Khasiat Buah dan Daun Sukun

Khasiat Buah dan Daun Sukun. Sukun (Artocarpus altilis) tergolong tanaman tropik, dapat tumbuh di dataran rendah yang beriklim panas, ataupun dataran tinggi dan juga pada daerah lainnya karena daya adaptasinya yang tinggi. Tinggi tanaman sukun dewasa dapat mencapai 30 meter dengan tajuk menyerupai piramida. Daun sukun berbentuk oval dengan ujung runcing berukuran 30-60 cm dengan warna hijau tua mengkilap sedangkan daun bagian bawah berwarna hijau pucat. Umumnya buah sukun berbentuk bulat, namun sebagian ada yang sedikit lonjong dengan permukaan kulit hijau muda kekuningan berduri seperti nangka ataupun durian. Tapi ada juga yang berkulit halus dengan rasa agak manis beraroma yang spesifik.

Keberadaan sukun di Indonesia kini sudah tersebar luas diberbagai daerah. Hampir semua masarakat mengenal tanaman sukun. Hal ini terbukti dari penamaan tanaman sukun dengan istilah yang cukup beragam. Berikut nama daerah yang sering digunakan di Indonesia

Sukun (Aceh, Jawa, Sunda), hatopul (Batak), suku (Nias). Jawa, Madura : sukun. Nusa Tenggara : sukun (Bali), pulur (Sasak), karara (Bima, Sawu, Sumba, dan Flores), naunu, naun laku (Timor), suune (Ambon), amo (Ternate), kamandi, urknem, dan beitu (Papua). Sedangkan nama asing dari buah sukun ini adalah : breadfruit (Inggris), arbol de pan, fruit a fan (Francis), fruta pao, pao de massa (Portugis), brotfruchtbaum (Jerman), dan broodvruct, broodboom (Belanda).


Kandungan Buah Sukun


Komposisi SukunMuda SukunTua
Energi 46  108
Air 87,1 g   69,3 g
Protein  2,0  g     1,3g
Lemak  0,7  g      0,3 g
Karbohidrat  9,2  g   28,2 g
Serat  2,2  g     -
Abu  1,0  g     0,9 g
Kalsium 59   g   21    g
Fosfor 46   g   59    g
Besi       -     0,4 g
Vitamin B1   0,12 mg    0,12mg
Vitamin B2   0,06 mg    0,06mg
Vitamin  C 21      mg 17      mg



Khasiat Sukun 


Tanaman sukun sejak lama digunakan sebagai tanaman obat tradisional oleh masyarakat pedesaan. Umumnya , masyarakat menggunakan daun sukun untuk mengobati penyakit liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, jantung, dan ginjal. Selain itu daun sukun juga dapat digunakan sebagai ramuan obat gosok untuk kulit yang bengkak dengan cara membakarnya. Kemudian abu hasil pembakaran dicampur minyak kelapa dan kunyit. Selain itu masyarakat ambon memanfaatkan kulit batang sukun untuk obat mencairkan darah bagi wanita yang telah melahirkan.


Contoh Pemakaian Tanaman Sukun Sebagai Obat

Jantung
Cuci bersih Daun Sukun yang sudah tua secukupnya, lalu jemur sampai kering dengan sinar matahari pagi. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 2 gelas, lalu saring dan minum setiap pagi

Asam Urat
Satu genggam daun sukun kering. kemudian diseduh dengan satu gelas air mendidih. tambahkan gula batu atau madu kedalamnya, setelah dingin saring dan minum setiap hari.

Kolesterol
Seduh segenggam daun sukun kering dengan air mendidih, lalu tambahkan bangle secukupnya. Setelah dingin saring dan diminum setiap hari secara teratur.

Ginjal
Satu genggam daun sukun direbus dengan air sampai mendidih. Kemudian biarkan beberapa saat. Setelah dingin dapat diminum sebagaimana minum teh. Lakukan setiap hari sehingga ada peningkatan dalam kesehatan.

Disqus Comments