Khasiat Bunga dan Akar Sedap Malam

Khasiat Bunga dan Akar Sedap Malam. Tanaman sedap malam termasuk ke dalam daftar salah satu jenis flora introduksi dari meksiko (Amerika) yang telah menyebar luas dan beradaptasi dengan baik didaerah beriklim panas (tropis). Di Indonesia, Tanaman ini bunganya sangat disenangi oleh masyarakat karena mampu menebar aroma wangi pada malam hari. Bunga sedap malam sangat bermanfaat untuk mengharumkan ruangan. Coba beri bunga sedap malam dalam vas pada sebuah ruangan. Maka seluruh ruangan akan beraroma wangi, bahkan bisa menembus ke ruang-ruang lain disekitarnya. Bahkah tanaman sedap malam dimanfaatkan sebagai bunga potong, keharumannya dapat bertahan dalam waktu 5-10 hari Tanaman sedap malam ini cocok dikembangkan di daerah dataran menengah sampai tinggi (pegunungan).

Nama lain tanaman sedap malam adalah sedep malem, sundel malam, trauna malam (Melayu). sondhel malem (madura), dan rasa malang (sulawesi). Sedangkan nama asingnya adalah yek lai siang (T), tuberoos (B), tuberose (I), Azulena (F), dan baston de san jose (S). Adapun bahasa latinnya yang terkenal adalah Polianthes tuberosa Linn. Bunga sedap malam biasa dimanfaatkan pada pesta-pesta hajatan, upacara sakral, dan sebagai bunga potong atau bunga tabur.

Tanaman sedap malam manfaat lainnya adalah mengandung sapogenin dan berasa manis, sejuk, dan sedikit tawar. Berkhasiat menurunkan panas (antipiretik) dan menghilangkan bengkak.



Bagian yang digunakan untuk pengobatan dari Tanaman sedap malam adalah bunga dan akarnya, diantaranya:

Bunga sedap malam berkhasiat mengatasi sakit kepala, pusing, menenangkan hati dan pikiran, pandangan kabur, rabun mata, susah tidur, penambah darah, meningkatkan stamina, melancarkan ASI, pegal linu dan lain-lain.

Sedangkan akar tanaman sedap malam mampu mengatasi influenza, radang tenggorokan, rematik, bisul, bengkak, dan lain-lain.

Pemakaian luar, bunga dicuci dan direbus lalu airnya dipakai untuk mencuci mata yang sakit atau, akar setelah dibersihkan ditumbuk halus lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
Pemakaian dalam, 5-20 kuntum bunga atau 15-30 gram akar, direbus lalu airnya diminum.

Manfaat dan Khasiat Bunga dan Akar Sedap Malam


Mencegah Katarak dan Radang Mata
Rebus dengan 1500 cc air  kira-kira 50 kuntum bunga sedap malam sampai mendidih, kemudian dipakai membasuh mata.

Mengatasi Bisul dan Bengkak
Sediakan akar dan bunga sedap malam secukupnya, lalu cuci hingga bersih. setelah itu ditumbuk halus dan tempelkan pada bagian yang sakit.

Insomnia, penambah darah dan sering kaget
Siapkan 30 kuntum bunga sedap malam,  1-2 buah hati ayam. Lalu berilah bumbu jahe 10 g, merica, dan garam secukupnya. Lalu tambahkan juga 4 siung bawang merah dan 2 siung bawang putih. Kemudian semua bahan tersebut ditumis dan digoreng dengan tepung topioka yang sudah encer. Setelah matang silahkan dimakan.

Meningkatkan Stamina
Siapkan 50 kuntum bunga sedap malam, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 10 g jahe, 100 g udang, 1 butir telur ayam dan 50 g kacang kapri. Semua bahan tersebut ditumis dan digoreng dengan minyak non kolesterol. Tambahkan tepung maizena secukupnya dan goreng matang lalu disantap. Kunjungi juga Makanan Sehat Alami Penambah Stamina

Mempertajam Penglihatan
Sediakan 30 kuntum bunga sedap malam, 1 butir telur ayam, 75 g wortel, 100 g daging ayam, 70 g kacang kapri, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 10 g jahe, kecap dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut ditumis dan digoreng dengan minyak non kolesterol, digoreng hingga matang lalu disantap.

Mengatasi Influenza
Sediakan 20 g akar sedap malam, 2 batang daun bawang putih, 15 g jahe disrebus dengan air 600 cc hingga tersisa setengahnya, lalu minum 150 cc pagi dan sore. Cara lain untuk mengatasi influenza silahkan kunjungi 7 Ramuan Tradisional Mengobati Influenza

Mengatasi Rematik
30 g akar sedap malam, jahe merah 20 g, dan tambahkan gula mereah secukupnya. Direbus dengan 400 cc air smapi mendidih lalu minum 2 kali sehari. Baca juga Obat tradisional atasi rematik

Disqus Comments