Khasiat Daun Binahong Obati Penyakit

Khasiat Daun Binahong Obati Penyakit. Binahong atau yang disebut dengan auderra cardifola sangatlah terkenal dengan khasiat dan pengobatannya, bahkan di China tanaman ini sudah digunakan untuk obat penyembuhan sejak puluhan abad lalu. Tanaman ini berasal dari Korea yang sudah tersebar keseluruh dunia dan di Indonesia sendiri tanaman ini populasinya semakin berkurang. Tanaman ini dibudidayakan sebagai tanaman hias dan juga sebagai tanaman herbal.

Masyarakat sering menyamakan tanaman gandola (bassella alba) dengan binahong (Audera cardifola) karena sama-sama tumbuh merambat. Kedua tanaman tersebut memang kerabat famili Basselaceae. Perbedaannya gandola pada daun lebih panjang serta batangnya lebih tebal, yang paling mencolok adalah ketika tanaman sudah dewasa, tanaman binahong batangnya berumbi sedangkan gandola tidak.



Khasiat Daun Binahong Obati Penyakit


Kandungan binahong sendiri adalah saponin, alkaloid, Minyak Atsiri, Asam Oleanolik, serta polifenol, Saponin merupakan senyawa aktif permukaan dan bersifat seperti sabun, senyawa saponin memberikan hasil sebagai antibakteri, minyak atsiri dapat digunakan sebagai bahan antiseptik internal dan eksternal, bahan hemolitik atau enzimatik, analgesik, sedativ, stimulan, untuk obat sakit perut, bahan pewangi kosmetik dan sabun, sedangkan pada daun binahong banyak sekali terdapat kandungan yang berkhasiat, terutama asam oleanolik yang merupakan golongan triterpenoid yang merupakan antioksidan pada tanaman. (Guenther, 1987)

Dengan kandungan diatas berdasarkan lansiran bubblews.com tanaman binahong dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit diantaranya :

Kanker
Cuci dan rebus 30 g daun binahong dengan menggunakan 1 liter air sampai menyisakan 600 cc saja, saring dan minum 3 kali sehari masing-masing 200 cc.

Obat Luka Bakar
Ambil dan cuci daun binahong lalu remas sampai keluar minyak lendir setelah itu tempelkan pada kulit yang terluka bakar, Lalu biarkan sebentar. cara seperti ini berguna mengeringkan luka dengan cepat.

Obat Ambeien
Cuci 16 daun binahong dengan bersih, lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, saring dan minum 1 gelas sehari.

Obat Darah Rendah
Cuci hingga bersih 8 lembar daun binahong dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah disaring minum sehari sekali 1 gelas.

Gusi Berdarah
Cuci 4 lembar daun binahong lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah itu saring dan kumur-kumur dan diminum 1 kali sehari.

Melancarkan Haid
Cuci bersih daun binahong 4 lembar. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai mendidih, setelah itu saring dan minum satu gelas satu hari. kunjungi juga Obat Tradisional Atasi Nyeri Haid

Obat Batuk
Cuci bersih 10 lembar daun binahong dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu disaring dan minum sehari sekali setiap hari.  Baca Obat Batuk Alami

Pembangkit Stamina
Ambil dan cuci bersih daun binahong 1 lembar saja, direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih, lalu diminum setiap hari secara rutin. Kunjungi juga Makanan Sehat Alami Penambah Stamina

Kencing Manis
Sediakan 11 lembar daun binahong, kemudian direbus dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, setelah disaring bisa diminum setiap hari satu gelas dengan teratur.

Disqus Comments