Cara Tradisional Hilangkan Ketombe

Cara Tradisional Hilangkan Ketombe. Ketombe dalam bahasa medisnya disebut ptiriasis. Adalah suatu pertumbuhan berlebihan dari kulit kepala tanpa adanya peradangan. Gejala umumnya adalah timbulnya sisik-sisik pada kulit kepala, gatal dan bisa juga disertai dengan kerontokan rambut. Penderita ketombe biasanya menghindarai pakaian yang berwarna gelap, untuk menghindari keterlihatan ketombe.

Munculnya keluhan ketombe biasanya diawali dengan rasa gatal dikulit kepala meski baru saja keramas, kelainan kulit kepala berupa rasa gatal, warna kulit kemerahan, rambut cenderung rontok dan lain-lain. Untuk mengatasi timbulnya ketombe dan menghilangkan ketombe, berikut cara tradisional dalam mengatasi ketombe diantaranya :


Cara Tradisional Hilangkan Ketombe


Shampo Herbal
Cara membuatnya, Bakarlah 1 genggam merang (Merang adalah tangkai dari bulir padi) kemudian rendam dalam air dan dihancurkan dengan meremas, diamkan 1 malam. Lalu haluskan 25 g daun pegagan dicampur dengan air merang, lalu saring. Gunakan airnya untuk keramas tanpa menggunakan sampo lagi.


Jeruk Nipis
Potong-potong 2 Buah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian gosokan langsung jeruk nipis tersebut ke seluruh kulit kepala, berilah sedikit pijatan, usahakan semua kulit kepala tergosok oleh rambut kepala agar ketombe dikepala terkikis habis, biarkan 20 menit lalu bilas dengan air.

Minyak Kelapa dan Lemon
Campurkan 8 sendok teh minyak kelapa dengan 1/2 gelas jus lemon. Kemudian pakailah ramuan tersebut pada rambut dengan cara menggosok-gosokannya dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Air rendaman kangkung
Sediakan kangkung secukupnya potong-potong lalu rendam dengan air sayuran tersebut semalaman, stelah itu pada pagi harinya silahkan keramas dengan air rendaman kangkung untuk menghikangkan ketombe.

Teh Hijau
Sediakan teh hijau 2 kantong celup, lalu seduh dengan air panas dan diamkan hingga 3 menit. Setelah dingin pijatkan pada rambut dan kulit kepala secara perlahan. Biarkan selama semalaman. Lakukanlah hal tersebut 3 hari secara berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Daun Pandan
Sediakan daun pandan wangi kira-kira 7 lembar, Kemudian cuci bersih daun pandan wangi tersebut dan tumbuk hingga halus, Berilah 100 ml air bersih pada tumbukan tersebut dan aduk hingga rata, Oleskan ramuan daun pandan tersebut kekulit kepala hingga merata. Biarkan 20-30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Mengkudu
Sediakan 3 buah mengkudu lalu lumatkan mengkudu tersebut, beri air secukupnya setelaj itu peras airnya. Silahkan keramas dengan menggunakan air perasan mengkudu. Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas dengan air bersih.

Yoghurt
Basahi rambut terlebih dahulu secara merata, kemudian ambil yoghurt secukupnya dan pijatkan pada kulit kepala. Kemudian biarkan hingga 10 atau 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Cara Tradisional Hilangkan Ketombe"

  1. Asal jangan minyak jelantah aja ya mba *hehe *canda :D :D
    Informasinya bermanfaat banget nih mba, baru tau nih pake air rendaman kangkung bisa menghilangkan ketombe :)
    Terima kasih informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia informasinya, kangkung hebat kan..

      Delete
    2. bu...salamin dong ke neng Dewii..yah..yah..yah

      Delete
    3. hehe boleh, tapi usaha doong.!

      Delete
  2. Jeruk nipis bisa juga toh. Saya sering bikin sayur pakai jeruk nipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jeruk nipis pada sayur itu buat aroma ya mas..

      Delete
  3. saya sudah tau tentang ketombe, tapi masih ada yg belum yaitu mengapa orang bisa ketombean. adakah faktor penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor mas, penyebab utamanya penjelasan diatas hehe

      Delete
  4. kalau dulu oranta tua saya sering menganjurkan untuk menggunakan santan kelapa mbak, dan hal itu manjur jika dilakukan dengan rutin

    ReplyDelete
  5. memang kadang susah banget teh ngilangin ketombe, saya malah dulu sampai di cukur cepak xixixii, biar kalo ada ketombe keliatan, dan dari semua cara di atas blm satupun pernah saya coba, nanti saya coba ah,,, terima kasih teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat kang eka saya saranin pake kopi xixi..

      Delete
  6. padahal cara alami paling bagus untuk kulit ketimbang dari produk yang ada hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba leony, tanpa zat kimia lebih aman..

      Delete
  7. kayaknya mantep ya mbak kalau semua bahan alami tsb dibikin sampo, jadi nya rambut wangi :)

    ReplyDelete
  8. banyak juga ternyata bahan alami yang baik dan efektif dalam menghilangkan dan mencegah ketombe ya mbak, makasih mbak infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal masih banyak mas, trims ya kunjungannya..

      Delete
  9. Kebetulan saya ada ketombe juga nih dan sangat mengganngu.. Bisa dicoba tipsnya.. thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas dipilih.. trims juga yah

      Delete
    2. saya malah rontok mbak...tapi kemarin saya kasih lidah buaya dan beberapa tulisan blog ini, hasilnya lumayan. masih rontok, tapi jumlahnya berkurang. mungkin faktor umur kali ya...heeeee

      Delete
  10. Alhamdulillah sejak bayi saya ngga pernah di hinggapi ketombe, maklum hidup dan pola hidup di anjurkan selalu bersih sih sama mamah.

    ReplyDelete
  11. tuh untuk mengkudu, keramasnya pake sampo biasa atau hanya mengkudu doang mbak....mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma air perasan mengkudu saja mbah, nda usah pake sampo, biarkan beberapa menit agar terserap oleh kulit kepala..

      Delete
  12. Kalau sehari mandinya hanya sekali pasti kepala saya ketombean, apa karena rambut kering... mangkannya sekarang selalu mandi minim 2 kali sehari...rambut harus basah...dan biasanya hanya mengandalkan shampo biasa, boleh juga nih cara yang tradisional, bebas efek samping kan teh

    ReplyDelete
  13. kalau saya biasanya bila ada ketombean pakai jeruk nipis ternyata masih banyak lagi ya yang bisa di jadikan obat untuk membasmi ketombe...

    ReplyDelete