Cara Tradisional Mengatasi Rambut Rontok

Cara Tradisional Mengatasi Rambut Rontok. Rambut rontok atau gugur banyak sekali faktor penyebabnya, biasanya rambut sedikit demi sedikit berkurang dan dapat menimbulkan kebotakan pada sipenderita. Hal ini tentu saja membuat galau jika memiliki rambut botak, apalagi jika sang penderita adalah seorang perempuan. Rambut rontok karena penyakit menurut bahasa medisnya adalah alopecia, biasanya faktor penyebabnya adalah :
  • Habis terserang penyakit teruk (keras), seperti typus, raja singa, malaria, kencing nanah,  dan lain-lain.
  • Habis bersalin atau habis melahirkan.
  • Kulit kepala tidak sehat, karena peredaran darah tidak baik.
  • Pengaruh obat atau bahan-bahan kimia tertentu yang dimakan atau di minum oleh si penderita.
  • Pengaruh kejiwaan yang berlarut-larut.
  • Nilai gizi makanan yang sangat rendah.
  • Pemakaian minyak rambut atau wangi-wangian yang tiada semestinya.

Perawatan untuk Rambut Rontok

  • Usahakan agar rambut penderita seminggu sekali dibersihkan dengan air hangat suam-suam kuku dan digosok-gosok dengan sabun, setelah itu bilas dengan air dingin.
  • Usahakan rambut pendrita disisir dari atas kebawah dengan sisir yang masih bagus.
  • Usahakan sipenderita melepas ikatan rambutnya terutama ketika hendak tidur.
  • Biasakan sipenderita sering mengonsumsi sayur seperti bayam, buncis, mentimun kacang-kacangan dll.
  • Alangkah lebih baik sesekali memijat (massage) kulit kepala untuk memperlancar peredaran darah dengan menggunakan minyak jaitun/minyak jarak.

Ramuan herbal untuk Mengatasi Rambut Rontok 


  1. Cuci bersih Daun lidah buaya duri-duri dan kulitnya dibuang, lalu gosok-gosok pada kepala hingga masuk kesela-sela kulit rambut sehari sekali sebanyak yang diperlukan, alangkah lebih baik dilakukan pada sore hari lalu bungkus kepala dengan handuk.
  2. Air teh kental 1 mangkuk yang sudah diembunkan (kira-kira jam 10 malam letakan diluar supaya kena embun dan ambil pada pagi harinya). Basahi kepala sambil pijit-pijit sela kulit kepala, kemudian bungkus dengan handuk. Pada pagi harunya keramas seperti biasa.
  3. Air Kelapa muda hijau 1 buah diberi garam sebesar biji asam lalu embunkan. Basahi kepala sedikit-sedikit sambil dipijit sela kulit rambut secara perlahan. Kemudian bungkus dengan handuk.
  4. Daun kacang panjang yang masih muda 1 genggam dicuci lalu giling sampai halus, diremas dengan 2 sdm minyak zaitun, lalu dioleskan pada sela-sela rambut sambil dipijit secara merata. Setelah itu bungkus dengan handuk.
  5. Daun urang-aring 1 genggam dicuci lalu digiling halus diramas dengan air masak 2 gelas, kemudian disaring dan diembunkan. Setelah itu basahi kulit kepala hingga ke sela-selanya dengan air urang-aring sambil dipijit secara halus dan lembut. lakukan 2 kali seminggu hingga terasa ada perubahan.
  6. Pangkal/umbi batang pisang 1 biji, dipotong rata-rata, dicuci bersih lalu diberi lubang 1 jengkal dalamnya (agar air umbi dapat terkumpul didalamnya), setelah terkumpul airnya oleskan pada sela-sela kulit rambut kepala secara merata, biarkan beberapa saat lalu bilas. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk.


Demikian Cara mengatasi rambut rontok disebabkan oleh faktor penyakit di atas. Tak usah khawatir dalam mengaplikasikannya, karena sangat aman tak menyebabkan efek samping. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Disqus Comments