Semakin Sehat dengan Puasa Ramadhan

Semakin Sehat dengan Puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan adalah shaum atau puasa selama bulan ramadhan sebulan penuh dan tidak boleh terhalang satu haripun untuk batal (tidak berpuasa) secara sengaja dibulan tersebut, kecuali ada udzur (sakit), safar sesuai dengan ketentuan untuk meninggalkannya. Banyak sekali keutamaan dibulan Ramadhan seperti dilipatkannya pahala kebajikan jika dilakukan dibulan tersebut dan dimudahkannya menjalankan kebajikan. serta disehatkannya badan kita jika melaksanakan ibadah puasa.

Puasa ramadhan itu bukanlah suatu beban bagi kaum muslimin, justru suatu berkah yang tidak didapati dibulan lainnya, karena tersimpan banyaknya keutamaan didalam bulan ramadhan, seperti berlipatnya pahala dan dimudahkan menjalaninya, serta disehatkan ketika melaksanakan ibadah puasa. Berikut beberapa keutamaan puasa ditinjau dari segi kesehatan. Diantaranya :


Semakin Sehat dengan Puasa Ramadhan


Menurunkan berat badan
Puasa dipastikan dapat menurunkan berat badan, kenapa? karena ketika berpuasa, kita mendapatkan energi yang lebih kecil dari kebutuhan energi tubuh yang bersifat segera. Akibatnya, tubuh harus menggunakan simpanan energi untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut, sehingga berat badan berkurang selama 1 bulan berpuasa. Nah bagi Anda yang mempunyai masalah kelebihan berat badan, puasa Ramadhan adalah cara yang paling jitu untuk menurunkan berat, selain dapat menurunkan berat juga mendapat pahala.

Puasa Mengurangi Risiko Stroke
Berdasarkan penelitian, aktifitas berpuasa dapat menyebabkan peningkatan HDL (high-density lipoprotein) atau lemak baik, dan penurunan LDL (low-density lipoprotein). LDL adalah lipoprotein yang merusak tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah
Jika anda memiliki tekanan darah tinggi sampai sedang, puasa dapat membantu penurunan tekanan darah. Hal ini karena disaat puasa kita mengurangi makanan yang masuk kedalam tubuh, sehingg jumlah garam yang kita konsumsi juga berkurang. Namun tetap disarankan untuyk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dalam menyesuaikan pemberian obat.

Membentuk Sel-sel Baru
Proses pembentukan sel-sel baru dinamakan detoksifikasi. Detoksifikasi merupakan proses yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh manusia. Dalam biomekanisme protektif, toksin (racun) dalam tubuh manusia disimpan bersama lemak. Ketika terjadi katabolisme (proses pembongkaran sel) toksin-toksin dikeluarkan kedalam aliran darah bersama dengan penggunaan lemak tubuh sebagai sumber energi. Ketika kita berpuasa, tubuh akan terus menggunakan lemak-lemak yang sudah menumpuk sekaligus mengeluarkan toksin dalam lemak tersebut ke aliran darah.

Mencegah Penyakit Psikiatri atau Mental
Selama berpuasa kita diharuskan untuk menahan marah dan sikap-sikap negatif lainnya. Marah dan sikap negatif dapat menyebabkan gangguan kejiwaan. Menurut ilmu kedokteran, ketika kita marah terjadi rangkaian refleks simpatis, yaitu peningkatan hormon katekolamin (adrenalin) dalam darah. Hormon katekolamin ini akan menimbulkan sikap siaga yang dapat dirasakan dari terpacunya denyut jantung, otot-otot menegang, tekanan darah meningkat, keringat dingin, dan pembuluh darah diotot melebar. Dalam kondisi ini pembuluh darah viselar (dalam organ) menyempit, nafas cepat, dan mata dalam keadaan akomodasi penuh. Jika kondisi ini dibiarkan lama tentu akan berbahaya bagi kesehatan.

Memperlambat Masa Penuaan
Proses penuaan dapat diperlambat dengan pengurangan asupan kalori dalam tubuh. Selain itu, proses penuaan juga dapat dihindari dengan pengendalian amarah saat berpuasa.

Memperbaiki Keluhan Maag
Puasa dapat memperbaiki keluhan maag yang tidak akut. Jika Anda mengalami gejala maag, maka dengan berpuasa kita akan dibiasakan makan tepat waktu saat sahur dan saat berbuka, sehingga tidak akan ada keterlambatan makan. Jadwal makanpun menjadi teratur, Anda dapat menggunakan obat maag sebelum makan jika perlu.

Dengan segudang manfaat kesehatan berpuasa ditambah pahala yang sangat besar dan tiada duanya, maka patutlah bersyukur bagi kaum muslimin dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan.  dan dengan ini saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan. Semoga Allah memberikan kemudahan dalam menjalaninya, Aamiin..

Disqus Comments