Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan. Delima yang bernama botani Punica granatum L. dari keluarga punicaceae merupakan tanaman yang sering dijumpai dihalaman untuk dikonsumsi ataupun dijadikan tanaman hias. Buahnya sangatlah lezat dan dapat dimakan langsung atau dibuat jus. Buah ini memiliki kandungan senyawa yang sangat luar biasa dan sangat berguna bagi kesehatan manusia terutama antioksidanya yang tinggi sebagai tameng dari aneka macam radikal bebas, selain itu buah delima juga mengandung kalsium oksalat, alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, elligatanin, resin, triterpenoid, isoquercitrin dan pati. Dan jika buah delima dibuat jus, maka kandungan senyawanya meliputi mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium) vitamin A, vitamin C, dan tanin.


Khasiat Buah Delima Bagi Kesehatan


Hampir semua bagian dari tanaman delima mepunyai khasiat untuk penyembuhan, tapi yang paling sering dikonsumsi orang-orang tentu saja buahnya, disamping lezat bermanfaat pula untuk menghindari beberapa penyakit seperti :

Mencegah penyakit jantung 
Delima yang sarat dengan polifenol yang memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan mencegah kerusakan radikal bebas dari dinding arteri, sehingga mencegah penyakit jantung. Delima juga juga mencegah oksidasi kolesterol, yang menyebabkan pembentukan plak dan perkembangan penyakit arteri koroner.

Menurunkan tekanan darah
Delima membantu menurunkan tekanan darah dengan mencegah aktivitas serum enzim angiotensin-converting. Asam Punicic adalah salah satu unsur utama buah delima yang membantu menurunkan kolesterol, trigliserida dan menurunkan tekanan darah. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa komponen delima mengurangi faktor risiko untuk penyakit jantung, pada pasien dengan tingkat diabetes dan LDL darah.

Mencegah kanker
Delima dapat menghindari beberapa penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker kulit, karena kehadiran antioksidan dan polifenol di dalamnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus buah delima dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan menginduksi kematian alami di dalamnya. Senyawa tertentu dalam buah delima memiliki kemampuan anti-inflamasi

Membantu pencernaan
Jika ingin mempunyai pencernaan yang sehat, sepertinya anda harus menyertakan delima pada menu harian. Makan buah delima setiap hari adalah cara yang baik untuk menambahkan serat pada diet harian. Jika mengonsumsi satu buah delima, maka dapat memenuhi sekitar 45% dari asupan serat harian yang disarankan, yaitu sekitar 20 sampai 35g.

Meningkatkan kekebalan
Delima kaya akan senyawa anti-inflamasi, buah delima sangat sehat bagi mereka yang menderita gangguan kekebalan seperti rheumatoid arthritis dan osteroarthrits. Buah delima juga kaya akan vitamin C, dimana vitamin ini meningkatkan produksi antibodi dan pengembangan imunitas. Delima dapat membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit infeksi.

Meningkatkan libido
Sejak zaman dahulu, buah delima telah dianggap sebagai simbol kesuburan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Queen Margaret University, segelas jus delima meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita. Kandungan ini menjadikan afrodisiak alami yang sangat bagus untuk kehidupan sek-s Anda. studi lain menunjukkan bahwa buah delima mengandung senyawa tertentu yang mirip dengan steroid sek-s yang ditemukan dalam sistem manusia.keinginan.

Membuat  terlihat lebih muda
Pernah bertanya mengapa kita menjadi tua dan kulit kita menjadi keriput? itu karena kerusakan radikal bebas yang mempengaruhi sel-sel kulit. Senyawa polifenol dalam buah delima adalah antioksidan kuat yang dapat menunda proses aeging. Oleh karena itu, Maka dengan mengonsumsi delima menjadikan kulit bersinar dan bercahaya dengan waktu yang lama.

Menurunkan tingkat stres
Selain mengurangi stres oksidatif internal tubuh, buah delima juga membantu menurunkan stres psikologis yang menjalani kehidupan pribadi dan profesional. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Queen Margaret University, orang yang minum jus buah delima memiliki tingkat kortisol lebih rendah dari hormon stres yang meningkat pada saat situasi stres.

Menghindari Alzheimer 
Para peneliti menunjukkan bahwa buah delima berperan penting dalam mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer. Sebuah studi yang dilakukan oleh Hartman menunjukkan bahwa jus buah delima mengurangi deposisi dan akumulasi amiloid di wilayah hippocampus otak sebesar 50%, yang dapat dipertimbangkan untuk perbaikan penyakit Alzheimer.

Mencegah pembentukan plak 
Jika anda selalu mencuci mulut dengan minuman, maka jus delima adalah pilihan yang tepat daripada alkohol. Dalam buah delima ada senyawa tertentu yang menunjukkan efek antiplak yang kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak hydroalcoholic delima efektif menurunkan pembentukan plak gigi karena mikroorganisme membangun hampir 84%.

Karena kandungan positif yang sangat besar dari buah delima, maka layaklah buah ini dijadikan konsumsi rutin untuk mendapatkan rasa yang lezat dan tubuh yang sehat. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments