Manfaat Buah Lengkeng Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Lengkeng Bagi Kesehatan. Tanaman lengkeng Nephelium longanum (sebagian menyebut kelengkeng) berasal dari daerah subtropis negara China, tanaman ini masih satu famili dengan leci dan rambutan, pohonnya bisa menjadi besar dan daunnya rimbun, berbatang kayu  kuat serta buahnya berbentuk malay yang tumbuh diujung ranting. Daging lengkeng berwarna putih kekuningnan dengan rasa yang manis segar dengan aroma yang vareatif.

Nilai gizi lengkeng
Buah lengkeng mengandung jumlah yang kaya vitamin C yaitu sebesar 80% dari kebutuhan harian. Kaya akan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium dan kalium, serta kaya akan vitamin A dan anti-oksidan. Berikut kandungan Nutrisi Nilai (per 100g)



Lengkeng SegarNilaiLengkeng KeringNilai
Kalori

Kalori285
Air83 gAir17,6 g
Vitamin C84 mgVitamin C 28 mg
Protein1,3 gProtein5 g
Kalsium266 mgKalsium45 mg
Karbohidrat25 gKarbohidrat74 g
Serat1.3 gSerat
B1 (tiamin)0.031 mgB1 (tiamin) 0,04 mg
B2 (Riboflavin)0,14 mgB2 (Riboflavin)0,5 mg
B3 (Niacin)0,3 mgB3 (Niacin)1 mg
Besi0,13 mgBesi5,4 mg
Kalium266 mgKalium658 mg
Magnesium10 mgMagnesium46 mg
Seng0,05 mgSeng0,22 mg

Manfaat Lengkeng Bagi Kesehatan


Buah kelengkeng sangat populer dan bermanfaat sebagai makanan pelengkap. Disamping rasanya yang mains dan segar juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Baik bagi saraf

Buah kelengkeng memberikan efek relaksasi pada saraf dan terbukti meningkatkan fungsi saraf, menekan emosi marah yang lebih rendah dan mengurangi kelelahan. Buah ini mengobati neurosis neurasthenic serta insomnia dan juga mampu untuk menangani gangguan neurasthenic dan tidur.

Mempercepat penyembuhan

Lengkeng mempunyai kemampuan untuk mempercepat penyembuhan dan meningkatkan masa muda, kandungan polifenol, membantu untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel, dan juga membantu untuk mengurangi risiko mengembangkan jenis kanker tertentu.

Mencegah Anemia

Lengkeng meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan asimilasi zat besi dalam tubuh manusia. Dalam hal ini kandungannya mampu mencegah terjadinya anemia.

Rendah lemak dan kalori

Mengonsumsi lengkeng adalah cara sehat bagi yang ingin mengurangi lemak dari tubuh. Kandungtan karbohidrat komplek yang ada pada buah lengkeng dapat meningkatkan energi, serta stamina. Jika diukur setengah cangkir lengkeng hanya mengandung  35 kalori dan menjadi tambahan sehat untuk diet rendah kalori.

Tinggi Vitamin C

Lengkeng mengandung jumlah tinggi vitamin C yang berguna dalam menjaga tubuh dari dingin dan flu dan meningkatkan mekanisme pertahanan. Kandungan vitamin C membantu dalam menyerap zat besi juga meningkatkan kondisi kulit.

Menyehatkan kondisi jantung

Selain mengurangi stres dan kelelahan, buah  kelengkeng juga efektif dapat merangsang kondisi limpa dan hati, memberikan efek menenangkan pada sistem sarafdan meremajakan sirkulasi darah. Dengan demikian dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Baik untuk kulit

Lengkeng mengandung sifat anti-penuaan dan terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit. longo ini sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit di dekat mata, meminimalkan kulit yamg terkelupas dan meningkatkan warna kulit.

Menghilangkan racun

Benih lengkeng terbukti dapat mengobati gigitan ular,  menyerap racun dan menyembuhkan gigitannya. Benih juga mengandung saponin yang bekerja dengan baik untuk kesehatan rambut serta dapat digunakan sebagai bahan penting dalam sampo.

Disqus Comments