Kembang Korejat dan Khasiatnya

Kembang Korejat dan Khasiatnya. Kembang korejat demikian masyarakat jawa barat lebih populer menamakan tumbuhan ini, padahal ada nama lain didaerah jawa barat seperti ki tolod, daun tolod, dan daun korejat. sedangkan dijawa saya nanya sama tukang bakso dan tukang jamu mereka menyebutnya daun sangkobak itu sesuai dengan hasil googling di google yakni sangkobak atau kendali.

Kembang korejat mempunyai nama ilmiah Isotoma longiflora suku campanulaceae berasal dari negeri Hindia Barat sangat mudah ditemui di selokan, dirawa-rawa bahkan di sisi-sisi jalan yang sedikit lembab, bahkan disekitar rumah saya (pegunungan) banyak sekali terdapat kembang korejat ini padahal tak ada seorangpun yang menanamnya.


Kandungan Kembang Korejat



Tanaman ini mempunyai rasa pahit dan getir dilidah, mengandung alkaloid yang cukup tinggi, diantaranya isotamine, lobelamine, dan lobiline berbasa nitogen layaknya oksigen.


Pengalaman Menggunakan Kembang korejat untuk Menyembuhkan Mata
Sambil memilih-milih kembang korejat yang bagus untuk upload diblog, teringat kenangan dulu waktu saya masih belia sering menggunakan kembang korejat untuk merawat kesehatan mata. Waktu itu mata saya ada lamad seperti plak dan kotoran kuning yang menempel, lalu orang tua saya memberikan kembang korejat untuk menghilangkan kotoran di mata.

Cara untuk menghilangkan kotoran dimata adalah dengan mencuci satu batang kembang korejat lalu masukan kembang itu pada segelas air diamkan beberapa saat. Lalu potong bunga kembang korejat tersebut dan teteskan pada mata dengan menggunakan tangkai bunga kembang itu sendiri.

Reaksi awal yang dirasakan sangat terkejut sekali lebih 15 menit tak mampu membuka mata, mata saya terasa panas dan perih, air mata keluar sangat banyak dan menguras seisi bola mata. Saya khawatir mata saya kena racun dan berakibat fatal, tapi setelah itu kotoran yang ada pada kelopak mata semua hilang dan bersih hanya dengan satu kali tetes.



Saya baru mengerti mengapa kembang itu dinamakan "korejat". Korejat dalam bahasa sunda artinya sangat terkejut, kaget bukan kepalang. Ketika tetesan kembang korejat mengenai mata perasaan sangat terkejut, terperanjat alias korejat.

Dua hari kemudian saya gunakan lagi kembang itu untuk mencuci mata, tetesan yang kedua tak seperih dan sepanas yang pertama, mungkin karena kotoran pada mata saya ga banyak seperti yang pertama, sehingga terasa segar dan enteng sekali digunakannya.

Tiga hari kemudian berlanjut saya gunakan lagi kembang itu untuk menghilangkan lamad kuning yang ada dimata. tetesan yang ketiga pun tak seperih yang pertama dan lamad kuning seperti katarak dimata sayapun hilang hanya dengan tiga kali tetesan selama satu minggu.

Itulah mengapa orang tua dahulu meyembuhkan katarak, lamad dan kotoran dengan menggunakan kembang korejat. Rupanya dalam daun korejat tersimpan obat untuk menyehatkan mata, dan hal ini telah dilakukan selama berpuluh-puluh tahun, turun temurun sampai saat ini.

Kembang korejat disamping dapat menyembuhkan penyakit mata seperti katarak, rabun jauh, rabun dekat dan penyakit mata lainnya, kembang ini pula sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit bronkhitis, asma, bahkan radang tenggorokan.

Catatan

  • Getah pada kembang korejat beracun, disarankan untuk mencuci bersih terlebih dahulu bunga korejat jika dipakai untuk penyembuhan mata.
  • Tidak disarankan menggunakan kembang korejat melampaui batas, 
  • Cukup seminggu sekali untuk perawatan.
  • Selalu berkonsultasi dahulu dengan terafi herbalis terpercaya.


