Aneka Manfaat Jamur Kuping bagi Kesehatan

Mengenal Manfaat Jamur Kuping bagi Kesehatan. Disebut jamur kuping karena buah jamur ini mempunyai bentuk hampir menyerupai daun telinga atau kuping manusia. Jamur kuping mempunyai nama latin Auricularia auricula-judae. Kalau di beberapa daerah di Indonesia jamur kuping mempunyai beberapa nama seperti supa lember (Sunda), kuping lowo (Jawa), dan kuping tikus. Adapun dibeberapa negara Asia seperti Hongkong dan Singapura jamur kuping dinamakan mouleh atau jew's ear-fungi, di Cina, Taiwan dan Vietnam bernama mouleh, yung-ngo, muk-ngo dan mu-er, adapun di Amerika Serikat jamur kuping mempunyai sebutan tree-ear atau gelatinous fungi.

Berikut kedudukan jamur kuping dalam dunia fungi
Kerajaan : fungi
Divisi : Basidomycota
Kelas : Homobasidiomycetes
Ordo : Auriculariales
Famili : Auricularaceae
Genus : Auricularia
Spesies : Auricularia auricula-judae

Baca juga
Mengenal Jamur Kancing dan Khasiatnya
Mengenal Jamur Tiram dan Khasiatnya
Cara Mengobati Keracunan Jamur


Mengenal Manfaat Jamur Kuping bagi Kesehatan




Ciri-ciri jamur kuping
Jamur kuping secara umum  mempunyai dua jenis yaitu jamur kuping berbuah merah dan jamur kuping hitam, jamur kuping merah (A.auricula-judae) adalah jamur yang paling umum di Indonesia dan beberapa negara Asia. Jamur kuping umumnya mempunyai tubuh buah berwarna hitam atau cokelat kehitaman, tetapi adapula yang berwarna cokelat tua. Jamur kuping mempunyai tangkai pendek serta menempel di media tumbuh (subtrat), tubuhnya kenyal, licin, dan lentur jika dalam keadaan kering terlihat melengkung dan kaku.

Kandungan gizi jamur kuping
Kandungan nutrisi jamur kuping terdiri atas air 89,1%, protein 4,2%, lemak 8,3%, karbohidrat total 82,8%, serat 19,8%, abu 4,7% dan nilai energi 351 kalori.

Jamur memiliki banyak kegunaan. Lendir yang dihasilkannya setelah melalui pemanasan memiliki khasiat seperti penangkar atau penonaktifan racun, baik dalam bentuk racun nabati, racun residu peptisida, bahkan sampai racun berbentuk logam berat. Oleh karena itu, hampir semua ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun.

Manfaat Jamur kuping
Jamur kuping mempunyai banyak manfaat diantaranya dapat dijadikan berbagai bahan masakan seperti nasi goreng jamur, tauco jamur, sayur kimlo, sukiyaki, dan bakmi jamur serta banyak lagi berbagai makanan dengan bahan dasar jamur dengan tekstur lunak dan rasa yang lezat yang terasa segar dan kering.

Jamur kuping dikenal sebagai makanan yang berkhasiat obat. Lendir yang dihasilkan jamur kuping selama dimasak dapat dijadikan pengental, lendir jamur kuping juga berkhasiat menonaktifkan dan menetralkan kolesterol. Selain itu jamur ini dapat menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) hingga 80-90%, dikarenakan adanya kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping yang sangat efektif. Khasiat lain adalah jamur kuping berfungsi menghambat penggumpalan darah, dan mengobati darah tinggi atau pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan pembuluh darah. Nah karena itu banyak banyaklah konsumsi jamur kuping karena selain sebagai makanan yang lezat, jamur kuping juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Disqus Comments