Mengenal Jamur Kancing dan Khasiatnya

Mengenal Jamur Kancing dan Khasiatnya. Jamur kompos atau yang lebih dikenal dengan jamur kancing merupakan jamur konsumsi yang bentuknya bulat mirip sekali dengan kancing. warna jamur kancing adalah putih, krem, atau coklat muda. Adapaun bagian tubuh jamur ini adalah akar, batang serta tudung. Jamur kancing memiliki ciri yang sangat berbeda dengan jamur lainnya yakni pada bagian batangnya memiliki cincin sehingga jamur kancing dengan mudah dapat dibedakan dengan jamur yang lain.

Jamur kancing biasa tumbuh didaerah subtropis berudara dingin dengan kelembapan udara 80-85° dan suhu 17-18°C dengan kadar oksigen yang tinggi. Jamur kancing (Agaricus bisporus) popularitasnya sangat tinggi dan paling banyak dibudidayakan di dunia dalam bahasa inggris jamur kancing disebut juga table mushroom, white mushroom, common mushroom, serta culvitated musroom, tapi sebagian penutur inggris menamakannya champignon yang mencakup keseluruhan jamur termasuk jamur beracun dan jamur penyebab infeksi.

Baca juga..!!
Mengenal Jamur Tiram dan Khasiatnya
Kandungan Jamur Sebagai Pelangsing
Aneka khasiat jamur kuping bagi kesehatan


Mengenal Jamur Kancing dan Khasiatnya


Jamur kancing (Agaricus bisporus) dalam dalam dunia fungi mempunyai kedudukan sebagai berikut :

Kingdom   : Myceteae
Divisi        : Basidiomycota
Kelas        : Basidiomycetes
Subkelas   : Homobasidiomycetidae
Ordo        : Agaricales
Famili        : Agaricaceae
Genus       : Agaricus
Spesies     : Agaricus bisporus

Kandungan Gizi Jamur Kancing
Jamur kancing kaya akan vitamin dan mineral tetapi bebas lemak dan sodium serta sangat rendah kalori, untuk lima buah jamur ukuran sedang saja kalorinya hanya berjumlah 20 kalori saja, jika dipotong akan berubah warna dan aromanya oleh sebab itu jamur kancing seharusnya segera di olah dan dimasak sebelum berubah warnanya.

Manfaat Jamur Kancing
Jamur kancing dapat dimanfaatkan untuk keperluan masakan, rasanya sangat enak, lezat serta cocok dengan lidah orang Indonesia. Orang barat biasa mengolah jamur kancing dalam bentuk omelet, pizza, sup, salad, gratin, dan kaserol bahkan tak sedikit jamur kancing diolah dalam bentuk kalengan.

Jamur kancing kaya kandungan gizi serta rendah kalori sehingga diyakini dapat mengurangi risiko adanya penyumbatan pembuluh darah koroner pada penyakit hipertensi dan jantung akibat kolesterol. Jamu kancing juga dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik dan formula obat penghalus kulit. Jamur ini mengandung serat lignoselusa yang baik untuk pencernaan.

Disqus Comments