Obat Asma Tradisional

Obat Asma Tradisional. Asma adalah penyakit radang (inflamasi) pada saluran pernapasan yang menyebabkan hiperesponsif jalan nafas yang mana sipenderita mengalami kesulitan bernapas. Gejala umum pada asma berupa mengi (napas bersuara ngik), dada terasa berat, batuk-batuk, sesak napas terutama menjelang dini hari karena hormon kortisol yang rendah ketika pagi hari. pemicu asma bisa oleh alergi seperti debu, tungau atau serbuk, dan asma non alergi seperti udara dingin, asap, makanan dan obat-obatan atau asma turunan.

Penderita asma selalu mengeluhkan pernapasannya yang tak mengalir dengan lancar secara tiba-tiba, dan tentu memerlukan bantuan inhaller untuk melancarkan pernapasannya, sejauh ini beberapa khasiat tumbuhan dari tanaman sekitar sudah terbukti dapat membantu penderita asma untuk membantu meredakan napas yang tersenggal, diantaranya :

Sirih

Daun sirih masih mempunyai urutan yang bagus untuk atasi asma karena kandungan minyak atsirinya menjadikan napas lega dan hangat caranya sediakan 5 lembar daun sirih hijau atau merah lalu tumbuk halus bersama 1 sendok lada putih hingga merata, lalu tambahkan minyak kayu putih secukupnya, setelah itu oleskan pada dada dan leher untuk mendapatkan sensasi bernapas yang melegakan.

Kencur

Bumbu dapur ini mempunyai kandungan minyak atsiri yang baik, selain itu senyawa kimia kamfer, borneol sineol dan etil alcohol dapat menyegarkan pernapasan. caranya parutlah satu rimpang kencur besar kemudian peraslah airnya, campurkan 1 sendok madu bersama beberapa tetes jeruk nipis. Diminum setiap hari menjelang tidur.

Tapak dara

Tapak dara mempunyai kandungan zat alkaloid dan ekspektoran yang dapat mencairkan lendir didada dan paru-paru. Siapkan 1 bonggol akar tapak dara, kemudian rebus dengan menggunakan 5 gelas air sampai mendidih, setelah air rebusannya dingin saring dan minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Temulawak mengandung minyak atsiri, kamfer dan glokosida, antiinflamasi pada temulawak dapat membantu meredakan radang. Caranya : Sediakan 1/2 rimpang temulawak dan 1 potong gula aren. Temulawak diiris tipis-tipis lalu keringkan, kemudian rebus dengan menggunakan air 5 gelas sampai mendidih hingga menyisakan 2 gelas, masukan gula aren secukupnya, lalu saring dan minum tiap pagi dan sore 1/2 gelas.

Kandungan ekspektoran pada bawang putih sangat membantu mencairkan dahak dan lendir yang menghalangi pernapasan pasien. Caranya : Sediakan 3 siung bawang putih, 1 sendok madu dan gula batu secukupnya. kemudian bawang putih ditumbuk sampai halus lalu masukan 1 sendok madu dan gula batu secukupnya digilas sampai merata, setelah itu saring dan minum setiap pagi sampai sembuh.

Jintan

Jintan mempunyai kandungan minyak aromatik yang berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit termasuk asma. Caranya : Sediakan 4 lembar daun jintan, kemudian direbus dengan menggunakan 2 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja, kemudian saring dan diminum 2 kali sehari sampai sembuh.

Minyak menguap dan zat asam kumplit yang terkandung pada asam jawa mampu mengganti inhaller yang biasa dipakai oleh penderita asma. Caranya : Siapkan 2 potong asam jawa dan adas pulawaras secukupnya, kemudian bahan bahan tersebut direbus dengan menggunakan air 1 liter sampai mendidih, setelah dingin saring dan silahkan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Disqus Comments