Subscribe to receive free email updates:

87 Responses to "Kembang Korejat dan Khasiatnya"

  1. akhirnya dapat pertamax juga dari teh santika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, jalanan saya ga macet td soalnya :)

      Delete
    2. pake heli biar gak kena macet...

      Delete
    3. pesatw jet tempur lbh cepat ,,,

      Delete
    4. hilih biasa jalan kaki juga, so keren banget omongin pesawat hehe..

      Delete
    5. eleuh c mamang jug cle duduk disini..

      Delete
    6. suwer tadi siang mah, nggak ngeh ada yang narsis dikit..kliatan tahi lalatnya....ehmmm...ehmm..

      teh jangan narsis ah...takut keterusan bogoh...siah

      Delete
    7. numpang eksis.. kali aja saya bisa jadi seleb blogger hehehe

      Delete
    8. teh santika meuni galak kena" udah ngeksis :)

      Delete
    9. ahahaha ,,,, sy manggut manggut ,,,

      Delete
  2. kalo di jawa kembang kerojat namanya ya mbak, kalo diaceh saya belum tahu, apakah ada mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuat aja namanya mas ...nanti dipatenkan... :D

      Delete
    2. iya jd kembang mukhlis, ntar dikasih sertifikatnya, tp ga pantes banget ya

      Delete
    3. o jadi ini teh disebut kembang korejat pantesan saya mah sok ngorejat khasiatna teh nyak

      Delete
    4. ngorejat sama kembangnya atau sama yang lain.? wkwk

      Delete
    5. sama teteh...ateuh...



      mulay dah

      Delete
  3. Ditempat saya juga ada tuh mbak, sangkobak, namun soal khasiatnya baru tau disini nih, kalau buat rabun jauh bisa ndak ya mbak,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo disaya ntah apa namanya mas :)

      Delete
    2. korejat itu sangkobak, berarti sudah populer juga ya

      Delete
  4. mesti harus hati hati juga cara memakai kembang kerojat ya mbak, karna efeknya terdapat pada getahnya, kalo sampai kena gtah bisa berakibat apa ini mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok kerojat sih mas...korejat gitu lho...kalau kena mata ya gpp...namanya juga obat mata :D

      Delete
    2. kalau getahnya kena mata, pedih banget mas, tp ga sampai parah kok

      Delete
    3. Kayak obat mata Insto fungsinya ya teh

      Delete
  5. Replies
    1. Haha.. siapa tahu ada yang minat, dan ngontrak saya mas wkwk..

      Delete
    2. langsung daftar sekarang juga

      Delete
  6. kembangnya namanya aneh ya...embang korejat...buat ngobati mata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. korejat itu bahasa sunda mas, tp jd sebuah nama bagi kembang dan bunga ini. deuuuh pak ustadz jd malu, aku jarang banget silaturahim ke sana..

      Delete
  7. eksis banyak juga gpp koq mbak,
    btw baru tau ada kembang beginian nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. latihan jd model di blog sendiri mbak hehe.. malu-maluin heu..

      Delete
    2. Biar tambah terkenal, gitu loh mbak...

      Delete
  8. Saya baru tau ini tentang tanaman korejat, makasih mbak telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mba arya kinanti.. trims lho sudi berkunjung..

      Delete
    2. Wah sama donk berarti, saya juga baru tau

      Delete
  9. Replies
    1. iya kembang korejat, masa kembang berjoget..! xixi

      Delete
  10. Wah baru tau kalo ada kembang yang namanya korejat.. wuih khasiatnya keren.. :D

    Hebat mana ya kira2 sama daun sirih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun sirih itu legenda, asli Indonesia kebangaan bangsa kita

      Delete
    2. jika ingin tahu mana yang lebih hebat, ambil dua2nya lalu di adu du du du

      Delete
    3. Di adu kaya jangkrik gitu?? wkwkwk

      Delete
    4. adu domba adu domba diadu domba :D

      Delete
  11. saya malah baru tahu nih mbak daun korejat, makasih mbak.
    oh ya fotonya eksis banget mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iseng banget ya nampilin photo, ntar jg dihapus, malu..

      Delete
  12. mantap nih buat infonya mbk, lama gak main kesini makin ramai aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru ngblog lagi mas, visitor turun..

      Delete
  13. oh saya baru tau bahwasanya kembang korejat bisa untuk ngobatin mata teh.
    sayangnya saya belum pernah tau dengan jenis kembang korejat atau sangkobak nih teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sedih. ntar dikasih tahu kembang korejat ya..

      Delete
  14. Ternyata teh Santi orang nya ke ibuan banget ya....ngomongin Kembang Korejat dan Khasiatnya memang banyak terutaman membantu mengatasi keluhan pada mata iya kan sudah di jabarkan di atas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. keibuan ga nyambung sama kembang korejat haha..

      Delete
  15. Siapa yang gak boleh ekting teh, teh itu di bawah bibir kok ada item-tem nya itu apaan sih..

    ReplyDelete
  16. Memang kaya keanekaragaman hayati indonesia...yg penting tau manfaatnya ada banyak tanaman obat disekitar kita...ampe di deket got juga ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunga korejat saking banyaknya ya mas..

      Delete
  17. saya pernah baca juga mbak ini kembang korejat bisa sembuhkan minus, tapi pedih yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. pedih banget, panas juga.. tapi cuma yang pertama aja..

      Delete
  18. Oh jadi bunga itu namanya bunga korejat, sering nemu sih tapi nggak tau namanya, waktu kecil suka di jadiin bahan masak-masakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak naon ceu ai kok pake bunga korejat wkwk..

      Delete
  19. aduh teh ini mah mainan saya waktu kanak-kanak, saya masih ingat betul ujung kembang ini saya oleskan ke mulut teman saya yang lagi ngelamun, rasanya seperti pedas asam campur aduk, saya juga pernah jadi korban keisengan teman karena kembang ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha memang mantap bunga korejat di jadiin alat iseng

      Delete
    2. ada lagi pohon yang kalo daunya di bejek, mengeluarkan bau seperti bau kentut, hehehe gak tau nama latinya apa... alat iseng juga :)

      Delete
  20. Kembang korejat ini kan yang banyak tumbuh di tepian sungai itu apa enggak ya teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas, tumbuhan liar di sungai juga di pinggir jalan banyak..

      Delete
  21. Ane malah baru tau mbak :D selama ini dipandang sebelah mata..
    Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunga korejat harus dengan dua mata ya mas..

      Delete
  22. Tanaman Herbal buat mata ada juga ya teh... Ngeliat reaksi awal tetesan bunga kembang korejat jadi takut duluan teh. takut buta.. Khasiatnya manjur juga buat membersihkan kotoran di mata..pantes mata Teteh kinclong banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. mata saya kinclong, Haha.. itu penghinaan wkwk..

      Delete
  23. Ternyata kembang korejat banyak manfaatnya juga ya mba, apa itu tidak perih tu mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pedih banget mas indra, tapi sudah itu ngemploh bngit..

      Delete
  24. panteslah disebut kembang korejat oge teh syaa juga dulu pernah pedih bangget.
    tapi saya baru tahu lho ternyata getah nya berbahaya juga. terimakasih ilmunya teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. getahnya beracun kang, sok cobian geura..

      Delete
    2. Apa penawarnya jika mbak terjadi keracunan

      Delete
    3. hadeuh aingah jiga nu alim pendak deui tteh ma nya.
      luhureun abdi bade nyobian mah ceunah teh :D

      Delete
  25. Dari pada baca artikel yang terlalu panjang , mending lihat-lihat potonya admin aja ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. baca dong artikel kembang korejat..

      Delete
  26. Maaf teh, bukan kah getah dari daun/ bunga nya yg berkhasiat? Kalo saya biasanya pake daun nya, ujung daun nya dipotong dikit trus ambil air pake daun itu yg bekas ada potongan nya lalu ditetesin kemata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaf rasanya, sakit dan perih menyatu.. Tp setelah itu sekitar 1 sampai 2 menit langsung plong. Itu pengalaman saya pake daun korejat ini teh.

      Delete
  27. Saya pake korejat ini karena sering terasa gatal dimata. Hasilnya alhamdulillah.

    ReplyDelete
  28. Kenapa saya ea jdi ikut ikutan ngorejat!!he

    ReplyDelete
  29. gan ada yg tau ga lokasi bung karojet di daerah denpasar dan sekitarnya

    ReplyDelete