Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya

Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya. Rambut mempunyai fungsi biologis yang bermanfaat. Rambut kepala melindungi kulit kepala dari panas dan penguapan yang berlebihan. Bulu mata berperan sebagai barikade untuk melindungi mata dari pengaruh luar. Rambut alis mencegah keringat sampai langsung kemata. Bulu hidung menahan mikroorganisme masuk ke saluran nafas. Fungsi rambut lainnya adalah menyebarkan produk kelenjar keringat sehingga membasahi dan menjaga kelembaban kulit.

Rambut adalah salah satu bagian terpenting bagi wanita. Rambut rontok, ketombe, atau bulu-bulu yang tumbuh ditempat yang tidak di inginkan kadang menjadi masalah berat bagi wanita. Faktor apa sajakah yang bisa merusak keindahan rambut? Berikut Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya :

Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya


Rambut Rontok

Sekitar 85% rambut kepala berada dalam fase pertumbuhan aktif, 1% fase transisi, dan 14% fase istirahat. Secara alamiah rambut akan rontok saat masuk fase istirahat. Kerontokan rambut, yang akhitnya bisa menyebabkan kebotakan, dapat terjadi pada pria dan wanita. Hal ini karena pengaruh hormon androgen pada orang yang secara genetik sensitif terpengaruh hormon tersebut. Kebotakan sering muncul pada usia 30 tahun. Biasanya kerontokan rambut dimulai didaerah pelipis atau mahkota dan akhirnya rambut yang tersisa ditepi dan belakang kepala. Baca ! Solusi mengatasi rambut rontok

Ketombe

Ketombe terjadi pada kepala secara alamiah. Kulit yang mati memang akan mengelupas sendiri, tapi jumlahnya sedikit. Pada individu tertentu, pengelupasan ini terjadi secara cepat dan terus menerus. Akibatnya terjadi penumpukan kulit yang mati dan terlihat sebagai serpihan berwarna putih abu-abu.

Ketombe bisa saja merupakan gejala dari penyakit kulit lain seperti dermatitis seboroik, psoriastis, atau infeksi jamur. Kekurangan mineral seng juga dapat menimbulkan ketombe. Silahkan kunjungi Cara tradisional hilangkan ketombe

Rambut yang Tidak  di Inginkan

Sering terdapat rambut-rambut didaerah tertentu yang tidak diinginkan, seperti wajah, ketiak, atau kaki. Rambut-rambut tersebut biasanya disingkirkan karena menggangu penampilan. Terlebih lagi jika yang tumbuh rambut itu diwajah berubah menjadi hitam dan tebal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena dikhawatirkan terjadi ganggua hormonal. Beragam cara dapat dilakukan untuk menyingkirkan rambut atau bulu yang tak di inginkan  Diantara solusinya :

  • Waxing. Waxing adalah satu tekhnik pencabutan rambut dengan menggunakan sejenis lem lilin. Mula-mula daerah yang akan di hilangkan rambutnya itu dibersihkan dulu lalu diberi lotion, kemudian lem wak dioleskan menggunakan spatula sampai melekat, setelah itu lem ditarik secara cepat dari arah yang berlawanan. Teknik waxing ini dapat bertahan 3-8 minggu. Efek sampingnya antara lain nyeri, kulit kemerhan sampai radang.
  • Bercukur. Bercukur adalah cara yang mudah dan murah untuk menghilangkan rambut yang tidak di inginkan. Namun jika tak hati-hati dapat menjadikan luka dan infeksi. selain itu hasilnya tidak permanen 2-3 hari rambut akan tumbuh kembali.
  • Elektrolisis. Elektrolisis dillakukan dengan cara memasukan logam ukuran kecil kedalam kulit untuk menghancurkan akar rambut. Cara ini cukup permanen, namun mahal dan perlu diulang untuk hasil yang maksimal.
  • Laser. Laser yang digunakan adalah IPL (Intense Pulse Light) yang mampu menembus kulit serta merusak rambut. Hasinya bertahan sampai 3 bulan. Efek samping yang dapat muncul antara lain nyeri, iritasi kulit, kulit kemerahan atau kehitaman, dan pada orang yang bakat keloid dapat terjadi jaringan parut.


Cara untuk menghilangkan rambut untuk menghadirkan penampilan yang di inginkan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terpercaya.


Disqus Comments