Khasiat Ketumbar Bagi Kesehatan

Khasiat Ketumbar Bagi Kesehatan. Ketumbar itu bijinya itu sering digunakan untuk penyedap masakan tradisional, tentu tak hanya khasiat bijinya saja, daun ketumbar pun yang hampir mirip daun seledri, khasiat dan manfaatnya sering dijadikan taburan masakan, Masyarakat Thailand menamakannya phak chee, sedangkan didaerah Erofa selatan ketumbar yang sudah dikeringkan dinamakan fruktus cariandri, sedangkan di Amerika daun ketumbar dinamai juga Chinese parsley

Kandungan Ketumbar
Jika dihancurkan biji ketumbar mengeluarkan rasa seperti sitrun, kandungannya terdiri dari terpena linalool dan pinena, rasanya hangat, pedas, gurih, manis keasaman seperti buah sitrun. Kandungan penting lainnya adalah kalium fosfor, seng, tembaga, serta selenium yang sangat berguna untuk kesehatan. Ketumbar juga menjadi sumber kalsium, magnesium, zat besi dan mangan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Zat lain yang terkandung dalam ketumbar, Sabinena, mirsena, geraniol, dekanal, disilaidehida, trantridesen, asam petroselinat, asam oktadasenat, kamfena dan felandren.

Nutrisi yang tekandung didalam ketumbar


Nutrisi 1 sdm = 5 g
Kalori 15
Natrium 2 .2mg
Karbohidrat 3 g
Vitamin C 1.1 mg
Kalsium 34.4
Magnesium  16.5
Zat besi 0.8
Fosfor 20.5
Kalium 63.3
Seng 0.2 mg
Mangan 0.1 mg
Selenium
1.2 mg

Jika dilihat sekilas tampilan ketumbar itu hampir menyerupai biji lada, tapi jika dilihat perbedaanya biji ketumbar lebih kecil 1-2 mm saja dan biji ketumbar lebih ringan daripada biji lada.

Khasiat Ketumbar Bagi Kesehatan



Menurunkan kadar kolesterol
Sebagian penelitian menunjukan bahwa total kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dapat diturunkan dengan biji ketumbar, ketumbar juga salah satu resep berguna dalam managemen diabet. Masukan 2 sendok biji ketumbar kedalam cangkir, rebus lalu saring. minum setiap hari setengah gelas.

Mengatasi anemia
Kandungan alami dari ketumbar seperti zat besi, Vitamin A, K dan C juga asam folat serta magnesium kalsium sangat baik bagi tubuh, kandungan itulah yang berkhasiat untuk membantu mencegah anemia.

Atasi diare
Hasil penelitian University of Beira Interior, portugal, ketumbar bisa mengatasi diare, Hal ini dibuktikan bahwa kandungan yang dipakai obat  tersebut adalah minyak ketumbar dengan konsentrat 1.6%, minyak ketumbar tersebut dicampur dengan bakteri lain, laporan bisa didapat dalam Journal of Medical Microbiology.

Atasi gangguan pencernaan
Minyak Ketumbar berkhasiat membantu mensekresi enzim juga cairan pencernaan perut, Hal ini dapat merangsang proses pencernaan dan mempermudah organ perut dalam usus dan lambung. Khasiat lain pada ketumbar juga mempunyai kemampuan untuk melawan salmonella (penyebab sakit perut).

Atasi gangguan mata
Zat antioksidan serta vitamin A pada daun ketumbar mampu mencegah dan mengatasi gangguan pada mata, dengan demikian resiko untuk mengalami gangguan mata dapat dihindari jika sering mengkonsumsi kandungan yang ada pada ketumbar.

Mengatasi nyeri haid
Daun ini mengandung aneka macam asam yang tinggi yang mana dapat membantu mensekresi hormon serta mengatur siklus menstruasi. daun ketumbar juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat Haid.

Mengurangi bau badan
Daun ketumbar bisa mengeluarkan beberapa racun dari dalam tubuh,  bakteri penyebab bau badanpun juga ikut hilang (baca cara menghilangkan bau badan),  jika anda mempunyai masalah dengan bau badan, mungkin dengan menaburkan serbuk ketumbar kemakanan anda bisa mengatasi masalah tersebut.

Dengan  informasi Khasiat ketumbar bagi kesehatan dari tanaman berkhasiat, mudah-mudahan menjadi informasi yang berguna bagi anda untuk menggunakan obat-obatan alami tradisional. Mudah-mudahan ada guna dan manfaat.

Disqus Comments