Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Solusi Mengatasi Rambut Rontok. Rambut rontok dan menimbulkan kebotakan adalah hal yang paling ditakuti oleh semua orang apalagi perempuan. Namun, kerontokan rambut sebenarnya adalah suatu hal yang normal, karena rambut mempunyai siklus hidup, dimana pada fase akhirnya, rambut akan rontok. Untuk kemudian tumbuh lagi ditempat yang sama, dengan syarat akar rambutnya masih hidup.Siklus hidup rambut ada tiga tahapan, yaitu :

Fase Anagen (pertumbuhan)
Pada fase ini terjadi pembentukan dan perkembangan akar rambut. Ini merupakan fase yang paling penting, dimana rambut tumbuh 1-1.5 cm setiap bulannya. Fase ini terjadi antara 2-6 tahun.

Fase Ketagen 
Pada fase ini rambut mengalami penebalan dan terdorong kepermukaan, lamanya kurang lebih 3 minggu.

Fase Dormantelogen
Rambut mengalami kerontokan dan akan digantikan oleh rambut yang baru ditempat yang sama. Fase ini terjadi kira-kira 3 bulan.


Kerontokan rambut perlu diwaspadai jika jumlah rambut yang rontok lebih dari 100 helai dalam sehari. Masalah kerontokan rambut ini bisa dialami oleh pria maupun wanita.


Penyebab Kerontokan Rambut


Kerontokan rambut tidak normal dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain
  1. Gaya hidup.
  2. Stres dan polusi.
  3. Perubahan hormonal.
  4. Diet yang terlalu ketat.
  5. konsumsi obat-obatan.
  6. kosmetika kimia rambut.

Solusi Medis

Untuk mengatasi masalah rambut rontok ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain
  • Memakai perawatan rambut yang berbahan dasar alami dan aman, serta tidak mengandung silikon sehingga tidak menutupu akar rambut.
  • Jaga diet dan gaya hidup yang seimbang sehingga kebutuhan nutrisi rambut dapat terpenuhi. Nutrisi yang menunjang untuk kesehatan rambut adalah yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta selenium.
  • Jika melakukan proses kimia seperti dicat atau rebonding lakukanperawatan creambath yang teratur.
  • Menghindari stres dan polusi.

Solusi Herbal

Minyak Herbal
Sediakan 200 ml minyak VCO, 1/2 sdt serbuk daun pegagan, 1 sdt serbuk daun mangkokan, 5 kuntum bunga kenanga dihaluskan.
Campur semua bahan jadi satu, biarkan semalaman agar ramuan  herbal menyatu dengan VCO. Lalu ratakan keseluruh kulit kepala pada malam hari menjelang tidur.

Penyubur rambut
Cuci bersih 1 helai daun lidah buaya. Lalu belah memanjang jadi dua. Gunakan jeli lidah buaya untuk creambath, bungkus dengan handuk hangat kurang lebih setengah jam lalu keramas dengan sampo herbal. Lakukan seminggu 2 hingga 3 kali.


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Solusi Mengatasi Rambut Rontok"

  1. saya sudah sampek capek bu..mengatasi rambut saya yang rontok..tapi mudah2an dengan tips diatas saya bisa mengatasi rambut saya yang rontok..

    ReplyDelete
  2. Rambut saya juga rontok, kata temen saya sih, karena kebanyakan mikir hehe.. dan ada juga yang bilang sering gonta-ganti shampo :D

    ReplyDelete
  3. Boleh dipraktikkan ni..Biar rambut kekal subur :)

    ReplyDelete
  4. gimana ya, kalau saya mah rambut rontok bisa otomatis sehat ngga rontok lagi kalau dompet isinya luber...masa begitu ya?

    ReplyDelete