5 Cara Alami Sembuhkan Mata Merah, Belekan dan Gatal-gatal

5 Cara Alami Sembuhkan Mata Merah, belekan dan gatal-gatal. Sakit mata merah karena alergi. iritasi ataupun virus memang bukan penyakit berbahaya, namun sakit mata merah karena virus dapat menular dan mengganggu aktifitas sehari hari dan bisa menyebabkan hilangnya rasa percaya diri, tak berani tampil ke publik dan memilih diam dirumah jika tak ada keperluan penting. Dulu saya pakai kaca mata hitam bukannya mau gaya tapi sakit mata hehe..


5 Cara Alami Sembuhkan Mata Merah, Belekan dan Gatal-gatal


Umumnya jika mata merah, gatal-gatal karena iritasi ringan cukup dengan membeli obat tetes mata ataupun salep mata merk terkenal. Tapi sebenarnya ada cara ampuh dan alami serta mudah untuk hilangkan merah pada mata, gatal-gatal, ataupun belekan dengan ramuan tradisional yang pernah dipakai oleh leluhur kita. Cara-cara alami dan praktis sembuhkan mata merah, mata gata, mata belekan diantaranya :

Uap Nasi

Menghilangkan merah pada mata dengan uap nasi adalah cara tradisional sejak zaman nenek moyang kita dahulu. Uap nasi mengandung anti bakteri dan protein yang terkandung dalam nasi itu sendiri. Menyembuhkan mata merah, mata gatal dan mengeluarkan kotoran pada mata seperti belekan dengan uap nasi adalah cara yang sangat praktis. Cukup posisikan wajah Anda ketika ngakeul (istilah sunda yang artinya mengaduk-aduk) nasi diatasnya, jangan dulu di "hihid" (kipas untuk hilangkan asap nasi) sehingga uapnya  menimpa wajah serta mata Anda. Cara ini lebih baik daripada obat tetes mata ataupun salep mata, karena cara ini dapat mengeluarkan kotoran pada mata secara alami tanpa campuran obat kimia.

Rebusan Air Sirih

Sirih mengandung zat antiseptik dan anti bakteri sehingga rebusannya sangat baik untuk menghilangkan penyakit mata karena iritasi dan bakteri penyebab mata merah (baca khasiat daun sirih). Caranya sangat mudah cukup rendam air sirih dengan 1 gelas air panas selama 2-5 jam, lalu basuh mata dengan air tersebut.

Air Mawar

Bunga mawar selain mengandung minyak asiri sebagai aroma terafis juga terkandung zat antiseptik  yang baik yang dapat juga dijadikan penghilang sakit mata merah (baca khasiat bunga mawar). Ambil sekuntum bunga mawar lalu rendam dengan air hangat beberapa saat hingga dingin lalu cuci mata Anda dengan rebusan air mawar tersebut untuk meredakan mata merah akibat lelah atau iritasi ringan.

Mentimun dan Kentang

Biasanya mentimun dan kentang dijadikan terafi untuk perawatan mata agar mata selalu dapat tampil segar dan bening, tapi sebenarnya mentimun juga dapat menghilangkan mata merah karena iritasi dan lelah. (baca manfaat mentimun) Caranya pun sama hanya dengan menempelkan irisan mentimun segar pada kelopak mata sampai mata dapat meresap kesegaran mentimun dan menghilangkan mata merah sekaligus menghilangkan bengkak dan kantung mata.

Getah Daun Patikan Kebo

Daun patikan kebo (Euphorbia Hirta) sebenarnya banyak di lingkungan kita, tapi jarang sekali yang memakaikan getah daun patikan kebo untuk hilangkan penyakit pada mata. Dulu orang tua kita jika sakit mata karena gatal, belekan serta mata merah hal pertama yang dilakukan adalah mencari daun patikan kebo karena kandungannya bermanfaat sebagai antibakteri serta anti-inflamasi. Ambil dan cuci daun patikan kebo secukupnya, lalu rendam dengan sedikit air. Kemudian teteskan air perasan daun patikan kebo 1-2 tetes pada mata yang sakit pagi dan malam.

Demikian cara alami praktis dan murah mengatasi sakit merah pada mata, mata alergi, mata gatal-gatal serta mata belekan dengan ramuan tradisional yang mudah ditemukan dilingkungan sekitar kita. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Disqus Comments