15 Tanaman Hias Berkhasiat Obat

15 Tanaman Hias Berkhasiat Obat. Pada mulanya tanaman hias digunakan sebagai penghias halaman rumah dan kantor, namun berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa diantara beragam tanaman hias tersebut, sebagian memiliki khasiat obat. Tanaman tersebut dapat diramu menjadi obat tradisional untuk berbagai penyakit yang lazim diderita oleh masyarakat. Berikut 15 Tanaman Hias Berkhasiat Obat yang akrab dan mudah ditemui dilingkungan kita.


15 Tanaman Hias Berkhasiat Obat


1. Bunga Matahari

Bunga matahari (Helianthus annus) mengandung quercimeritrin, helianthoside, Asam oleanolat, sam echinocystat, prostaglandin E, asam chlorogenic, asam quinat, dan lemak. Bunga matahari berkhasiat menurunkan hipertensi, sakit kepala, sakit gigi, kanker lambung, neyri lambung,, dismenorrhea (nyeri haid), radang payudara, rematik dan mempermudah kelahiran, dll.


2. Bunga Mawar

Bunga mawar (Rosa chinensis jacq) mengandung Zat sitral, sitronelol, geraniol. linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol, farnsol, dan nonilaldehida. Bunga mawar berkhasiat melancarkan haid, mengobati keputihan, pembengkakan payudara, campak, disentri, TBC kelenjar leher, paru-paru, batuk darah, radang usus, rematik, sakit kepala, menghaluskan kulit dll.


3. Bunga Melati

Bunga melati (Jasminum sambac) zat-zat bensil livalilseta, mengandung minyak eterik, alkohol benzilik, benzilic asetat, indol, linalkohol dan jasmon. Bunga melati berkhasiat, menguramngi produksi asi, sesak nafas, sakit kepala, jerawat, mata bengkak, radang usus, radang ginjal, dll.


4. Bunga Anggrek
Bunga anggrek umbinya mengandung minyak atsiri, logam gaffe, kalsium, protozenat, sukrosa, dekstrin, protein dan pati. Berkhasiat menghentikan pendarahan rahim, mengobati disentri, dll

5. Sirih

Sirih mengandung sejumlah minyak asiri seperti betlephenol, kavikol, seskueterpen, hidroksikavikol, cavibetol, estragol, eugenol, dan karvakrol. Daun sirih berkhasiat  mengurangi ASI berlebihan, keputihan, jantung, sifilis, alergi, diare, pendarahan gusi, sakit gigi berlubang, bronkhitis, batuk, eksim, gatal-gatal setelah melahirkan, menghilangkan bau mulut, jerawat, dll.


6. Bakung Putih
Bakung Putih (Crinum asiaticum) umbinya mengandung alkaloid yang berisi likoron, krinin, asetilkorin, ibulin dan methylanthanilate. Berkhasiat mengobati radang tenggorokan, sakit gigi, sakit pinggang, bengkak borok, cacingan susah BAB, keseleo, dll.

7. Kamboja

Kamboja (plumeria acuminate Ait) mengandung damar, kautcuk, senyawa karet, senyawa triterpenoid, amyrin dan lupeol. Kulit batangnya mengandung plumierid dan laxan. Batang dan daunnya mengandung fulvoplumierin serta minyak menguap. Bunga kamboja berkhasiat  sebagai penunrun panas, peluruh kencing, obat batuk, pelancar BAB, disentri, dll

8. Bunga Kenanga
Bunga kenanga (Canangium odoratum baill) mengandung minyak terbang, pinen, kardinen, safrol, eugenol, lilalool, yeraniol, famesol dan asam benzoat. Berkhasiat mengobati kudis, rematik, encok, hepatitis, nipas, keputihan, perawat kecantikan, penyakit kulit serta aromanya memberi mood yang lebih baik.


9. Kembang Pukul Empat
Kembang pukul empat (Mirabilis jalapa L) akarnya mengandung asam lemak, betaxanthins, trigoneline, asam minyak dan zat tepung. pada daunnya mengandung saponon, tanin dan flavanoid. Brkhasiat anti radang, peluruh kencing, mengobati prostat, kencing manis, keputihan amandel, jerawat, dll.

