10 Sayuran Berkhasiat Obat

10 sayuran berkhasiat obat. Dari segi kesehatan, sayuran memegang peranan penting bagi kehidupan manusia. Manfaat mengonsumsi sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi, tetapi bukan itu saja, dengan mengonsumsi sayuran juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit tertentu sebab kandungan sayuran berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit dan juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Berikut 10 sayuran yang biasa kita konsumsi dan berkhasiat mengobati penyakit. Diantaranya :

10 Sayuran Berkhasiat Obat


Brokoli Mengandung lemak (4.5 g), energi 32 (kal), protein (0.3 g), karbohidrat (5.9 g), vitamin A (2.499 SI), vitamin B1 (0.17 mg), B2 (0.32 mg), B3 (0.9 mg), asam folat (130 mkg), vitamin C (113 mg), B6 (0.21 mg), vitamin E (1 mg), kalium (381.9 mg), natrium (15 mg), kalsium (103 mg), seng (0.65 mg), seng (0.65 mg), fosfor 78 mg), megnesium (18.5 mg).

Brokoli berkhasiat membangkitkan sistem kekebalan, melawan kanker, melawan penyakit jantung dan infeksi, membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita hamil, memperkuat sistem sarap bagi bu dan bayi, dan membantu penderita depresi.

2. Kangkung
Kangkung mengandung serat (2 g), Besi (2.3 mg), Natrium (7 mg), energi (28 kcal), protein 3.4 g), lemak (0.7 g),  kalsium (67 mg), phospor (54 mg), vitamin C (17 mg), B1 (0.07), B2 (0.36), B6 (2 mg), dan sejumlah senyawa fitokimia yang banyak berguna bagi tubuh.

Kangkung berkhasiat mengobati anemia, menurunkan kolesterol, anti diabetes,  anti penuaan, mencegah radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Bayam
Bayam mendapat julukan rajanya sayuran karena mengandung kalori (36 kcal), vitamin A (6.090 SI) vitamin B (0.08 mg), vitamin C (80 mg) protein (3.5 g), fosfor (67 mg), besi (3.9 mg), kalsium (265 mg), serta air garam (86.9 mg) dan juga sejumlah lutein dan asam folat.

Bayam berkhasiat mencegah bayi lahir cacat, mencegah penyakit jantung, mencegah anemia, melawan sel kanker, membantu penglihatan, anti inflamasi, menurunkan kolesterol, anti diabetes, baik bagi tulang, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan banyak lagi khasiatnya.

4. Kubis
kubis mengandung fosfor (60 mg), mineral, kalsium (27 mg), potasium (229 mg), zat besi (0.9),  sodium (8 mg), vitamin A, B komplek, C (73 mg), dan sejumlah nutrisi, mangan, khrom, dan antioksidan penting bagi kesehatan.

Kubis berkhasiat melawan kanker, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan, baik bagi tulang gigi, sistem saraf, ginjal dan jantung, melawan influenza, dan kesehatan kulit.

5. Wortel
Wortel adalah jenis umbi yang kaya akan vitamin tercatat wortel mengandung kalori (42 kal), natrium (32 mg), lemak (0.3 g), kalsium (3.9 mg), fosfor (37 mg), besi (0.8 mg), serat (0.9 mg), protein (1.2 g), vitamin A (12000 SI), vitamin B1 (0.06 mg), B2 (0.04 mg), vitamin C (6 mg) niacin 0.6 mg), karbohidrat (9.3 g), serta air (88.2 g).

Wortel berkhasiat meningkatkan kekebalan, menghambat dan melawan semua jenis kanker, mencegah penyakit rabun senja, menyehatkan mata, menguatkan saraf, baik untuk lambung, mencegah asam urat, menyehatkan gigi dan gusi, mencegah serangan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan ketahanan bagi usus besar, serta sarana yang sangat bagus untuk memelihara kecantikan kulit.

