Khasiat Cabai Merah Obati Penyakit

Manfaat dan Khasiat Cabai Merah Obati Penyakit. Cabai merah memiliki nama ilmiah Capsicum aninum L. yang merupakan kerabat solanaceae, selain berguna sebagai penyedap masakan,cabai merah inipun dapat dipakai sebagai pembangkit selera makan. Nama daerah cabai merah ini sangat beragam, antara lain campli (aceh), cabe (Lampung, Sunda), lado (Minangkabau), cabhi (Madura), tabia (Bali), sahang, rada, dan sambatu (Kalimantan).

Cabai merah merupakan salah satu bumbu masakan yang sering digunakan untuk membuat sambal. Oleh karena itu banyak masyarakat yang merasa janggal saat cabai merah dibuat sebagai bahan obat penyembuh sakit, padahal didalam cabai merah yang pedas terkandung banyak senyawa gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut Kandungan gizi yang terdapat dalam cabai merah.


Khasiat Cabai Merah Obati Penyakit



Capsaicin mampu meredakan nyeri ditubuh, misalnya akibat radang sendi.
Capsaicin menimbulkan sensasi panas sehingga meningkatkan pengeluaran kalori. Alhasil kelebihan bobot badan dapat berkurang.


Kandungan Gizi Cabe Setiap 100 g
NOKandungan GiziSatuan
1"text-align: justify;">Kalori (energi)31.0 kal
2Protein1.0 g
3Lemak0.3 g
4Karbohidrat7.3 g
5Kalsium2.90 mg
6Fosfor24.0 mg
7Besi0.5 mg
8Vitamin A470. SI
9Vitamin B10.03 mg
10Vitamin B20.05 mg
11Vitamin C18 mg
12Capsaicin0.1-1.5%
13Niacin0.20 mg
14Pektin.2.33%
15Pektosan8.57%
16Pati0.8-1.4%

Khasiat Cabai Merah

Menghilangkan Rematik dan Encok
Didalam cabai juga terkandung senyawa kapsikol, senyawa ini bisa berfungsi sebagai pengganti minyak kayu putih yang berguna mengurangi pegal-pegal, rematik, encok, sakit gigi dan gatal-gatal. salah satu obat luar yang mengandung cabai adalah koyo. Baca Obat Tradisional Atasi Rematik

Tonikum tanpa efek samping
Berbeda dengan tonikum lain yang memiliki efek samping tertentu, Cabai murni sebagai tonikum tidak menyebabkan gangguan tubuh setelah mengonsumsinya. Rasa hangatnya dapat melancarkan sirkulasi darah, mengurangi lemah lambung, dan mencegah gangguan usus.

Vitamin A
Cabai merah mengandung vitamin A, Fungsi vitamin A bagi tubuh diperlukan untuk menjaga ketajaman penglihatan dan mencegah infeksi akibat virus.

Kaya Vitamin C
Satu Ons cabai merah memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Namun Anda tidak dianjurkan makan 100 g cabai, tapi hanya sebagai penyumbang dari makanan lain yang belum tercukupi. Kunjungi Vitamin C suplemen Alami Penambah tenaga

Menyehatkan mulut
Jika Anda sering mengalami sariawan dan gusi bengkak tandanya anda membutuhkan vitamin C, cobalah sering menikmatai makanan pedas agar kesehatan mulut dan gusi anda menjadi baik. Baca juga Obat Tradisional Obati Sariawan

Mengurangi Lemak
Vitamin C dalam cabai juga bisa berfungsi menghilangkan timbunan lemak berlebih, dengan demikian dengan makan yang mengandung cabai ditaksir dapat menurunkan berat badan. Kunjungi  Resep Tradisional Mengecilkan Perut Buncit

Melancarkan Peredaran Darah
Para naturopathy di Erofa menggunakan simplisia bubuk cabe untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol dan mengobati penyakit jantung karena cabai mempunyai efek menurunkan kadar kolesterol serta membersihkan pembuluh darah.

Menurunkan Kadar Gula Darah
Para naturopathy menggunakan cabai untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Senyawa DHC memiliki kemampuan cukup efektif dalam merangsang metabolisme karbohidrat sehingga jumlah gula yang terserap tubuh tidak berlebihan.

Disqus Comments