Manfaat dan Khasiat Tapak Kuda

Manfaat dan Khasiat Tanaman Tapak Kuda. Tapak kuda umumnya merupakan tumbuhan liar yang sering dijumpai di daerah pantai, bukit-bukit dan wilayah yang terkandung banyak pasir. tanaman ini akan tumbuh subur di daerah yang cukup sinar matahari.

Tapak kuda mempunyai nama botani ipomoea pes-caprae L sweet. sedangkan diberbagai daerah mempunyai nama yang berbeda beda seperti katang-katang (Bali), tangkatang (Madura), tilalade (gorontalo), loloro halmahera utara),  batata pantai (manado), dan nama daerah lain yang begitu banyak seperti andali, arana, watata ruruan, daredei, dolodoi, dan lain sebagainya. Adapun Tapak kuda nama asingnya adalah pinlaikazum (Myanmar), beach morning glory, goat's foot creeper (Inggris), ma an teng (China), trakuon kantek (Kamboja, dan patate de mer (Prancis). Adapun nama simplisianya adalah Ipomoeae Pescaprae Herba atau yang di kenal herba tapak kuda.


Manfaat dan Khasiat Tanaman Tapak Kuda


Herba tapak kuda mempunyai rasa yang pahit sedikit pedas dan hangat. Biasanya suka dipakai untuk menyembuhkan bengkak karena berkhasiat antiradang dan antirematik.

Pada daun tapak kuda mengandung eugenol, myristic acid, melissic acid, behenic acid, dan 4-vinilguaiacol. Adapun jika pada daun tapak kuda yang di keringkan mengandung zat antialergi (antistin).

Merujuk pada Dr setiawan dhalimartha tentang kandungan dan khasiat dari herba tapak kuda, tanaman ini semua bagiannya dapat dijadikan obat seperti rematik dan pegal linu (mialgia), demam, gusi bengkak, sakit gigi, sembelit, wasir berdarah, dan tapak kuda berkhasiat pula untuk mengatasi keracunan ikan.

Berikut contoh pemakaian herba tapak kuda untuk mengatasi gangguan beberapa penyakit yang diramu dengan cara tradisional.

Rematik
Rebus 45g herba tapak kuda yang segar dengan 1 gelas air dan 1 gelas ragi selama 15 menit. saring lalu minum.

Bengkak, bisul
Cuci daun herba segar kemudian giling hingga halus, tambahkan gula merah secukupnya. Turapkan pada bengkak atau bisul dengan dibalut menggunakan kain. Jika kering ganti dengan yang baru 2 kali sehari hingga sembuh

Wasir Berdarah
Cuci herba segar (30-60 g), potong-potong seperlunya. Tambahkan 360 g usus sapi kemudian jadikan tim. Minum air rebusan herba tersebut dan makan usus sapi tadi.

Sakit Gigi
Akar kering tapak kuda 45 g direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. saring dan minum 1/2 gelas 2 kali sehari.

Eksim
Akar segar tapak kuda sebanyak 30 g direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. saring dan minum setiap hari sampai sembuh.

Payudara mengeras karena tak keluar ASI
Harba daun muda dilumas dengan santan secukupnya, kemudian panaskan dengan api. Ketika  masih hangat turapkan herba tersebut pada area payudara agar ASI dapat keluar..

Keracunan Ikan
Batang herba tapak kuda yang segar secukupnya ditumbuk hingga halus. Kemudian peras hingga mendapatkan 1/2 cangkir, lalu minum.

Disqus Comments