6. Tomat
Tomat mengandung protein (1 g), lemak (0.1 g), karbohidrat (4 g), serat (0.6 g), kalori 21,  besi (0.4 mg), vitamin A (1000 UI), B1 (50 UG), B2 (40 UG), niacin (0.7 mg), vitamin C (25 mg), kapur (15 mg), fosfor (30 mg), air (0.3 g).

Tomat berkhasiat mencegah kanker, baik bagi jantung, anti bakteri, anti inflamasi, bersifat membuang racun, baik bagi usus, menambah produksi sperma, menjaga kesehatan mata, mencegah penggumpalan darah, mencegah wasir dan sembelit, baik bagi kulit sebagai sarana kecantikan.

Seledri mengandung energi (20 kal), protein (1.0), lemak (0.1 g),  fosfor (40 mg), zat besi (1.0 mg), vitamin A (130 SI), vitamin b1 (1.02 mg), karbohidrat (4.6 g), kalsium (50 mg), vitamin C (11 mg), 1ir (93.0 g).

Seledri berkhasiat peluruh kencing, peluruh haid, menurunkan tekanan darah, penghenti pendarahan, karminatif, pembersih darah (detoks), anti kanker, anti kejang, menghentikan sel kanker, memperbaiki persendian, tulang dan jaringan ikat, serta menghambat pertumbuhan sel tumor.

8. Pare
Pare atau peria dalam 100 g mengandung lemak (0.1 g), karbohidrat (4.5 g), kalori ( 19 kal), protein (0.8 g), serat (1.6 g), kalsium (288 mg), fosfor (54 mg), kalium (270 mg), besi (2.3 mg),  beta-karoten (110 mg), vitamin C (57 mg), natrium (2 mg), niasin (0.3 mg), dan air (94 g).

Pare atau peria berkhasiat sebagai penurun panas, memperlancar ASI, obat cacing,  batuk, luka bisulan, penambah nafsu makan, sakit nipas, sakit dan terlambat haid, malaria, kencing nanah, sembelit dan lever.

9. Sawi Hijau
Sawi hijau mengandung kalori, vitamin A , vitamin B (niasin, tiamin dan ribloflavin), C, E dan K, juga kalium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, sodium, lemak, folat, mangan, dan air.

Sawi berkhasiat mengendalikan kolesterol, membantu penderita wasir, sembelit dan melancarkan usus. Sawi juga menyehatkan tulang dan gigi, mencegah arthtritis, osteoporosis, menyehatkan pada masa kehamilan, mengandung antioksidan sehingga melawan kanker prostat, usus, ovarium, dan kanker payudara, serta anemia, sawi juga membantu penglihatan dan baik bagi kulit untuk sarana kecantikan.

10. Selada
Selada mengandung energi (15 kal), fosfor (25 mg), kalsium (22 mg), protein (1.2 g), lemak (0.2 g), karbohidrat (2.9), besi (1), vitamin A (540 IU), B1 (0.4 mg), vitamin C (8 mg).

Selada berkhasiat mencegah penuaan dini, menguatkan tulang, meningkatkan kesuburan, menjaga kestabilan darah, menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan gigi, membentu memproduksi sel darah merah, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, membantu sembelit, melawan insomnia, serta meningkatkan kesehatan hati.

Subscribe to receive free email updates:

41 Responses to "10 Sayuran Berkhasiat Obat"

  1. Kalo di desa saya buah Pare ini biasa di sebut PERIA, dengan rasanya yang pahit banyak orang yang kurang suka buah ini seperti saya sendiri juga kurang suka makan buah ini pahit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, pare atau peria, ditempatku namnya paria beda dikit

      Delete
    2. pare atau paria apa yang ngga pahit hayo...?

      Delete
    3. aduh c akang lama ga datang langsung maen tebak-tebakan

      Delete
  2. Cuma pare yg blum pernah aku makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma mas rianda yang belum makan pare hehe...

