Tips Memperlambat Munculnya uban

Tips Memperlambat Munculnya uban. Rambut beruban! hehehe.. ga pede dech, itu yang saya rasakan sebagai wanita jika mempunyai rambut putih atau uban. Bagi wanita jika terlihat ada rambut putih atau uban pasti kalang kabut, walaupun uban itu hanya beberapa lembar saja. Apalagi jika ubannya itu banyak, pasti rambutnya ditutupi dengan topi atau jilbab. Kan ga keren.. masa pakai jilbab dikarenakan uban, bukannya insyaf.

Hasil survei menyatakan sebagian besar wanita yang tumbuh rambut putih atau uban, pasti ditutupi dengan cara dicat, ditopi, atau pakein kerudung. Karena, rambut itu bagi wanita merupakan sebuah mahkota yang wajib dipelihara kesehatan dan keindahannya. Kalau saya sih berkerudung itu niatnya tulus dan ikhlas, bukannya nutupi uban wkwkwk..




Masalah tumbuhnya uban menurut pakar kesehatan, adalah dikarenakan gejala gangguan sintetis protein. Maksudnya sel melanosit (sel pemberi warna hitam) tak mampu menghasilkan pigmen (melanin) untuk sang rambut, maka rambut kehilangan warnanya. Rata-rata rambut putih itu selalu dikaitkan dengan bertambahnya usia, padahal banyak loh yang masih muda-muda juga bisa mempunyai rambut putih atau uban.

Masih menurut pakar kesehatan rambut. Seorang yang masih muda mempunyai uban dikarenakan beberapa faktor, dan faktor genetik disebutkan adalah faktor pencetus yang paling utama. Contohnya, jika ibu atau ayah Anda mempunyai uban ketika masih muda (30 tahunan), maka kemungkinan besar Andapun akan mempunyai masalah yang sama. Kemudian faktor kesehatan dan psikologis, sepeti syok, stres, ketegangan dan kurang gizi, serta kesedihan dan kekhawatiran yang mendalam akan membuat produksi melanin melambat sehingga rambut putih atau uban muncul sebelum waktunya.

Tips Memperlambat Munculnya uban


Nah bagi Anda yang tidak ingin mempunyai uban ketika masih muda, berikut tip-tip agar rambut putih atau uban tidak segera tumbuh pada rambut Anda.

  • Sediakan minyak kelapa dan air jeruk secukupnya, kemudian campurkan dengan merata, lalu usapkan pada kulit dan rambut kepala Anda. Biarkan kira-kira 20 menit, kemudian bilas. Cara ini sangat baik merawat rambut agar tidak tumbuh uban sampai usia tua. 
  • Sediakan satu gelas air teh hangat yang pekat, lalu beri satu sdt garam, biarkan hingga dingin. Setelah itu usapkan pada kulit dan rambut kepala Anda sambil dipijat-pijat dengan lembut, biarkan kurang lebih 60 menit. Kemudian bilas dengan air dingin tanpa shampo, lakukan hal ini seminggu tiga kali dengan rutin. 
  • Berilah rambut Anda nutrisi yang cukup seperti vitamin A. Fungsi vitamin A bagi rambut, yaitu supaya kesehatan rambut dikepala terjaga serta dapat meberikan keindahan pada rambut Anda. Cara untuk mendapatkan vitamin A untuk rambut ialah dengan mengonsumsi buah-buahan berwarna kuning atau merah, serta sayuran hijau yang segar. 
  • Usahakan mengonsumsi vitamin B yang cukup. Vitamin B sangat baik untuk kesehatan rambut agar kelancaran produksi minyak untuk kelembapan rambut dapat terjaga. Vitamin B tersedia didalam sayuran hijau yang segar, pisang, yoghurt, hati, dan sereal. 
  • Berilah rambut Anda mineral serta protein yang cukup. Mineral yang dibutuhkan adalah zat besi, zinc , serta copper. Kandungan mineral ini bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi sayuran, daging, biji-bijian, telur, dan seafood (makanan laut). Adapaun kegunaan protein bagi kesehatan rambut Adalah agar supaya tekstur rambut tetap terjaga serta memberikan sinar yang indah untuk rambut Anda. Protein bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi biji-bijian, seperti kedelai.

Bagaimana? tak sulit bukan merawat kesehatan rambut agar tak lekas ubanan dengan cara-cara diatas. Demikianlah tips merawat rambut agar tidak lekas muncul rambut putih atau uban. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments