Khasiat Kandungan Bunga Cempaka

Khasiat Kandungan Bunga Cempaka. Cempaka mempunyai nama botani Michelia champaca L sinonim magnolia champaca termasuk pada tanaman serbaguna, dapat tumbuh tinggi mencapai 30 m, daunnya panjang 10-30 cm lebar mencapai 10 cm dengan bentuk bujur telur atau oval, warnanya kuning dan setelah tua berubah warna menjadi orannye. Bunganya sangat harum hingga sering dijadikan wangi-wangian tubuh ataupun baju.

Pohon cempaka ini termasuk tumbuhan sangat bermanfaat, kayunya dapat dijadikan sarana bangunan rumah, mebel serta pernak pernik aksesoris. Bunganya dapat dijadikan bunga hias untuk mempercantik ruangan ataupun dijadikan pembuatan minyak rambut serta ektrak wewangian. Aroma bunganya sangat harum hingga tercium dari jarak yang cukup jauh.

Pohon cempaka dikalangan Asia dan Indonesia pada umumnya menyebutnya pohon keramat dan suka ditanam di tempat peribadahan seperti kuil, tempat sesaji dan kuburan. Sebagian mitos di kalangan kita pohon cempaka adalah tempat berteduhnya kuntilanak sehingga menyebarkan harum yang menyengat.

Baca juga..!
Khasiat bakung putih atasi penyakit
11 Tumbuhan untuk atasi kencing batu


Kandungan dan Khasiat Cempaka


Cempaka mengandung alkaloid, alkohol benzil,asid benzoik, benzaldehid, isoeugonel, p-kresol metir eter, cineol, dan minyak menguap. Minyak dalam bunganya mengandung metil linoleat, metil palmitat, linalol, iso-eugenol, geraniol, indol, ionon, alfa iononalkohol benzil, asid benzoik, benzil asetat, betaionon, 2-feniletil asetat, 2-feninletanol, eter metil kresol, cineol, dan oksimes. Kulit kayu mengandung lakton seskuiterpen jenis guiane.


Khasiat Bunga Cempaka
Dengan kandungan seperti yang disebutkan di atas, maka bunga cempaka dipercaya dapat mengatasi keluhan kesehatan, diantaranya :

  • Bau nafas, 
  • Mual, 
  • Sakit perut
  • Penyakit kulit (Kudis, kusta)
  • Sakit dada
  • Nyeri sendi
  • Haid tak teratur
  • Keputihan
  • Kencing nanah
  • Penambah nafsu makan (stomakik)


Indikasi
Untuk obat yang di minum Rebus bunga cempaka seperlunya, saring lalu minum. Sedangkan untuk dijadikan obat luar. Tumbuk herba bunga cempaka hingga lembut, lalu tempelkan pada kulit yang sakit seperti keseleo, rematik, kudis dan lain-lain.

Contoh Pemakaian

Keputihan
Sediakan bunga cempaka 30 g bersama kulit delima 15 g, dan 30 g sambiloto, lalu rebus dengan air 2 gelas air menggunakan api kecil hingga tersisa 1 gelas saja. Saring dan minum setengah gelas pagi sore.

Vertigo
Bunga cempaka 6 kuntum yang sudah kering lalu rebus dengan 500 cc air sampai menyisakan 200 cc, lalu saring dan minum ketika masih hangat.

Bau Badan
Rendam beberapa kuntum bunga cempaka seperlunya kedalam air yang akan dipakai mandi. Biarkan beberapa saat hingga air menyerap aroma cempaka tersebut. Kemudian silahkan mandi.

Menambah Nafsu Makan
Tumbuk hingga halus 50 g kulit pohon cempaka kuning, tambahkan pula asam jawa 20 g dan gula aren secukupnya. Lalu direbus dengan mamakai 1,5 liter air hingga tersisa separuhnya. Saring dan minum setiap hari sebanyak 200 cc.

Disqus Comments