialis kulit, dr. Abraham Arimuka, Sp.KK, penuaan pada kulit merupakan proses alamiah yang dipengaruhi faktor intrinsik (dalam) dan ekstrinsik (luar). Faktor dari dalam terdiri atas genetik, hormonal, dan ras. Sedangkan, faktor dari luar berupa pengaruh lingkungan, radikal bebas, dan salah perawatan.




Macam-macam Buah-buahan dan Sayuran untuk Atasi Penuaan Dini


Beberapa buah-buahan dan sayuran sangat efektif untuk menghindari serta menjaga kulit dari berbagai macam penyakit yang mengakibatkan terjadinya penuaan dini. Berikut Macam-macam Buah-buahan dan Sayuran untuk Atasi Penuaan.

Buah kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C yang melimpah. Buah kiwi sangat efektif mengatasi kulit berminyak dan kulit kering. Buah impor ini mampu meremajakan kulit wajah untuk atasi penuaan serta merawat keindahan kulit serta rambut.

Mentimun

Ratu Cleopatra disebut-sebut sebagai ratu yang paling cantik serta tampil muda hingga usia tua. Diketahui Ratu Cleopatra menjadikan buah mentimun sebagai perawat kecantikan kulitnya. Kandungan air yang melimpah pada buah mentimun disertai dengan vitamin C, asam amino menjadikan mentimun cocok dipakai berbagai jenis pengobatan termasuk merawat kulit dari jerawat, kerutan, hingga penuaan dini.

Semangka

Semangka mengandung likopen yang mampu memerangi radikal bebas penyebab utama penuaan dini serta mengembalikan kesegaran sel-sel kulit hingga tampak segar dan awet muda. Konsumsilah semangka merah yang terbukti mengandung likopen lebih banyak daripada semangka kuning.

Wortel

Wortel mengandung provitamin A yang sangat hebat dalam memerangi radikal bebas penyebab penuaan dini. Wortel disebut paling efektif memerangi radikal bebas dan mengembalikan sel-sel yang mati sehingga menjadikal kulit sehat dan indah. Selain meremajakan kulit mengonsumsi wortel membuat mata menjadi kinclong.

Kentang

Kentang mengandung zat alpha-lipoic acid, selain bagus untuk jantung, senyawa ini mampu mempertahankan keremajaan kulit. Hasil penelitian menyebutkan alpha-lipoic acid mampu menghilangkan kerutan serta garis-garis yang timbul dikulit akibat penuaan.

Anggur 

Anggur mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, trace mineral, potasium, magnesium, kalsium, dan senyawa flavonoid. Buah anggur paling efektif untuk hindari gejala penuaan dini serta mampu menghindarkan diri dari aneka penyakit berbahaya.

Pepaya

Kandungan gizi yang sangat berlimpah pada buah pepaya seperti enzimpapain, alkaloid karpaino dan sebagainya dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit agar terhindar dari berbagai macam penyakit kulit eperti jerawat dan felk hitam. Bahkan, daunnya dapat dijadikan bedak sebagai obat untuk atasi berbagai masalah kulit.

Tomat

Kandungan likopen pada buah tomat sangatlah tinggi. Selain itu tomat mengandung Vitamin A, B1 dan C yang sangat baik untuk merawat kulit agar tampak segar dan awet muda. Ambilah tomat yang sudah matang, lalu iris dan gosokan kewajah. Atau dapat juga diambil perasannya dan dioleskan pada wajah agar kulit terawat, serta menghindari dari penuaan dini.

Pisang

Buah pisang mengandung tanin, pektin, 5 hidroksi tritamin, dan aneka vitamin lainnya seperti vitamin A, B komplek, serta C. Ambilah pisang ambon, kemudian hancurkan, lalu oleskan untuk dijadikan bedak pada kulit Anda agar terhindar dari berbagai penyakit kulit.

Kacang panjang

Daun dan buahnya mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, magnesium, mangan, niasin, vitamin B1, B2, dan C. Untuk merawat kulit agar tampil menarik dan terhindar dari penuaan dini.

Jeruk nipis

Mengandung berbagai senyawa kimia seperti sitral, fellandren, geranil asetat, linalin asetat, limonen, dan asam sitrat. Untuk hindari keriput, Ambil perasan jeruk nipis, tambahkan kayu putih 1 sdm dan kapur sirih 1 sdm, lalu aduk hingga rata. Jadikan ramua ini sebagai bedak setiap malam.

Disqus Comments