Mengatasi Cegukan pada Bayi dan Anak

Mengatasi Cegukan pada Bayi dan Anak. Cegukan seringkali terjadi pada bayi yang berusia kurang dari satu tahun dan juga pada  anak. Bila tidak terlalu sering, cegukan dianggap normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Cegukan sendiri itu sebenarnya adalah suara yang ditimbulkan karena spasme otot diafragma. Diafragma adalah otot tipis yang membatasi paru-paru dengan rongga perut. Spasme diafragma tersebut akan menghentikan pemasukan udara nafas secara tiba-tiba karena penutupan epiglottis.



Cegukan pada bayi biasanya terjadi karena makan berlebihan. Penyebab lainnya pada anak yang lebih besar adalah :
  1. Refluks gastroesofagus (RGE)
  2. Menelan udara terlalu banyak
  3. Makan terlalu banyak dan terlalu cepat
  4. Perubahan suhu yang cepat didalam perut (minum minuman yang panas lalu langsung minum air dingin)
  5. Stres emosional
  6. Radang paru-paru
  7. Penggunaan obat tertentu



Menghentikan cegukan pada bayi
Biasanya cegukan terjadi pada saat bayi sedang makan. Jika cegukan baru terjadi dan hanya sesekali saja saat makan, maka tidak ada yang perlu dilakukan orang tua. Orang tua hanya perlu menunggu beberapa saat sampai cegukan hilang (biasanya dalam hitungan menit), lalu orang tua dapat kembeli memberikan makan pada bayinya. Bila cegukan terjadi saat makan, cobalah untuk mengganti posisi bayi. Kemudian tepuklah punggung bayi pelan-pelan agar bayi bersendawa. Bila cegukan masih belum berhenti, cobalah memberikan beberapa sendok atau memberi minum lebih banyak. Cara lainnya yang dapat dicoba adalah: Memberikan minum pada bayi dengan cara disedot, misalnya memberi susu pada bayi dengan botol, atau mencoba menyentuh uvula yang berada di atas lidah (diantara kedua amandel) dengan cotton bud agar bayi seperti mau muntah. Kadang tindakan ini dapat menghentikan cegukan pada bayi.

Menghentikan Cegukan pada Anak
Cegukan sebenarnya dapat berhenti dengan sendirinya dalam hitungan menit atau jam. Pada anak yang lebih besar ada beberapa cara yang mungkin dapat membantu menghentikan/menghilangkan cegukan yaitu :
  1. Menahan nafas dan menghitung 1 sampai 10 secara perlahan.
  2. Minum 1 gelas air dingin dengan cepat.
  3. Makan satu sendok teh gula atau madu hangat.

Cegukan sebenarnya tidak berbahaya sehingga orang tua tidak perlu khawatir, lakukan langkah-langkah seperti diatas. Bila cegukan sangat sering atau disertai gejala lain misalnya muntah, kembung, atau sesak nafas, bawalah anak kedokter. 

Sebenarnya Anda tidak perlu membawa anak kedokter hanya karena cegukan. Tetapi Anda boleh membawanya ke dokter apabila cegukan terjadi lebih dari 3 jam dan anak teerlihat tidak nyaman (kejadian ini sangat jarang sekali) atau Anda mengkhawatirkan kondisinya tersebut.

Disqus Comments