10. Kembang Sepatu

Tanaman Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) mengandung teraxeryl acetat, cyanidin diglucosid, hibisetin, zat pahit, dan lendir. Berkhasiat mengobati air kemih bernanah, TBC, batuk darah, batuk rejan, demam malaria, gondongan, keputihan, melancarkan haid, mimisan, saiawan, radang usus, dll.


11. Kumis Kucing
Kumis kucing (Orthosiphon aristatus Miq) mengandung myojnonsitol, garam, safonin, sapofonin, orthosiphonglikosida, minyak lemak, minyak atsiri, dan zat samak. Berkhasiat mengobati kencing batu, darah tinggi, demam, encok, keputihan, antiradang, peluruh kencing, infeksi ginjal, dll

12. Tapak Dara
Tapak dara (Cathranthus roseus) mengandung zat alkaloid berupa vinkristin dan vinleurosin, tapak dara juga mengandung tetrahydroalstonins, vindolinine, vindoline, lochnerine, norharman, dll. Berkhasiat mengobati diabetes melitus, hipertensi, leukimia, asma, bronkhitis, demam, disentri, gondong, luka bakar. dll.

13. Kecubung

Kecubung (Datura metel, Lin) mengandung alkaloid yang kuat serta hiosin, co-oksalat, atropin, zat lemak, dan skopolamin Brekhasiat mengobati rematik, asma, sakit pinggang, eksim, bengkak, radang anak telinga, sembelit, dll.

14. Lidah Buaya
Lidah buaya (Aloe vera) mengandung vitamin A, B, C, dam E, juga choline, inositol, dan folic acid, dan sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium, kanatrium, dan juga sejumlah enzim yang lengkap. Lidah buaya berkhasiat menyuburkan rambut, obat cacing, pencahar, diabetes, hepatitis, meningkatkan kekebalan tubuh, menstabilkan kolesterol, memperlambat penuaan, menghaluskan kulit, dll.

Patah Tulang
Patah tulang mengandung zat pahit, kautschuk (zat karet), damar, euphol, eupholbone, taraksasterol, asam (acid latex), glikosid, sapogenin serta asam ellap. Patah tulang berkhasiat mengobati nyeri lambung, tukak rongga hidung, sifilis, wasir, nyeri saraf, rematik, sakit kulit, kusta (morbus hansen) kaki tangan baal, serta lain-lain.

Sebetulnya sangatlah banyak daftar Tanaman Hias Berkhasiat Obat yang akrab dilingkungan kita dan sering digunakan untuk ramuan obat tradisional, tapi saya coba share sebagian kecil saja, serta yang sering didapat dan akrab ditelinga kita,  moga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

74 Responses to "15 Tanaman Hias Berkhasiat Obat"

  1. Saya jadi ingat kalau ada salah satu artis yang hobi makan bunga melati. Apa bisa jadi obat tuh kalau dimakan bunganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya saya tau artis yang suka makan bunga melati, tapi rata-rata daun melati suka dijadikan obat tradisional, sedangkan teh dari bunga melati sebagian meyakini dapat memberi rilaksasi dan memperkuat libido seseorang hehe

      Delete
    2. saya dulu biasa minum teh pake melati yg dah dikeringkan.,, tehnya jd wangiiii

      Delete
    3. nah lobido ini yang aku cari. biar tambah kuat.

      Delete
    4. tapi harus ada pasangannya lo mas hihi..

      Delete
  2. Wah, ternyata kembang sepatu memang termasuk tanaman hias meskipun termasuk tumbuhan semak, mbak Santi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar uda, walaupun tumbuhan semak tapi masuk kategori tumbuhan hias juga dan juga terkandung khasiat obat..

      Delete
    2. kalau ditempatku untuk tanaman pagar.

