Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya

Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya. Rambut mempunyai fungsi biologis yang bermanfaat. Rambut kepala melindungi kulit kepala dari panas dan penguapan yang berlebihan. Bulu mata berperan sebagai barikade untuk melindungi mata dari pengaruh luar. Rambut alis mencegah keringat sampai langsung kemata. Bulu hidung menahan mikroorganisme masuk ke saluran nafas. Fungsi rambut lainnya adalah menyebarkan produk kelenjar keringat sehingga membasahi dan menjaga kelembaban kulit.

Rambut adalah salah satu bagian terpenting bagi wanita. Rambut rontok, ketombe, atau bulu-bulu yang tumbuh ditempat yang tidak di inginkan kadang menjadi masalah berat bagi wanita. Faktor apa sajakah yang bisa merusak keindahan rambut? Berikut Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya :

Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya


Rambut Rontok

Sekitar 85% rambut kepala berada dalam fase pertumbuhan aktif, 1% fase transisi, dan 14% fase istirahat. Secara alamiah rambut akan rontok saat masuk fase istirahat. Kerontokan rambut, yang akhitnya bisa menyebabkan kebotakan, dapat terjadi pada pria dan wanita. Hal ini karena pengaruh hormon androgen pada orang yang secara genetik sensitif terpengaruh hormon tersebut. Kebotakan sering muncul pada usia 30 tahun. Biasanya kerontokan rambut dimulai didaerah pelipis atau mahkota dan akhirnya rambut yang tersisa ditepi dan belakang kepala. Baca ! Solusi mengatasi rambut rontok

Ketombe

Ketombe terjadi pada kepala secara alamiah. Kulit yang mati memang akan mengelupas sendiri, tapi jumlahnya sedikit. Pada individu tertentu, pengelupasan ini terjadi secara cepat dan terus menerus. Akibatnya terjadi penumpukan kulit yang mati dan terlihat sebagai serpihan berwarna putih abu-abu.

Ketombe bisa saja merupakan gejala dari penyakit kulit lain seperti dermatitis seboroik, psoriastis, atau infeksi jamur. Kekurangan mineral seng juga dapat menimbulkan ketombe. Silahkan kunjungi Cara tradisional hilangkan ketombe

Rambut yang Tidak  di Inginkan

Sering terdapat rambut-rambut didaerah tertentu yang tidak diinginkan, seperti wajah, ketiak, atau kaki. Rambut-rambut tersebut biasanya disingkirkan karena menggangu penampilan. Terlebih lagi jika yang tumbuh rambut itu diwajah berubah menjadi hitam dan tebal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena dikhawatirkan terjadi ganggua hormonal. Beragam cara dapat dilakukan untuk menyingkirkan rambut atau bulu yang tak di inginkan  Diantara solusinya :

  • Waxing. Waxing adalah satu tekhnik pencabutan rambut dengan menggunakan sejenis lem lilin. Mula-mula daerah yang akan di hilangkan rambutnya itu dibersihkan dulu lalu diberi lotion, kemudian lem wak dioleskan menggunakan spatula sampai melekat, setelah itu lem ditarik secara cepat dari arah yang berlawanan. Teknik waxing ini dapat bertahan 3-8 minggu. Efek sampingnya antara lain nyeri, kulit kemerhan sampai radang.
  • Bercukur. Bercukur adalah cara yang mudah dan murah untuk menghilangkan rambut yang tidak di inginkan. Namun jika tak hati-hati dapat menjadikan luka dan infeksi. selain itu hasilnya tidak permanen 2-3 hari rambut akan tumbuh kembali.
  • Elektrolisis. Elektrolisis dillakukan dengan cara memasukan logam ukuran kecil kedalam kulit untuk menghancurkan akar rambut. Cara ini cukup permanen, namun mahal dan perlu diulang untuk hasil yang maksimal.
  • Laser. Laser yang digunakan adalah IPL (Intense Pulse Light) yang mampu menembus kulit serta merusak rambut. Hasinya bertahan sampai 3 bulan. Efek samping yang dapat muncul antara lain nyeri, iritasi kulit, kulit kemerahan atau kehitaman, dan pada orang yang bakat keloid dapat terjadi jaringan parut.


Cara untuk menghilangkan rambut untuk menghadirkan penampilan yang di inginkan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terpercaya.


