Manfaat dan Khasiat Buah Leci

Manfaat dan Khasiat Buah Leci. Buah leci sebagian menyebutnya buah lici, karena nama botaninya Litchi chinensis Sonn atau Dimorcarpus litchi lour dari family Sapindaceae. Leci adalah buah lezat mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan, Buah ini dari dataran China dimana disana buah ini disebut dengan King of fruit atau rajanya buah  yang dipersembahkan bagi kaisar sekitar 2000 SM lalu. Demikian diceritakan dalam literatur China 1059 M sampai abad ke 17. Kemudian buah ini tersebar ke Burma dan India setelah 100 tahun lalu. Jika dilihat sekilas buah leci yang kecil ini dekat sekali familinya dengan rambutan dan lengkeng mempunyai rasa yang manis dan berbiji, perbedaanya buah leci kulitnya lebih halus. Sedangkan kandungan leci ini kaya akan nutrisi dan vitamin C yang melimpah, tentu saja tidak hanya enak dikonsumsi tetapi bermanfaat juga bagi kesehatan. Berikut tabel kandungan dari buah leci.


Kandungan buah leci

Energi     66KC
karbohidrat    16.53g
Gula    15.23g
Serat       1.3 g
Protein     0.83 g
Vitamin B1  0.011mg
Vitamin B2  0.065mg
Vitamin B3  0.603mg
Vitamin B6   0.10 mg
Vitamin B9       14 ug
Vitamin C   71.5 mg
Kalsium        5 mg
Magnesium      10 mg
Mangan  0.055mg
Fosfor      31 mg
Kalium    171 mg


Manfaat dan Khasiat Buah Leci 

Dengan komposisi diatas buah leci dipercaya berkhasiat untuk kesehatan, diantaranya :

1. Hindari Kanker

Leci memiliki sifat anti-kanker. Buah ini memiliki kandungan flavonoid yang membantu untuk melawan penyakit mematikan seperti kanker. leci juga berisi Flavones, quercitin dan kaemferol yang merupakan senyawa ampuh dalam mengurangi proliferasi sel kanker.

2. Penyakit Jantung

Leci menormalkan tekanan darah dan denyut jantung sehingga melindungi terhadap stroke dan penyakit jantung koroner. 1 gelas jus leci setiap hari menormalkan detak jantung. Leci mengandung tingkat tertinggi kedua dari polifenol yang mempromosikan kesehatan jantung. Anti-oksidan dalam leci dapat menghindari katarak, meningkatkan kekebalan tubuh,  dan memblok semua penyakit kardiovaskular.


3. Membantu pencernaan

Leci menjaga pencernaan yang kuat, meningkatkan nafsu makan dan menyembuhkan mulas dan rasa panas di perut, kandungan air serta vitamin C nya meningkatkan energi dalam tubuh. Benih leci mengandung zat yang digunakan untuk masalah saluran usus dan membebaskan tubuh dari cacingan. Leci mengandung serat larut yang mengontrol masalah usus dan menjaga perut bebas dari senyawa beracun serta membantu membersihkan usus besar.


4. Menjaga kesehatan tulang

Leci merupakan sumber yang kaya fosfor dan magnesium untuk mendukung tulang kuat, juga mengandung mineral seperti tembaga dan mangan menjaga tulang rapuh. Sedangkan seng dan tembaga dapat meningkatkan efektivitas vitamin D yang meningkatkan asimilasi kalsium yang dapat memelihara kesehatan tulang. Baca juga Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang


5. Vitamin C

Buah leci kaya akan vitamin C yang dibutuhkan tubuh, dimana tubuh tidak memproduksi vitamin ini secara alami. Jika mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, maka tubuh akan terbantu mengembangkan resistensi terhadap infeksi serta menghindari dari radikal bebas yang berbahaya. 


6. Oligonol

Oligonol adalah polifenol berat molekul rendah yang ditemukan berlimpah dalam buah leci. Oligonol memiliki beberapa anti-oksidan dan anti-influenza hindari virus. Hal ini juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Oligonol menurunkan lemak, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi garis-garis wajah dan bintik hitam, serta meningkatkan stamina.


7. Vitamin B

Leci merupakan sumber vitamin B kompleks seperti riboflavin, thiamin, folat, dan niasin. Vitamin ini berguna bagi tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Serta memiliki Beta karoten yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi hati serta organ lainnya.



8. Berat badan

Buah leci mengandung kalori yang rendah, juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol ditunjang serat makanan yang sangat signifikan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Baca juga Resep Tradisional Mengecilkan Perut Buncit


9. Anti-penuaan

Kulit itu bertambah tua seiring bertambahnya usia, beberapa faktor penyebabnya adalah radiasi uv sarta asap yang menjadikan kulit kusam tampak tua, ditambah pengaruh radikal bebas menjadi sumber utama berubahnya penampilan kulit sehingga tampak lebih tua dari pada proses alami. Buah leci merupakan sumber vitamin C yang dengan antioksidan nya mampu melawan radikal bebas hindari penuaan, kandungan oligenol juga efektif hilangkan tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam serta garis halus pada kulit. Kunjungi juga Obat Awet Muda Dari Tanaman Berkhasiat


10. Perlindungan dari Radikal Bebas

Leci memiliki kandungan tinggi vitamin C, antioksidan, flavonoid, phytonutrient dan Vitamin B-kompleks. Yang mana antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radiasi UV dan polusi. Antioksidan menetralisir radikal bebas, dan melindungi sel kulit dari kerusakan. 


11. Nutrisi ramah terhadap kulit

Leci adalah sumber nutrisi yang ramah terhadap kulit seperti thiamin, niacin, dan tembaga. Thiamin membantu tubuh dalam metabolisme lemak dan protein untuk kesehatan kulit. Sedangkan niacin dapat meningkatkan hidrasi pada kulit sementara tembaga,  membantu untuk mempercepat penyembuhan kulit yang rusak. Semua manfaat ini membuat leci buah super untuk kulit Anda.


Disqus Comments