Mengenal Kembang Bokor dan Manfaatnya

Mengenal Kembang Bokor dan Manfaatnya. Kembang bokor mempunyai nama botani Hydrangea macrophylla Thunb Seringe atau Viburnum macrophylla Thunb. dari suku Saxifragaceae. Tanaman kembang bokor berasal dari jepang dan china. Bahkan menurut sebagian peneliti kembang bokor berasal dari pegunungan himalaya yang menyebar sampai kenusantara. Di Indonesia Kembang bokor biasa ditanam ditaman, di pot atau di pekarangan sebagai tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Nama asing kembang bokor adalah Hidrangea (Inggris) dan yang siu chiu (Cina).

Pada dasarnya kembang bokor adalah tumbuhan semak yang tingginya kurang lebih 1 meter, namun karena bunganya yang cantik beraneka warna, kadang hijau, merah muda, biru keunguan yang bentuknya membulat menyerupai sarang lebah sehingga dalam penyebarannya kembang bokor senantiasa dijadikan tanaman hias.

Ditempat saya (Ciwidey Jawa barat) kembang bokor dinamai borondong garing karena bentuk bunganya yang membulat mirip makanan borondong, sedangkan bahasa melayu kembang bokor dinamai bunga tiga bulan dan juga bunga . Tanaman ini menyukai udara yang sejuk, tidak bisa bertahan lama jika dilingkungan bersuhu panas karena asal tanaman kembang bokor dari daerah pegunungan.

Mengenal Kembang Bokor dan Manfaatnya


Kembang bokor disamping bentuknya yang elok dan menawan juga mempunyai manfaat serta khasiat bagi kesehatan. Rasanya yang pahit dan pedas mempunyai keampuhan sebagai antimalaria dan juga anti radang.

Berikut contoh penggunaan kembang bokor untuk dijadikan herba mengatasi beberapa penyakit.

Malaria
Rebusan 3 gelas herba kembang bokor 9 g yang dicampur dengan 9 g murbei biarkan hingga tersisa 1 gelas, dapat menghindari terjangkitnya serangan malaria.

Sakit Tenggorokan
Mengobati sakit tenggorokan dengan kembang bokor adalah yang paling sering dan lazim ditemui dimasyarakat, caranya akar kembang bokor seperlunya digiling dan dicampur bersama cuka kemudian dipakai untuk berkumur-kumur.

Ekzema kantung zakar
Rebusan kembang bokor seperlunya yang dicampur bersama bayam duri dan daun ketepeng cina seperlunya, setelah dingin gunakan rebusan herba tersebut untuk dicuci dan dikomporeskan pada bagian yang sedang sakit.

Demikian sedikit ulasan mengenai Tanaman Hias berkhasiat Obat yaitu kembang bokor, semoga bermanfaat.

Disqus Comments