Khasiat Kandungan Lengkuas

Khasiat Kandungan Lengkuas. Lengkuas, laja atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis umbi-umbian. Rimpang lengkuas atau laja dan laos sangatlah bermanfaat dan sudah sering digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia, dimulai dari sayur asem sampai berbagai jenis gulai berbumbu santan gurih. Kemudian selain rimpang lengkuas yang bermanfaat, tunas samping lengkuas yang masih muda (umbut) juga sering dikonsumsi sebagai lalapan setelah dikukus terlebih dahulu. Kuncup-kuncup bunga lengkuas yang sudah mulai mekar juga dapat dimanfaatkan sebagai lalapan.

Khasiat Kandungan Lengkuas

Lengkuas mengandung minyak asiri, flavonoida saponin dan tanin. Selain itu lengkuas juga menyimpan kandungan zat aktif galangan,  eugenol, basonin, dan galangol. Hasil penelitian menemukan bahwa lengkuas mengandung senyawa terpenoid, fenol, dan flavonoid yang sering digunakan sebagai bahan dasar obat modern.

Efek farmakologis lengkuas berasal dari kandunga Basonin yang dapat merangsang semangat. Eugenol, mencegah ejakulasi prematur, membasmi jamur candica albicans, bersifat anti kejang, analgetik, anestetik, dan sedatif. Galangan mengatasi lelah bersifat antimutagenik, menghambat enzim siklo-oksigenase dan lipoksogenase. Galangol, merangsang semangat, dan menghangatkan tubuh.


Khasiat Kandungan Lengkuas
Dalam pengobatan tradisional Cina, lengkuas dikatakan memiliki sifat anti jamur dan anti kembung. Lengkuas adalah obat mujarab untuk membasmi jamur kulit. Lengkuas juga dapat menghambat mikroba pembusuk dan mengawetkan makanan. sifat anti mikroba berasal dari kandungan minyak asiri sehingga lengkuas berfungsi sebagai bekterisida (pembunuh bakteri), bakteristatis (penghambat pembiakan bakteri), fungisida(membunuh jamur), dan garmisida (penghambat spora bakteri). Adapun khasiat lengkuas untuk pengobatan adalah :

Silahkan kunjungi..!!
Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Jahe
Manfaat dan Khasiat Temu Putih

Khasiat Lengkuas

Mengobati Sakit Kulit
Kudis, koreng dan borok dapat diobati dengan lengkuas. Tumbuklah rimpang lengkuas dan bawang putih sampai halus seperti bubur. Perbandingannya satu bagian lengkuas dan empat bagian bawang putih. Tempelkan ramuan ini kebagian kulit yang sakit setelah dibersihkan terlebih dahulu. Untuk mengobati penyakit kurap yang sudaj menahun dapat ditambahkan cuka . Untuk mengobati panu lengkuas segar dicacah sampai seratnya timbul lalu diberi sedikit cuka dan digunakan untuk menggosok kulit tang berpanu.

Memperlancar Saluran Kemih
Siapkan rimpang lengkuas yang masih segar. Iris-iris rimpang tersebut kecil-kecil dan rendam dalam larutan alkohol. Gosokan cairan ini kebagian perut. Ramuan tersebut bisa juga sebagai penghangat badab juga obat gosok.

Ramuan Pasca Bersalin
Cuci 3 ibu jari lengkuas muda, lalu potong-potong. Rebus dengan menggunakan air secukupnya, kemudian minum.

Mengobati Rematik
Parut 2 ibu jari lengkuas dan peras airnya. Ambil kuning telur ayam kampung. Campur kedua bahan tersebut sampai merata. Minum satu kali sehari. Baca Obat tradisional rematik

Obat Tetes Telinga
Pilihlah rimpang lengkuas yang masih muda dan banyak mengandung air. Parut rimpang tersebut, kemudian peras dan ambil airnya. Teteskan air lengkuas tersebut sebagai obat telinga.

Khasiat lain
Lengkuas dapat menguatkan lambung dan isi perut, memperbaiki pencernaan, mengeluarkan lendir dari saluran nafas, mengobati sakit kepala, nyeri dada, dan meningkatkan nafsu makan. Biji lengkuas juga dapat meredakan kolik atau perut mulas, diare dan obat anti mual.

Subscribe to receive free email updates:

34 Responses to "Khasiat Kandungan Lengkuas"

  1. Wah, ternyata lengkuas tidak hanya semata untuk bumbu dapur,melainkan banyak manfaatnya untuk pengobatan, mbak...

    ReplyDelete
  2. Lengkuas yang memerah semu coklat warnanya banyak terdapat di desa cilembu ini malahan ada beberapa petani yang hanya bercocok tanam Lengkoas yang banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan...lengkuas oh lengkuas

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi mamang naksir lengkuas gitu?

