Macam-macam Masalah Kulit

Macam-macam Masalah Kulit. Kulit adalah bagian yang paling luar dari tubuh serta banyak sekali komponen yang terlibat, Kulit mengalami beberapa potensi dalam berbagai masalah. Beberapa masalah kulit yang sering dialami oleh seseorang sangat bervariasi dan semuanya berdampak pada gangguan keelokan kulit itu sendiri. Berikut Macam-macam Masalah Kulit, diantaranya :

Jerawat

Gangguan kulit ini sering dialami oleh remaja dan dewasa usia muda. Pada remaja putra, munculnya jerawat dipengaruhi oleh hormon androgen. Adapun pada remaja putri, jerawat sering dikaitkan dengan kosmetik yang berbahan dasar minyak. Jerawat terjadi karena sebum yang dihasilkan kelenjar minyak kulit "beraksi" terhadap bakteri flora normal kulit sehingga mengentak dan menyumbat saluran keluar kelenjar. Baca Cara menghilangkan jerawat secara alami

Flek

Flek atau bercak hitam pada wajah terjadi karena peningkatan aktifitas sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin. Faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan pembentukan flek antara lain sinar ultra violet, kehamilan, genetik, hormon estrogen, dan progesteron, obat-obat seperti obat anti malaria klorokuin, obat antiepilepsi, dan obat kontrasepsi. Flek dapat dikurangi dengan menghindari faktor-faktor tersebut. Kunjungi juga Cara menghilangkan Flek hitam

Bintik Hitam (Keratosis)

Bintik-bintik hitam kecoklatan disebut juga keratosis seboroik. Biasanya, keratosis sedikit mencembung dipermukaan kulit dengan ukuran bervariasi. Keratosis bukanlah gangguan pigmen, melainkan sejenis tumor jinak kulit yang tidak berbahaya. Namun bagi beberapa orang, keratosis ini mengganggu penampilan.

Kerutan

Kerutan kulit atau keriput terjadi karena elastisitas dan jaringan kolagen yang berkurang. Kerutan dapat muncul karena proses penuaan yang alami atau kena pengaruh faktor eksternal, seperti paparan sinar matahari, rokok, suhu, dan kelembaban. Untuk mengatasinya silahkan kunjungi artikel Hilangkan Keriput dengan Kulit Buah-buahan

Keloid

Keloid adalah pertumbuhan jaringan parut kulit yang berlebihan saat proses penyembuhan luka. Umumnya pertumbuhan kulit akan terhenti jika kulit yang luka atau terbuka sudah menyatu. Namun pada orang dengan "bakat" keloid, kulit baru tumbuh melebihi batas luka sehingga tampak menonjol dengan warna coklat kemerahan.

Alergi

Alergi merupakan reaksi penolakan tubuh terhadap sesuatu. Gejala alergi yang biasanya muncul antara lain kulit memerah, gatal dan perih. Alergi dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain makan, obat, dan kosmetik. Atasi alegi pada kulit dengan cara tradisional yang sudah dituangkan dalam tulisan Disini

Infeksi Jamur

Infeksi jamur merupakan infeksi kulit yang sering dijumpai pada iklim kita. Penyakit ini sering di asosiasikan dengan tingkat kebersihan seseorang. Namun sesungguhnya penyakit ini sering dialami penduduk Indonesia. Iklim Indonesia yang tropis, panas, dan tingkat kelembaban tinggi, membuat orang mudah berkeringat, sehingga jamur seperti panu, kadas dan kutu air mudah melekat.

Luka Bakar

Luka bakar terjadi krena trauma oleh panas, baik yang berasal dari api, listrik, air mendidih, bahan kimia, maupun radiasi. Parah atau tidaknya luka bakar bergantung pada luas dan kedalaman kulit yang terkena. Bila panas hanya mengenai epidermis, kulit mungkin hanya memerah, tidak melepuh dan bekas luka cepat menghilang. Namun bila panas mengenai bagian dermis, kulit dapat melepuh dan terisi cairan. Sedangkan proses penyembuhan luka bakar bisa mencapai dua minggu bahkan lebih.

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Macam-macam Masalah Kulit"

  1. teh saya sering liat orang yang kulitnya bekas luka bakar gitu belang belang, apa bisa kembali lagi kulitnya seperti semula teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dalamnya jenis luka bakarnya mas.. sebahagian kecil saja yang bisa sembuh, itupun dengan tanda noda bekasnya..

      Delete
  2. yang sering terjadi pada setiap wanita pasti, jerawat sama keriput .. padahalkan semua wanita juga pernah mengalaminya, apalagi keriput, pasti akan mengalaminya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba.. aku termasuk takut keriput hihi..

      Delete
  3. kalau saya amati pada setiap orang / wanita, pasti yang sering di alaminya itu jerawat sama kerutan, pasti kalau udah gitu bakalan nyari cara agar bisa keliatan bersih lagi :) *nyambung ga?* hehe

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak juga ya macam2 masalah kulit,
    kalo aku sering banget kena flek sama jerawat, kaya nya salah penggunaan kosemetik

    ReplyDelete
  5. Jamur tuh, sering nyerang di leher ibu2 yang suka pakai kerudung atau tinggal di lingkungan lembab

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya iya mas cipto, aku berkerudung tapi terawat hehe

      Delete
  6. kalau saya masalah pada kulit adalah terkelupasnya kulit wajah kalau kebanyakan kena sinar matahari. saya juga sempat bingung, karena saya kerjanya diluar alias di lapangan terus mbak. tapi sudah bisa teratasi dengan masker kulit pisang yang saya baca pada artikel
    http://tehsantika.blogspot.com/2015/01/macam-macam-masker-wajah-alami.html

    makasih ya atas ilmunya mbak...salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadeuuh mbaaah makasih banget, sampai segitunya hehe

      Delete
  7. Aku yang jamur deh kayaknya

    ReplyDelete
  8. Yang paling ditakutin wanita pasti kerutan....xiixiixxi

    ReplyDelete