Subscribe to receive free email updates:

47 Responses to "Macam-macam Masalah pada Rambut dan Solusinya"

  1. yg paling sering itu rambut rontok dan ketombe. itu penyakit yg paling tidak disenangi

    oh ya itu di laser, sakit kali yah huuhhhhh

    ReplyDelete
  2. Masalah rambut aku saat ini adalah ketombe teh, sudah pakai shampo dari jenis A-Z aku coba hadeeeh kalau sudah pusing pergi ke salon saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau solusinya ada diartikel saya mba hehe

      Delete
    2. nah itu poinnya, gak perlu dateng ke klinik tong fang segala lah :D

      Delete
  3. rambut aku rontok teh tapi engga rontok banget sih cuma 5 lembar lah yang jatoh hehehe aku suka pakai lidah buaya teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 lembar itu ga rontok atuh, apalagi pake lidah buaya

      Delete
    2. tapi buat aku walaupun cuma 5 lembar tetap rontok teh :( atau karena rambut aku terlalu panjang ya teh jadi rontok soalnya rambut aku panjangnya setengah meter lebih sedikit lah .. mungkin efek dari itu kali ya teh?

      Delete
  4. Masalah rambut terjadi terkadang sepele yaitu salah memilih shampoo. Kalo aku sering terkena ketombe karena malas keramas sie, hehehe

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah sampai sekarang rambut saya masih lebat dan berkilau belum ada masalah, semoga sepanjang hidup akan terus seperti sekarang.
    jadi ilmu tentang masalah rambut dan solusinya sebatas jadi pengetahuan deh nih.
    aaamiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah juga, rambutku juga semakin lembut dan halus.

      Delete
    2. iya ya, mang lembu dan mas djangkaru berambut bagus toh

      Delete
  6. Kalau ngomongin soal rambut, terasa jadi tersingung nih. Maklum, kerontokan yang mulai terjadi. Masih muda tapi rambut mulai menipis. Kurang hormon kali aku ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus di tes dulu mas, banyak faktor yang membuat rambut rontok, mungkin saja mas djangkaru rambutnya lebat ke bawah (dagu)

      Delete
  7. kalau rambutku tuh kering.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kasih air biar basah hehe.. trims ya

      Delete
    2. sekalian nyemplung aja ke kolam pasti basah kuyup deh :D

      Delete
  8. ketombe itu bikin kesal apalagi kalau lagi naik motor tiba tiba kepala gatal astagfirullah kesalnya minta ampun

    ReplyDelete
  9. kerontokan tuh yg paling sering terjadi pada rambut saya teh.
    terutama bila baru ganti shampo.
    hadeuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai shampo herbal mas.. moga ga rontok lagi

      Delete
  10. kalau teteh punya masalah kayak gitu nggak ya?
    soalnya kan pake kerudung terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin teh santika tidak mempunyai masalah kaya gini mas pada rambutnya hehehe rambut teh santika selalu sehat ya teh? hihihihi

      Delete
    2. kerudung saya sakti.. dan rambut saya terlalu lebat xixi

      Delete
    3. boleh dong teh rambut nya di bagi ke aku sedikit :D

      Delete
  11. kalo saya sendiri yg selalu jadi masalah adalah KETOMBE teh hehehe, makanya saya sering potong pendek biar mudah di keramas...

    ReplyDelete
  12. Ketombe selalu juga menjadi masalah..harus guna shampoo yang sesuai.
    Yang penting bukan kutu kepala...hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali kak, cari shampo yang cocok buat kepala..

      Delete
  13. Katanya keseringan keramas juga bisa menghilangkan minyak alami rambut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keseringan bukan hanya rambut mas, kulit kepala juga menjadi kering..

      Delete
  14. kalo saya mah rambutnya pendek teh,biar sopan.biar kepake calon mertua :D
    jadi jarang rontok,tapi aneh ya ketombe masih ada hadeuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooy yang mau merit xixi.. rapiin rambut yah..

      Delete
    2. koq saya blom dapet undangannya teh

      Delete
  15. Wakhirnya dapat info ini.
    kebetulan lagi bermasalah dengan rambut!
    Terima kasih Teh Santika :D

    ReplyDelete
  16. Rambut saya juga suka rontok dan berketombe teh, saking jengkelnya sama ketombe yang cepet membuat rambut saya lepek ampe akhirnya setiap hari saya mah shampoan mulu, sehari gak shampoan aja rasanya rambut dah lengket gitu....

    ReplyDelete