      Delete
    2. desa cilembu banyak petani lengkuas toh, hebat ya mas.. iya, mang lembu malah naksir lengkuas, saya juga kalah hehe

      Delete
    3. kangen sama senyuman neng adminnya nih...soal lengkuasnya mah...biarin weh ah

      Delete
  3. Biasanya kalo dirumah dapet lengkuas langsung dibuang, itu penipuan... Tapi ini dikasih tau kalo ada kasiatnya wkwkwk saya kembali teh :v hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah makanya jangan suka suudzon atuh mang.
      jangan diulangi lagih yah

      Delete
    2. kita setrap dulu sama-sama si anak hilang ini he

      Delete
  4. baru tau kalau laos itu bisa juga mengobati rheumatik teh.
    taunya sih buat penyedap masakan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesekali coba ramuan lengkuas diatas tuk hilangin rematiknya mas yan yah, sapa tau menyembuhkan..

      Delete
  5. Ternyata lengkuas dipakai juga dalam pengobatan cina.
    Saya tahunya lengkuas untuk bumbu dapur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, itu sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu

      Delete
  6. Di Kebun Bapak saya juga ada tanaman Lengkuas teh, walau gak banyak juga sih. kadang ada tetangga yg minta untuk yg selesai melahirkan dan rematik, nah kalo yg lain nya saya gak tau. ternyata banyak manfaatnya yah dari Lengkuas ini bagi kesehatan... :) catet dulu ah... takut lupa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang, silahkan dicatet, dan dihafalin, ntar ada ulangannya hehe

      Delete
  7. banyak ternyata khasiatnya ya mba hehe

    ReplyDelete
  8. subhanalloh.. ternyata bumbu dapur yang satu ini banyak manfaatnya ya teh.. kalo ditempat saya sering disebut LAOS... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. laos ya namanya ditempat mas, kalau didaerah saya namanya laja

      Delete
  9. saya punya pengalaman dengan si lengkuas,,, pengalaman BAIK dan BURUK,,

    PENGALAMAN BAIK :
    Si Lengkuas telah sangat berjasa kepada saya karena telah berhasil mengusir si PANU yang pernah menghinggapiku,,

    PENGALAMAN BURUK :
    saya sering ketipu sama si LENGKUAS,,,
    Si lengkuas pandai berpura-pura seperti si daging sapi,,
    Dikira daging sapi, pas digigit eeeeeee,,, ternyata lengkuas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. kadang sering tertipu ya mas, kita sudah gembira dapat daging yang besar dalam sayur, ternyata lengkuas hehe..

      Delete
    2. ketahuan deh panuan wkwk

      Delete
  10. itu tanaman sama kaya di halaman rumah saya hehe. ko beda namanya ya. itu sering dikonsumsi. enak lo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditempat saya lengkuas selain dijadikan obat tradisional, sering dijadikan bumbu mas..

      Delete
  11. itu tanaman sama kaya di halaman rumah saya hehe. ko beda namanya ya. itu sering dikonsumsi. enak lo

    ReplyDelete
  12. ini mah sering digunakan sebagai obat panu sama ibuk saya hahahaa,,

    kadang juga digunakan sebagai aroma pada masakan daging sapi dan kambing

    ReplyDelete
  13. DD nya ikut nyimak ya teteh :D mungkin suatu saat berguna :D

    jangn lupa mampir juga di blog dd ya teteh :D www.kang-hendra.com

    ReplyDelete
  14. Selain untuk bumbu masak, ternyata lengkuas bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit juga ya. saya baru tau Teh hehe, nuhun nya infona

    ReplyDelete
  15. Mau tanya dong , ada yang tau jurnal ttg konsentrasi hambat bakteri s.aureus oleh infusa lengkuas.?
    TErimakasih

    ReplyDelete
  16. oh pantes ibu saya rajin banget nanem tanaman ini. manfaatnya byk ya teh, tpi ya ampun klo dimasak sup/gulai sama ibu saya kira tulang daging yg empuk, sampe kemakan rasanya pahitt bgt. :(( saya tertipu jdnya tehh :D ckckc

    ReplyDelete
  17. ternyata setelah di bahas lengkuas ini banyak juga ya teh manfaat nya. ada banya nih di sekitar rumah saya :-)

    ReplyDelete
  18. Banyak juga ya teh manfaat dari lengkuas ini, tapi kalau saya mah belum nyoba kalau yang ditetesin ke telinga itu rasanya gimana teh ?

    ReplyDelete