8 Makanan Agar Tidur Nyenyak Berkualitas

8 Makanan Agar Tidur Nyenyak Berkualitas. Coba ingat semalam tadi, apakah cukup istirahatmu? Jika terganggu dan galau, mungkin dampaknya sekarang Anda kurang fit dan tak bisa konsentrasi pada aktifitas hari ini, semoga hal itu tak terjadi ya.. Semua orang rata-rata menginginkan tidur yang cukup, tidak usah lama tapi cukup berkualitas, dan tak menginginkan tidur itu cuma merem, tapi pikiran masih bekerja, karena berdampak pada vitalitas keesokan harinya. Jika anda tak merasa punya masalah pada kesehatan, tapi sulit untuk menemukan istirahat (tidur) yang benar, mungkin beberapa tips dibawah ini bisa sedikit membantu, mari kita simak..

Menurut sebuah studi dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, makan dengan benar, dapat bermimpi dengan benar, karena ada nutrisi yang memainkan peran tertentu dalam pola tidur kita. Mereka yang memiliki pola tidur sehat diketahui mempunyai kebiasaan diet ketika menjelang tidur dengan nutrisi yang baik. Jika Anda menginginkan istirahat dimalam hari secara nyenyak, lelap dan berkualitas, maka makanan ini dapat membantu tidur Anda jadi lebih baik. Simak juga Kurang tidur berdampak negatif.



8 Makanan Agar Tidur Nyenyak Berkualitas




1. Pisang Pisang mengandung zat yang membuat tidur lebih mudah seperti melatonin, kalium, magnesium, dan tryptophan. Kalium dan magnesium adalah zat yang bertindak menenangkan otot supaya rilek. Satu buah pisang besar mengandung 487 mg potasium dan 37 mg magnesium. Tryptophan, ketika dicerna, berubah menjadi serotonin yang mempromosikan tidur. Yang mana melatonin ini dikenal sebagai "hormon tidur" yang membuat Anda merasa mengantuk untuk membantu Anda tertidur lebih cepat dan nyaman. Baca juga Aneka Manfaat Pohon Pisang.



2. Kenari Menurut mDhil Networks, kenari dapat meningkatkan tidur karena mengandung melatonin, hormon yang menginduksi tidur dan membantu mengatur jam internal tubuh. Selain menjadi bantuan untuk tidur nyenyak secara alami dan berkualitas, kenari juga diketahui berdampak bagi jantung sehat,  antikanker, menjaga tulang yang kuat, meningkatkan suasana hati, baik untuk otak, baik untuk penderita diabetes dan juga baik bagi  mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan.




3. Buah Ceri Buah Ceri boleh juga bersama sedikit tart adalah sumber makanan yang baik dari hormon melatonin yang juga merupakan antioksidan, menurut DiseaseProof. Minum jus atau memakan ceri tart dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.




4. Selada Salad selada bersama sandwich untuk makan malam bisa membantu Anda tertidur menurut Readers Digest. Selada mengandung lactucarium, zat dengan sifat obat penenang alami. Cobalah makan selada atau jadikan minuman dari daun selada dengan cara dijus, atau seduh 5-6 daun selada dengan menggunakan air panas. Silahkan tambahkan madu atau mint untuk memberi rasa segar. Agar lebih jelas dengan kandungan selada, silahkan kunjungi Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan.



5. Susu hangat Meskipun susu itu bukan makanan, tapi secara teknis kandungan asam amino dari triptophan yang menyatu dengan melatonin dan serotonin menjadikan susu ini sebagai obat penenang. Jika anda merasa lapar ketika menjelang tidur, boleh anda tambahkan sedikit oatmeal pada susu hangat anda agar memberikan karbohidrat yang baik.


6. Madu Madu alam adalah pemanis alami yang memberikan relaksasi dan juga memberikan ketenangan. Madu membantu melepaskan melatonin dan menstabilkan gula darah. Cara yang paling baik mengaplikasikan madu adalah satu sendok teh madu dicampur dalam teh chamomile atau secangkir susu hangat. Kunjungi Manfaat dan Kandungan Madu.


7. Kentang Karbohidrat tinggi pada umbi kentang ini dapat berfungsi sebagai obat tidur alami, dengan menstimulasikan pankreas untuk menghasilkan insulin. Makanan berkarbohidrat tinggi lainnya adalah roti dan pasta. Baca Manfaat Kentang Bagi Tubuh.


8. Keju Kandungan triptophan dalam keju merupakan obat penenang alami yang menjadikan tidur Anda nyaman berkualitas. Menurut tribun jogja, cara yang baik mengonsumsi keju ketika handak tidur adalah 2 jam sebelum tidur agar terhindar dari gangguan pencernaan.

Cobalah pilih satu menu diatas ini, tak usah semuanya, dan makanlah dengan bijak. Semoga dengan sajian makanan penutupmu menjadikan tidurmu  nyaman dan berkualitas, terima kasih..

Disqus Comments