Tumbuhan untuk Mengobati Cacar Air

Tumbuhan untuk Mengobati Cacar Air. Penyakit cacar air (varicella) adalah jenis penyakit yang mudah menular dan seringkali berjangkit sebagai wabah. Cara menularnya mungkin melalui mulut atau alat pernapasan, yang terserang kebanyakan terhadap anak-anak (baca Mengenal cacar air pada anak). Penyebab penyakit ini sebangsa virus yang lekas mati kalau terkena sinar matahari atau terlepas dari badan manusia. Masa tunasnya antara 10-17 hari.


Gejala Cacar air

Gejala atau tanda-tanda yang penting diantaranya :
  • Mula-mula timbul demam yang tidak begitu berat.
  • Kepala sakit, nafsu makan sangat kurang dan kadang-kadang disertai dengan muntah-muntah.
  • Urat-urat terasa sakit, dan disana sini terasa gatal.
  • Timbul bercak-bercak merah, mula-mula pada dada, kemudian pada bagian tubuh yang lainnya yang kemudian menjadi gelembung yang berisi cairan jernih dan akhirnya menjadi nanah yang berwarna kuning serta setelah gelembung itu kering, maka terjadilah kerak-kerak yang berwarna coklat tua. Sesudah kerak itu terlepas dari kulit, meninggalkan bekas atau cacad diatasnya.

Perawatan dan pengobatan


  1. Usahakanlah agar sipenderita tetap tinggal dalam kamar yang terpisah sampai keropeng-keropengnya menjadi kering.
  2. Berilah ia makanan yang cair-cair (susu, telur, kaldu, bubur kacang hijau) dan air perasan buah yang telah masak (jeruk manis, nanas, sirsak).
  3. Usahakanlah agar sipenderita tidak menggaruk-garuk kulitnya yang terasa gatal-gatal.
  4. Berilah bedak halus atau minyak zaitun untuk melumas badannya, kalau terasa gatal-gatal.


Tumbuhan untuk Mengobati Cacar Air

  1. Mengkudu yang telah masak 3 buah, dicuci bersih lalu diparut, diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
  2. Air kangkung hutan 1/2 genggam, dicuci lalu direbus dengan air bersih 2 gelas, sehingga tersisa 3/4-nya, sesudah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari 3/4 gelas.
  3. Batrawali 1 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 4 gelas sampai tersisa separuhnya. Sesudah dingin disaring dan diminum dengan madu seperlunya 2-3 kali sehari 3/4 gelas.
  4. Akar trengguli 1,5 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 4 gelas sampai tersisa setengahnya. Diminum dengan madu 2-3 kali sehari 3/4 gelas.
  5. Bidara laut 4 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 6 gelas hingga tersisa 3/4 nya. Setelah dingin disaring untuk diminum dengan madu dan diturapkan pada tubuh (diminum 2 kali sehari 3/4 gelas. 1,5 gelas diturapkan pada tubuh).
  6. Rimpang kunyit 2 jari, rimpang temulawak 2 jari, dicuci lalu diparut, diremas dengan air batang pacing 1/2 cangkir, untuk melumas kulit yang terkena cacar air 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  7. Rimpang cekur 2 jari, rimpang temulawak 1 jari, asam lama 3 jari, gula enau 3 jari. Dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 4 gelas sehingga tersisa 3/5-nya. Sesudah dingin disaring lalu diminum 3 kali sehari 3/4 gelas.

Disqus Comments