Manfaat Khasiat Tanaman Tali Putri

Manfaat Khasiat Tanaman Tali Putri. Tali putri Cassytha filiformis L adalah tumbuhan parasit (benalu) yang mana sepanjang hidup tali putri ini sangat bergantung pada tumbuhan yang jadi inangnya atau yang ditumbuhi dan dihisapnya. Tumbuhnya hanya 4-10 cm saja dan terus merambat seperti mie yang kuning dan saling melilit. Pada tanaman yang dihinggapi tali putri daunnya lama kelamaan akan menguning dan mati. Menurut dr setiawan dalimartha, alat penghisap tanaman tali putri dapat digunakan untuk penyembuhan kanker.

Tali putri mempunyai nama daerah mas semasan (Madura), Sangga langit (Sunda), rumput putri, tali putri (sumatera), gumi guraci (Ternate). Sedangkan nama asingnya adalah cassytha (Inggris) dan wu ye teng (Cina). Nama sinonimnya adalah Casytha capilaris, dan Custuta australis R.Br.

Kandungan Tali Putri

Tali putri mengandung senyawa actinodaphine ,isoboldine, ocoteine, cassythine, lysicamine, laurotetanine, filiformine, cassameridine, cassyfiline, cassythidine, cassamedine, cathafiline, cathaformine, N-metilactinodaphine, cassyformine, dan predicentrine. Tali putri sejuk, bersifat manis, agak pahit, dan beracun. Anggota famili lauraceae ini mempunyai khasiat sebagai menghentikan darah (hemostatik), membersihkan darah, peluruh kencing, antiradang, dan penurun panas (antipiretik), batuk paru-paru karena panas, radang ginjal, kesulitan bersalin, cacingan, dan kanker.

Manfaat Khasiat Tanaman Tali Putri

Tali putri masuk meridian  ginjal dan hati.Seluruh bagian tanaman mempunyai manfaat dan mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit. Diantaranya,

Disentri

Sediakan 50 g herba segar, lalu cuci dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian biarkan sebentar sampai dingin, setelah itu saring ramuan dan diminum 2 kali sehari, setiap kali minum ramuan masing-masing 1/2 gelas.

Batuk, Sakit Kuning, dan susah BAB

Siapkan 60 g herba segar atau 30 g herba kering. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Biarkan hingga dingin, lalu ramuan disaring dan. diminum  2 kali sehari, setiap kali minum masing-masing 1/2 gelas.

Eksim dan Borok

Siapkan 50 g herba segar, kemudian rebus menggunakan 3 gelas air hingga masak sehingga tersisa 2 gelas. Lalu pakailah air rebusan ini untuk mencuci bagian yang sakit.

Kencing Darah

Siapkan 90 g herba segar, kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu rebus bahan dengan 4 gelas air sampai mendidih dan airnya terisisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan tambahkan guka merah secukupnya kedalam air rebusan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Catatan

  • Perempuan yang sedang hamil tidak dianjurkan meminum ramuan ini.
  • Jangan minum dengan dosis berlebihan, kandungan alkaloidnya dapat mengakibatkan kejang bahkan menimbulkan kematian.
  • Jika herba tumbuh pada tumbuhan yang beracun, seperti strophanthus divaricatus, gelsemium elegans, nerium indicum serta tanaman beracun lainnya, maka herba ini tidak boleh digunakan untuk pengobatan.

Subscribe to receive free email updates:

39 Responses to "Manfaat Khasiat Tanaman Tali Putri"

  1. ternyata tali putri itu seperti serabut kuning yang terdapat di atas bonsai atau di beebrapa pohon kali ya teh...kalau yang itu banyak di tempat saya dan bisa juga kayaknya di olah...tapi apa benar seperti itu teh? mohon pencerahan...makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah baru tau nama nya Mbah..., ternyata sejenis parasit yg ada di pohon2 ya

      Delete
    2. kami sekeluarga mengucapkan, juga kepadaseluruh blogger yang mampir ke blog keren gudang ilmu dan informasi segala macam khasiat tanaman obat lengkap..dan plus-plus dah yah.
      sekali lagi ngucapin:
      SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM

      Delete
    3. Saya salah satu orang yang baru tau tanaman tali putri ini Teh. ohh ya maaf template nya baru lagi tampilanya agak aneh nih Teh.

      Delete
  2. walaupun tumbuhan jenis benalu tapi manfaatnya banyak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Kang, namanya juga cakep yah. Tali Putri hehehe

      Delete
  3. saya tahu namanya tapi tidak tahu bagaimana bentuk tali putri.

    manfaatnya begitu banyak, namun ada efek sampingnya juga jika berlebihan. bisa menyebabkan kematian hiiiiiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya kalo berlebih-lebihan gak baik Mas xixixi... malah over dosis

      Delete
  4. Tetehhhh..jujur aku baru tau nama tanaman ini Tali Putri ternyata banyak juga ya Teh khasiatnya.

    ReplyDelete
  5. dari namanya ajah udah tali putri, tentu sebuah tali yang indah dan harum mewangi...tali putri getoo...
    apalagi jika kemudian tali putri ini berkhasiat makin makjleb deh kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah namanya cakep Tali Putri, khasiatnya juga banyak ya Mang...

      Delete
    2. kalau dilihat dari cara hidupnya, sebenarnya kurang cocok kalau diberi nama Tali Putri, tapi kalau dilihat dari manfaatnya.. memang sangat banyak...

      Delete
  6. ternyata kandungan yg ada pada tali putri banyak sekali ya, dan banyak manfaat serta khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tali Putrinya bersifat sejuk, manis, agak pahit dan beracun apa karena tergantung pohon inangnya atau memang udah sifatnya begitu ya teh ...

