Manfaat Khasiat Tanaman Tali Putri

Manfaat Khasiat Tanaman Tali Putri. Tali putri Cassytha filiformis L adalah tumbuhan parasit (benalu) yang mana sepanjang hidup tali putri ini sangat bergantung pada tumbuhan yang jadi inangnya atau yang ditumbuhi dan dihisapnya. Tumbuhnya hanya 4-10 cm saja dan terus merambat seperti mie yang kuning dan saling melilit. Pada tanaman yang dihinggapi tali putri daunnya lama kelamaan akan menguning dan mati. Menurut dr setiawan dalimartha, alat penghisap tanaman tali putri dapat digunakan untuk penyembuhan kanker.

Tali putri mempunyai nama daerah mas semasan (Madura), Sangga langit (Sunda), rumput putri, tali putri (sumatera), gumi guraci (Ternate). Sedangkan nama asingnya adalah cassytha (Inggris) dan wu ye teng (Cina). Nama sinonimnya adalah Casytha capilaris, dan Custuta australis R.Br.

Kandungan Tali Putri

Tali putri mengandung senyawa actinodaphine ,isoboldine, ocoteine, cassythine, lysicamine, laurotetanine, filiformine, cassameridine, cassyfiline, cassythidine, cassamedine, cathafiline, cathaformine, N-metilactinodaphine, cassyformine, dan predicentrine. Tali putri sejuk, bersifat manis, agak pahit, dan beracun. Anggota famili lauraceae ini mempunyai khasiat sebagai menghentikan darah (hemostatik), membersihkan darah, peluruh kencing, antiradang, dan penurun panas (antipiretik), batuk paru-paru karena panas, radang ginjal, kesulitan bersalin, cacingan, dan kanker.

Manfaat Khasiat Tanaman Tali Putri

Tali putri masuk meridian  ginjal dan hati.Seluruh bagian tanaman mempunyai manfaat dan mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit. Diantaranya,

Disentri

Sediakan 50 g herba segar, lalu cuci dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian biarkan sebentar sampai dingin, setelah itu saring ramuan dan diminum 2 kali sehari, setiap kali minum ramuan masing-masing 1/2 gelas.

Batuk, Sakit Kuning, dan susah BAB

Siapkan 60 g herba segar atau 30 g herba kering. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Biarkan hingga dingin, lalu ramuan disaring dan. diminum  2 kali sehari, setiap kali minum masing-masing 1/2 gelas.

Eksim dan Borok

Siapkan 50 g herba segar, kemudian rebus menggunakan 3 gelas air hingga masak sehingga tersisa 2 gelas. Lalu pakailah air rebusan ini untuk mencuci bagian yang sakit.

Kencing Darah

Siapkan 90 g herba segar, kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu rebus bahan dengan 4 gelas air sampai mendidih dan airnya terisisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan tambahkan guka merah secukupnya kedalam air rebusan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Catatan

  • Perempuan yang sedang hamil tidak dianjurkan meminum ramuan ini.
  • Jangan minum dengan dosis berlebihan, kandungan alkaloidnya dapat mengakibatkan kejang bahkan menimbulkan kematian.
  • Jika herba tumbuh pada tumbuhan yang beracun, seperti strophanthus divaricatus, gelsemium elegans, nerium indicum serta tanaman beracun lainnya, maka herba ini tidak boleh digunakan untuk pengobatan.

You Might Also Like:

Disqus Comments