11 Manfaat Penting Sawo bagi Kesehatan

11 Manfaat Penting Buah Sawo bagi Kesehatan. Buah Sawo (Manikara zapota) Dalam bahasa Inggris disebut neesberry atau sapodilla berasal dari Guatemala (Amerika Tengah). Mexico dan Hindia Barat. Namun di Indonesia sawo telah lama dikenal dan banyak ditanam mulai didataran rendah hingga diketinggian 1200 m dpl, seperti di Jawa dan Madura.

Sawo termasuk buah yang sangat manis dan sering digunakan sebagai campuran rujak. Macam-macam sawo adalah sawo kecik, sawo jawa, sawo liar, sawo apel yang buahnya mirip apel dan banyak getahnya, juga sawo mentega yang cenderung lengket dan berat, disebut sawo belanda dengan rasa yang manis dan pulen. Tetapi sawo yang banyak dijual dipasar pada umumnya adalah sawo manila, yang merupakan hasil budidaya. Sawo ini berbentuk lonjong, daging buahnya tebal, banyak mengandung air dan rasanya manis.



Berikut Kandungan gizi dalam 100 gram buah sawo segar.

Kandungan Gizi Sawo


No Kandungan Gizi Jumlah
 1  Kalori  92,00 Kal
 2  Protein       0,5 g
 3  Lemak     1,10 g
 4  Karbohidrat   22,40 g
 5  Kalsium   25,00 mg
 6  Fosfor  12,00 mg
 7  Zat Besi    1,00 mg
 8  Vitamin A  60,00 SI
 9  Vitamin B    0,01 mg
 10  Vitamin C  21,00 mg
 11  Air  75,50 g
 12  Bagian yang dimakan  79%



11 Manfaat Penting Sawo bagi Kesehatan


  1. Sawo tinggi kandungan serat, membuat sawo baik untuk pencernaan. Sawo juga dapat digunakan dalam mengobati sembelit.
  2. Sawo mampu mencegah terjadinya kanker usus besar.
  3. Sawo memiliki zat tannin.yang bermanfaat sebagai obat untuk wasir dan diare.
  4. Sawo mengandung vitamin penting seperti vitamin A dan Vitamin C. Vitamin A membantu untuk memastikan visi yang tepat, membantu menjaga kulit dan membran yang sehat. Sawo melindungi rongga mulut dan menghindari kanker paru-paru. Demikian pula, Vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap patogen dan menghancurkan radikal bebas.
  5. Daun buah sawo juga dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit inflamasi. Daun bekerja sebagai agen anti-inflamasi. Ambil daun buah sawo bersih kemudian didihkan selama sekitar sepuluh menit. Air rebusan yang berisi ekstrak sawo dapat digunakan sebagai obat.
  6. Serat merupakan bagian penting dari nutrisi yang baik. Sawo memberikan 5,6 gram per 100 gram serat makanan, sehingga menjadikannya sebagai pencahar yang sangat baik. 
  7. Kandungan terbaik dari Sawo adalah kualitas hemostatik nya. Buah ini sangat berguna dalam menghentikan perdarahan.
  8. Konsumsi buah sawo bermanfaat dalam mengurangi tingkat infeksi, membantu dalam mengurangi bakteri dalam tubuh, juga mengurangi peradangan yang disebabkan oleh pembengkakan dan membantu meringankan rasa sakit.
  9. Sawo adalah sumber mineral seperti kalium, tembaga dan besi. Selain mineral, sawo juga terdiri dari asam niacin. Vitamin dan mineral membantu membuat tubuh kuat dan energik.
  10. Gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa merupakan bahan utama untuk meremajakan tubuh secara alami.
  11. Asam folat yang terkandung dalam buah ini digunakan dalam pembentukan sel darah merah, dan juga membantu dalam perkembangan janin selama kehamilan, serta membantu mencegah pembentukan homocysteine ​​yang berbahaya bagi kesehatan. 

Disqus Comments