      Delete
  3. ternyata bunga mawar juga bisa mengobati keputihan, memperlancar haid dll juga iya mba baru tau :) yang aku tau hanya daun sirih saja mba untuk mengobati keputihan hehe soalnya aku suka pake daun sirih kalo lagi keputihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya coba alternatif dengan bunga mawar mba ipah hehe

      Delete
    2. tapi nyari bunga mawarnya susah mba santika di tempat saya mah :(

      Delete
    3. yah sirih aja yang mudah yah..

      Delete
  4. kalo si bunga tetangga saya yang dari tasik malah mengobati luka hatiku teh :D
    aku coba liat-liat dlu khasiatnya siapa tau ada yang dibutuhkan.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunga tetangga saha tah.? hebat bisa jadi obat hati wkwk..
      silahkan dilihat dulu keindahannya..

      Delete
    2. kalau indah tetangga saya memang dipiara sih

      Delete
    3. Kalau Pot dekat rumah saya, lagi pada ngerumpi siy :D

      Delete
    4. tau tuh kang harry, mas yanto, miara tetangga indah begitu hihi

      Delete
    5. coba kalo saya ada disana, kita pasti saingan deh trio orang ganteng miss indonesia :D

      Delete
  5. Ternyata gak cuma sedap dipandang, tapi bermanfaat juga buat kesehatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya selain indah juga berkhasiat ya mas

      Delete
    2. berkhasiat memang indah ya

      Delete
  6. ternyata bermanfaat juga buat kesehatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata juga indah jika dipelihara hehe

      Delete
    2. besok saya nanam deh
      kalau inget tapi

      Delete
    3. ternyata saya baca komen diatas....eh ternyata

      Delete
  7. sirih emangnya termasuk tanaman hias gituh ceu?
    menurut nenek saya mah daun sirih mah tidak termasuk tanaman hias, juga tidak termasuk pada tanaman yang berbunga...terus gimana kalau begitu, coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga bingung mang, sementara ahli botani (diantaranya Ir Heru Prihmantoro dan Hembing W Lihat buku.! tanaman hias berpotensi obat) memberi klasifikasi sirih ini sebagai tanaman hias karena aneka warna daunnya yang indah, bertolak belakang sama nenek amang ya, jadi mesti ngikut siapa coba..?

      Delete
    2. kang lembu orang jadul sih

      Delete
    3. kalau mas yanto ga jadul ya, hehe

      Delete
    4. malah lebih jadul dari saya....tauu, sok weh perhatiin poto kami

      Delete
    5. bentar ya saya teliti dulu.. Woooww fotonya ganteng-ganteng #Muntah#

      Delete
  8. bunga bakung putih dan tapak dara itu yg saya belum tau teh.kalau bunga lainnya sih udah tau.
    jadi menjadikan 2 manfaat ya menanam tanaman hias diata,pertama untuk memperindah dan untuk obat

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah untuk poin terakhir itu, mas yanto pinter deh..

      Delete
    2. tumben banget mang yanto pinter...kan?
      kayanya salah minum obat deh tuh mamang

      Delete
  9. Ternyata Kamboja memiliki khasiat. Bunga ini umumnya ada di makam atau kuburan, sehingga orang akan segan untuk menggunakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu mah kan...orang yang segan.
      nih...liat saya dong..orang yang rajin

      Delete
    2. naah lihat tuh mang lembu, ga segan, walau mainnya kekuburan terus hehe.. hebat ya..

      Delete
    3. ke kuburan niatnya bukan mencari kamboja kalau Aa Cilembu, cuma pengen cari tempat yang sepi saja.

      Delete
    4. mang lembu biasa cari wangsit di kuburan itu

      Delete
  10. kecubung termasuk juga ya Teh ? katanya kecubung bisa bikin orang mabuk ? apa bener tuh .
    dulu waktu kecil jika sedang demam, saya juga suka dikasih kumis kucing teh, cuma sayang sekarang tanaman itu sudah jarang ditemukan ya , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecubung masuk tanaman liar, tapi sebagain melihara juga buat tanaman obat. kumis kucing bisa ngobatin demam ya, kalau kucingnya gimana ya..?

      Delete
    2. saya biasanya dicium sama kumis bapak saya.gmna dong teh?