      Delete
    2. hah...kang rianda belom pernah makan pare....sungguh...terlalu

      Delete
  3. dari 10 sayurtan diatas, yang sampai saat ini masih sering saya makan adalah pare,brokoli,wortel dan tomat, tapi lebih sering parenya.meskipun pahit tapi nikmat rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pare memang terkenal pahit, tapi kaya akan khaiat ya mas..

      Delete
  4. Suka banget sama sayuran yang disebutkan teh santika kecuali seledri, ga tau kenapa ga suka banget makan itu, entah itu di bakso atau di nasi goreng -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ga tau kenapa neng ai ga suka seledri coba, hehe..

      Delete
    2. oleh karenanya...kadang saya merasa sedih

      Delete
  5. aku paling suka sayur pare.
    kadang cuma direbus aja akupun suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa bumbu gitu, hebat benget mas..

      Delete
    2. liat ajah dengan seksama...tampangnya kan Reo...mirip kan?

      Delete
    3. oom diatas ternyata disini jadi artis ya hihih :) dari begitu banyak hanya brokali yang saya suka

      Delete
    4. aduuh mba leony, sebuah kehormatan dikunjungi mba ini, trims ya..

      Delete
  6. Nah pakcoy enak juga tuh buat campuran ngemie

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada pakcoy, atau pekcay, kalo ditempat saya namnya sosin..

      Delete
    2. anak saya yang bungsu malah terbalik...pekcoy jadi coypek...masa

      Delete
  7. sayuran kesukaan saya itu tuh sayuran pare...

    ReplyDelete
  8. saya kebanyakan sering mengkonsumsi sayur kangkung dan bayam teh, kalo yg lainnya cuma kadang2 saja hehehee... ternyata semua sayuran ada khasiatnya untuk obat ya teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditempat mas eka aku banyak nemu kebunnya kang..

      Delete
  9. saya sih biasanya makan wortel yang masih mentah, baik juga untuk kesehatan mata kan mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba dimakan mentah lebih baik..

      Delete
  10. Brokoli ini yang sepertinya agak jarang saya santap Hiehiheiheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa dipontianak ga ada masep..? perlu dikirimkah brokoli keasana masep heiheiheihei..

      Delete
  11. Ternyata pare banyak mempunyai khasiat obat ya mbak, tapi saya kurang suka pare, pahitnya itu yang bikin kurang nikmat dimakan hehe Terima kasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pare memang pahit mas, dan jika diolah menjadi tak pahit khasiat akan kandungannya akan berkurang..

      Delete
  12. rata-rata sayuran dapata menghambat terjadinya kanker ya teh, saya kan perokok jadi harus makan ini ya teh.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga dihilangkan rokoknya mas hendri..? hehe..

      Delete
  13. Sayuran diatas banyak mengandung khasiat, Tapi kenapa orang yang berpenyakit asam urat dilarang makan hampir semua sayuran diatas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak sepenuhnya dilarang kok mas, cuma dibatasi saja, karena tubuh lebih mudah membuang purin dari sumber nabati, jadi bagi yang mempunyai kadar asam urat berlebih, mengonsumsinya sekedar kebutuhan tubuh saja..

      Delete
  14. ternyata banyak sayuran yang umum dan sering kita makan mempunyai khasiat obat ya mbak. kayaknya memang perlu diperbanyak makan sayur agar bisa terhindar dari beberapa penyakit dan tambah sehat juga. ok makasih info dan pencerahannya. salam sahabat blogger.


    oh ya maaf baru bisa bersilaturrhmi ke blog teh santika. kemarin pekerjaan banyak menyita waktu. makanya sekarang silaturrahmi aja udah hampir jam 2 dini hari. mungkin orangnya udah tidur.....tapi gak papa ya mbak. heee. ok selamat mimpi indah. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimak kasih mbah ternyata mbah masih ingat saya hehe.. maafkan saya juga yang sudah lama sekali belum bersilaturahim ke bengkelnya mbah, sekali lagi trims banyak yah...

      Delete
  15. aku sangat pecinta sayuran teh santika kecuali pare aku engga suka karena pahit hehehe

    ReplyDelete