Khasiat Buah Apel

Khasiat Buah Apel. Siapa yang tidak mengenal apel? Buah ini memiliki rasa manis yang menyegarkan. Buahnya ranum dipercantik dengan tampilan kulitnya yang cerah menjadikan apel sebagai pilihan buah untuk dikonsumsi. dilengkapi dengan berbagai kandungan yang merkhasiat seperti antioksidan sehingga apel dianggap sebagai buah yang menyehatkan. Sehingga muncul istilah yang terkenal yakni "One apple a day keeps the doctor away" Dengan mengonsumsi satu apel sehari, dapat menghindari pergi ke dokter.

Berdasarkan penelitian di Polandia terhadap 592 pasien kanker kolorektal mengungkapkan bahwa memakan dengan memakan satu buah apel setiap hari secara teratur dapat mengurangin risiko berkembangnya kanker kolorektal.

Apel (Mulus domestica) sejak dahulu dikenal diberbagai belahan dunia. Apel merupakan buah yang berasal dari Asia Tengah. Sebutan lain untuk apel adalah apple (Inggris), apfel (Jerman), dan manzana (Spanyol). 


Kandungan Gizi Buah Apel


Daging buah apel mengandung berbagai zat yang bermanfaat terhadap kesehatan. Kandungan gizi apel selengkapnya terdapat pada tabel berikut


Kandungan Gizi Apel Setiap 100 g

NOKandungan GiziJumlah
1
Air
85.56 g
2Energi52 Kcal
3Karbohidrat13.81 g
4Protein0.26 g
5Lemak 0.17 g
6Kolesterol0 mg
7Serat2.4 g
8Asam folat3 ug
9Niasin0.091 mg
10Asam pantotenat0.061
11Piridoksin0.041 mg
12Riboflavin0.026 mg
13Thiamin0.017 mg
14Vitamin A
A 54 IU
15Vitamin C4.6 mg
16Vitamin E0.18 mg
17Vitamin K2.2 ug
18Natrium1 mg
19Kalium107 mg
20Kalsium6 mg
21Besi0.12 mg
22Magnesium5 mg
23Fosfor11.5%
24Zinc0.04 mg
25Karoten27 ug
26Crypto-xanthin
11 ug
27Lutein-zeaxanthin
29 ug
Sumber USDA Nutrient Database 2011





Flavonoid, Penurun Risiko Kanker

Menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, jumlah kandungan flavonoid mampu menurunkan hingga 50% risiko serangan penyakit kanker paru-paru.

Kandungan flavonoid berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan LDL yang beresiko menyumbat pembuluh darah. Pada saat yang bersamaan flavonoid juga meningkatkan HDL yang bermanfaat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain kanker paru-paru dan kanker payudara, kandungan quercetin dapat mencegah terjadinya serangan kanker pankreas, kanker kolon, kanker hati, kanker prostat, dan kanker usus.


Karoten Antioksidan Super


Karoten yang terkandung pada apel berperan sebagai pencegah penyakit. Karoten memiliki aktivitas sebagai vitamin A dan antioksidan yang berguna menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit kanker dan diabetes.


Pektin Antikolesterol Super

Khasiat Buah Apel
Pektin dikenal sebagai antikolesterol karena dapat mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Berdasarkan hasil studi, pektin dapat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dapoat menurunkan penyebab penyakit jantung, meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol tubuh.


Boron cocok untuk Wanita Monopause


Berdasarkan hasil penelitian Apple Assosiation di Amerika Serikat pada tahun 1992. Kandungan boron dalam apel dapat membantu seorang wanita untuk mempertahankan kadar estrogen saat monopause. Estrogen berperan penting untuk mensuplai kalsium kedalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Khasiat Buah Apel"

  1. Meskipun terbilang mahal, ternyata apel cukup bagus dikonsumsi untuk mencegah serangan kanker. karena mengandung karoten. Terima kasih sharenya, mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah apel memang dulu dikategorikan buah istimewa ya bang, sehingga harganya diatas rata-rata

      Delete
  2. jarang beli apel ,,,, paling klo pengen biasnya juz apel ... biar dkit dpt manfaatnya apel juga ,,,heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus jus apel mas, asal ga dicampur hehe

      Delete
    2. aplgi klo dibuatin sma teh tika ... pasti lbh enak ,,,heheheh

      Delete
  3. jarang banget sih makan apel karena mahal jadi malas malas belinya, Kalau pisang sangat rutin :D

    ReplyDelete
  4. Buah Apel memang sudah terkenal lama sebagai buah yang berkhasiat banyak ya mbak, dulu sih dah pernah baca, tapi lupa..
    dan sekarang dah ingat lagi..

    makasih mbak info nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas, lumayan mengingatkan, trims juga ya kunjungannya

      Delete
  5. selain rasanya yg enak ternyata buah apel banyak manfaat untuk kesehatan ya teh... :)

    ReplyDelete