      Delete
  11. Kalau tinggal diperumahan mah sulit menemukan tanaman tersebut teh paling paling cuma lidah buaya makanya harus nanem sendiri biar bisa merasakan khasiat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya aja tinggal didesa sulit nemunya, paling cuma kecubung sama bakung putih yang sering lihat, apalagi mas lebih sulit yang diperumahan..

      Delete
  12. banyak juga ternyata Tanaman Hias yang Berkhasiat sebagai Obat ya mbak.. kirain cuman buat hiasan doang.. makasih mbak..

    ReplyDelete
  13. itu kembang sepatu digimanai bisa jd obat. dimakan ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat doank mas hehe.. ngga kok..
      sebagai contoh jika mas berpenyakit bronkhitis atau kencing nanah, mas boleh rebus 2 kuntum bunga sepatu dengan air 3/4 gelas tambah garam secukupnya, peras dan saring. dan silahkan minum 2 x sehari sampai sembuh.

      Delete
    2. kenapa tidak diblender saja ? kan lebih praktis. Boleh kagak itu ?

      Delete
    3. boleh aja.. cuma biasa yang diambil itu perasannya

      Delete
  14. Kenapa di sebut kembang pukul empat (jam papat) mas! Apakah anda tahu jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya silahkan klik tautannya mba.. atau jawabannya disini : http://tehsantika.blogspot.com/2015/04/manfaat-bunga-pukul-empat-untuk.html

      Delete
  15. selain buat hiasan taman rumah,buat aroma alami di sisi rumah,ternyata tanaman-tanaman yang disebutkan diatas banyak manfaatnya juga ya,,yang saya ingat kalau di desa di rumah nenek itu sering nanem sirih,untukk dikonsumsi sendiri dikunyah-kunyah sama embah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang daun sirih paling mashur.. beruntung mas nanam sirih sendiri, sekarang harganya mahal lho..

      Delete
    2. cuma ditanam di depan rumah itu dibawah pohon rambutan,tidak banyak kok hh

      Delete
  16. Di tempat aku tinggal ngga ada satupun rumah yang bertanam bunga matahari dan di daerah tasikmalaya juga sangat jarang sekali ditemukan bunga matahari padahal khasiatnya bagus iya teh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba wida, didesa saya juga ga lihat bunga matahari..

      Delete
  17. Selain bisa memperindah rumah, ternyata banyak sekali manfaat dibalik tanaman-tanaman hias yang tidak banyak orang sadari. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, kita bisa memanfaatkan tanaman hias dengan kandungannya ya mas

      Delete
  18. thanks infonya bermanfaat dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  19. yang paling sering saya jumpai cuma sirih,kumis kucing dan lidah buaya. dulu waktu kecil kumis kucing buat di sedot sedot manis soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kumis kucing ada rasa manisnya ya mas..

      Delete
    2. manis lagi kumisku....
      sayang gak berkumis hihihie

      Delete
    3. laki pasti ada mas, walau dikit hihi

      Delete
  20. kembang pukul empat itu nama lainnya "wora wari abang" bukan sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wora wari abang itu kembang sepatu mas reo, jika kembang sepatu yang kriting namanya wora wari gantung..

      Delete
  21. Nice infonya bagi saya untuk tambah wawasan sangat luas manfaat yang diberikan oleh-Nya tetapi kita kdang tidak mengetahuinya... kami pnyedia jasa Pembuatan Taman Flamboyanasri.com. thanks admin

    ReplyDelete
  22. mungkin ini yang perlu ada disetiap rumah ya teh, selain untuk tahanaman hias ternyata beberapa tanaman diatas memiliki khasiat yang bermanfaat

    ReplyDelete
  23. Wah ternyata banyak sekali manfaatnya.. ane malah baru tau :-)

    ReplyDelete
  24. kalau tanaman bakung putih saya mah belum pernah lihat. Kalau kumis kucing lagi nanam soalnya disini laku tanamannya di jual akan tetapi dalam keadaan kering karena untuk obat herbal,

    ReplyDelete