    ReplyDelete
  7. Yang terakhir disebut seyem juga namanya ya Teh Santika Nama penyakitnya Kencing Darah. oooooo wowww, Seyemmm Kalau teh Santika mah nda Seyem, malah bikin saya selalu mendekat Soalnya Teh Santika cantik sih. Ahayyyyy Hiehiheiehe/

    Wahahah sudah lama nda Blogwalking ke Blog Teh Santika yang baik hati ini, Hiehehie. Kangen eui Wahhahaaa. . Heihehiee. Datang datang lansgung cek ke halaman ini Uhuyyyyyyyyyyyyy sambel eh sambil nunggu sahur baca baca ahhhh hieieiehiheihee.

    ReplyDelete
  8. Tali putri, tanaman ini di satu sisi merugikan bagi tanaman yang dihinggapinya, namun ternyata disisi lain sagat bermanfaat juga untuk penyembuhan penyakit yah...

    ReplyDelete
  9. Tumbuhan tali putri ternyata banyak manfaatnya ya mbak, kirain cuma sebagai parasit aja :)

    ReplyDelete
  10. Pertama kali saya dengar nama tali putri..Telah di coba cari, apa namanya di tempat saya, tapi tak berjumpa. :(
    Saya simpan dulu artikelnya Teh..Tenyata khasiatnya begitu banyak. Thanks :)

    ReplyDelete
  11. Pertama kali saya dengar nama tali putri..Telah di coba cari, apa namanya di tempat saya, tapi tak berjumpa. :(
    Saya simpan dulu artikelnya Teh..Tenyata khasiatnya begitu banyak. Thanks :)

    ReplyDelete
  12. waktu kecil saya malah membuat sebagai mainan masak-masakan mbak.. dijadikan mie-miean.. hehee ternyata manfaatnya banyak ya..

    ReplyDelete
  13. TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM ya mba mohon maaf kalau selama ini saya berbuat salah baik dari ucapan saya atau saya kurang sopan sama mba hihi:)

    ReplyDelete
  14. "Taqabbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian" Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H. Semoga diampuni segala kesalahan juga diterima amalan baik kita. Mohon maaf lahir batin..

    ReplyDelete
  15. Baru tau saya Teh, Tanaman Tali Putri itu ternyata bermanfaat untuk pengobatan ya Teh Santika.

    Saya Saud Karrysta beserta Keluarga serta seluruh sanak familly (crew karrysta) . Menghaturkan : Bila Salah Kata Terucap bila hati tergores sikap angkuhku akan dirimumu. Semoga pintu Maafmu selalu terbuka untuku, dengan perasaan dari hati yang tulus dan ikhlas membasuh kesalahan. Minal Aidhinn Walfaidzin id mubarak ( Mohon Maaf lahir batin) - (taqabalallahu minna wa minkum).

    ReplyDelete
  16. tali putri di daerahku sekarang sudah langka, selit menemukannya

    ReplyDelete
  17. dan masih banyak lagi diluara sana yang belum terdetek oleh kita. salam kenal mbak sangat bermanfaat dan mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  18. ternyata ada manfaatnya juga ya kirain seperti benalu :)

    ReplyDelete
  19. saya kok kurang tau teh sama tanaman ini.bahasa sundanya apa nih teh?

    ReplyDelete
  20. Biasanya Saya nyebutnya benang putri bukan tali. Gk nyanka ya, benalu juga bermanfaat

    ReplyDelete
  21. baru denger deh teh tanaman tali putri ini :) ternyata banyak khasiatnya ya ...

    ReplyDelete
  22. maaf nih mbak OOT, dari saya disini templatenya kok berantakan ya. entah yang laen

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tuh mas...itu karena loading jaringan anda tidak lengkap kali atau kompi anda bermasalah....

      Delete
    2. trus kenapa ke blog laen rapi seperti blog si mbah

      Delete
  23. kalau tanaman tali putri saya baru dengar kayaknya mbak. kalau putri malu saya tahu hehe

    ReplyDelete
  24. Aku sering kena batuk nih, harus mencobanya. Tapi kalau didaerahku namanya apa ya ? aku baru melihat gambarnya. Di daerahku kayaknya tidak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu banyak mas di mana-mana setau saya...kalau dikampung saya banyak tumbuh menjalar di pohon bonsai atau kaca piring. gak tau deh yang lainnya. namun sekarang memang jarang terlihat tumbuhan ini...kata orang kalau tumbuhan ini ada, berarti daerah itu subur dan panen akan melimpah...itu kepercayaan orang dulu mas....

      Delete
  25. alamak...saya dulu taunya hanya parasit dan tidak berguna sama sekali...kalau anak-anak tempat saya malah dibikin main jual-jualan mie ceritanya mbak....ehhh ternyata ada khasiatnya juga ya....memang ada aja yang baru di tempat teh santika ini mengenai tanaman berkhasiat....makasih teh ulasannya....

    ReplyDelete
  26. Apa kabar teteh?
    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

    Baru tau kalau tanaman parasit yang sering tumbuh di tanaman pagar ini bisa jadi obat juga.

    ReplyDelete
  27. Lahh ini mah jenis tumbuhan yang sering dijadikan untuk masak-masakan waktu kecil dulu teh.. Tapi tanaman tersebut sudah jarang ditemukan mungkin udah masuk dalam kategori tanaman yang langka :(

    ReplyDelete
  28. kok tampilannya beda gini ya teh??atau internet saya yang lemot?hehe

    ReplyDelete