Tumbuhan untuk Mengobati Tahi Lalat yang Membesar

Tumbuhan untuk Mengobati Tahi Lalat yang Membesar. Tahi lalat atau nama asingnya nevus adalah suatu ketumbuhan daripada kulit. Tahi lalat ada yang bawaan sejak lahir, dan ada pula yang tumbuh setelah ia besar. Kadang-kadang tahi lalat itu kecil tak berubah selama bertahun-tahun. Namun sebaliknya ada tahi lalat yang berubah-ubah dan terus membesar bentuk maupun warnanya. Perubahan itu biasanya karena tergosok-gosok. Tahi lalat yang berubah menjadi besar karena tergosok-gosok dapat menjadi ganas dan berbahaya bagi yang terkena.


Gejala Tahi Lalat menjadi Besar
  • Pada kulit terutama pada kulit muka dan kulit dada terdapat titik atau bintik yang warnanya hitam, coklat, dan biru tua.
  • Titik atau bintik itu ada yang rata ada yang bulat, dan ada juga yang seperti tombol.
  • Titik atau bintik yang bertambah besar, biasanya disertai dengan rasa gatal-gatal.


Perawatan dan pengobatan
Perawatan dan pengobatan untuk tahi lalat yang makin membesar dan terasa gatal-gatal :
  • Sipenderita menghindari menggosok tahi lalat.
  • Untuk menghilangkan rasa gata, lumaslah tahi lalat dengan minyak zaitun.
  • Cobalah membersihkan tahi lalat dengan jeruk nipis yang sudah tua.
  • Penderita menghindari makanan yang berbumbu tajam seperti lobak, lada, cabai jawa. 
  • Hindari juga minuman yang mengandung alkohol.
  • Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan.
  • Untuk menghentikan pembesaran Minum air rebusan sambiloto 


Tumbuhan untuk Mengobati Tahi Lalat yang Membesar


  1. Daun potroseli 1 genggam, dicuci lalu direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga tersisa 3/5 nya, sesudah dingin disaring, sebagian diminum.
  2. Getah buah jambu monyet yang masih muda 1/2 sdm, dengan kapas dilumaskan pada tahi lalat yang terasa gatal-gatal setelah digosok dengan air jeruk nipis. Beberapa kali sehari sebanyak yang diperlukan. Jika sudah kering ulangi lagi.
  3. Daun sambilata 1/3 genggam, batangnya 1/4 genggam, akarnya 1/3 genggam, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas hingga menyisakan 3/4 gelas. setelah dingin diminum dengan madu seperlunya. Tiap kali minum 3/4 gelas pagi dan sore.
  4. Rimpang kunyit 1 jari, dicuci lalu diparut, diberi minyak zaitun 1 sdt, untuk menggosok dan menurap tahi lalat yang terasa gatal-gatal. beberapa kali sehari sebanyak yang diperlukan. jika kering ulangi lagi.
  5. Batrowali 1/3 jari, rimpang temulawak 1/2 jari. rimpang kunyit1/3 jari, daun sambiloto 1/4 genggam, asam lama 3 jari, gula-enau 3 jari. Dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 4.5 gelas sehingga tersisa separuhnya saja. Sesudah dingin disaring dan diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.
Pilih dan carilah tumbuh-tumbuhan diatas yang sekiranya gampang dan mudah didapat. Selamat mencoba!

Disqus Comments