Makanan Pilihan Bagi Penderita Diabetes

Makanan Pilihan Bagi Penderita Diabetes. Para penderita diabetes biasanya sangat tertekan dengan pola hidup terutama pola makan, Sebetulnya tak perlu tertekan dan menimbulkan stres sehingga mengundang penyakit baru, percayalah semua penyakit dapat dilalui tanpa membuat semua orang susah.  Makan sehat bagi penderita diabetes tidaklah terlalu berbeda dengan apa yang direkomendasikan untuk semua orang. Hanya dengan memilih makanan yang sehat dan aktif dan sedikit memanej diet secara benar. Tidak perlu untuk menyiapkan makanan terpisah atau membeli makanan khusus, jadi bersantai saja dan nikmati makan yang sehat bersama dengan seluruh keluarga! Berikut sedikit tips Makanan Pilihan Bagi Penderita Diabetes.


Makanan Pilihan Bagi Penderita Diabetes



Oatmeal



Tinggi serat larut, oat lebih lambat dicerna daripada olahan karbohidrat. Mengonsumsi oat akan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah lebih lambat, yang akan mencegah lonjakan kadar gula darah. Pada studi 2012 dari Universitas Karolinska Swedia, para ahli menemukan bahwa makan empat porsi oatmeal setiap hari mengurangi risiko untuk mengembangkan pradiabetes sebesar 30 persen. Penelitian lain menunjukkan bahwa jika Anda makan Oatmeal Anda mengalami kurang peradangan, yang dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.


Kayu manis



Bumbu manis ini mengandung senyawa yang disebut hydroxychalcone, yang mana senyawa ini merangsang reseptor insulin pada sel dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap gula darah. Para peneliti dari University of California-Davis baru-baru Ulasan delapan studi yang berbeda pada kayu manis dan melaporkan bahwa sekitar setengah sampai satu sendok teh kayu manis per hari menurunkan kadar gula darah rata-rata sembilan poin di antara orang dengan diabetes. Taburi kayu manis harum ke oatmeal atau menambahkan sejumput untuk secangkir kopi.


Minyak zaitun



Pokok Mediterania ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal (MUFA), hal ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Sebuah penelitian di Spanyol menemukan bahwa orang yang makan banyak lemak yang baik saat sarapan memiliki sensitivitas insulin yang lebih baik sepanjang hari daripada mereka yang makan pagi kaya adalah lemak jenuh atau karbohidrat. MUFAs juga dapat membantu lemak perut zap, yang dapat berkontribusi terhadap peradangan dan meningkatkan risiko diabetes tipe 


Anggur



Makan buah-buahan, terutama buah anggur, strawberry, dan apel, secara umum dikaitkan dengan rendahnya risiko diabetes tipe 2, menurut sebuah studi Harvard yang diterbitkan dalam British Medical Journal pada tahun 2013. Sebagian orang yang makan dua porsi anggur setiap minggu berpeluang mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 23 persen bila dibandingkan dengan mereka yang tidak. Mengonsumsi buah segar tampaknya menjadi kunci pilihan yang baik.

Kacang

Kacang-kacangan sangat membantu bagi penderita diabetes, dengan kombinasi  unggul protein, karbohidrat berkualitas tinggi, dan serat larut yang membantu menstabilkan tingkat gula darah Riset dari studi Archives of Internal Medicine menemukan bahwa pasien diabetes tipe 2 yang makan lebih banyak kacang-kacangan telah meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Baca juga Manfaat kacang polong bagi kesehatan.


Putih telur

Telur memberikan dosis protein yang besar (6 gram per butir), dan merupakan pilihan yang sehat dibandingkan dengan daging. Untuk penderita diabetes, ahli gizi menganjurkan membatasi kuning sampai sekitar seminggu tiga kali, tetapi dibolehkan mengonsumsi putih telur dengan sering. karena putih telur memiliki sekitar 16 kalori dan 4 gram protein, menurut catatan ahli gizi Joy Bauer, RD di website-nya, menyebutkan, telur makanan yang sempurna untuk kontrol gula darah, dan penurunan berat badan atau pemeliharaan berat badan.

Olahan susu tak berlemak



Vitamin D, Kalsium, magnesium pada susu, keju, dan yogurt membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin, menurut Diabetes Diet 2-Day. Bahkan, peneliti Harvard Medical School menemukan bahwa setiap porsi susu setiap hari mengurangi risiko resistensi insulin lebih dari 20 persen. Penelitian Perancis juga telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua porsi susu setiap hari sekitar 26 persen lebih mungkin untuk menekan masalah gula darah tinggi


Kubis

Semua sayuran sangat penting untuk diet diabetes yang sehat,  sayuran hijau seperti kubis, bayam dan brokoli adalah pilihan yang sangat tepat. Kaya nutrisi seperti magnesium dan vitamin K, kubis  telah dikaitkan dengan kontrol gula darah yang lebih baik, menurut buku Digest 2-Hari Diabetes Diet Reader itu. Cruciferous sayuran juga mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengontrol gula darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular.


Ikan

Penelitian menunjukkan orang yang cukup dengan kadar omega-3 asam lemak pada ikan adalah salah satu yang terbaik, memperlambat penyerapan karbohidrat, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mencegah diabetes, serta bisa membantu bagi yang sudah menderita diabetes. sehingga membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.


Bawang putih



Walaupun masih belum jelas manfaatnya  terhadap diabetes secara langsung, tapi bawang putih diketahui dapat mengurangi kolesterol, senyawa allicin membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah kemungkinan pembekuan darah, juga mengurangi risiko stroke, serta menurunkan tekanan darah, yang berhubungan dengan  indikasi risiko diabetes.


Ubi jalar





Ubi jalar yang dikenal dengan sweet potatoes, aman dikonsumsi penderita diabetes. Ubi jalar mempunyai indeks glikemik yang rendah, nilai indeks rendah ini tak akan mempengaruhi pada tingkat gula darah pasien diabetes, selain itu umbi juga mengandung banyak serat seperti dilansir oleh Boldsky (12/12) juga diulas oleh merdeka.com, kandungan beta-karoten, magnesium, potasium, serta vitamin C yang baik untuk penderita diabetes.

Silahkan dikonsumsi, Anda boleh memilih kapan menu diatas dihidangkan boleh siang ataupun malam sesuai keinginan, selamat mencoba, dan sehat selalu..

Disqus Comments