Manfaat Dan Khasiat Jahe

Manfaat Dan Khasiat Jahe. Jahe pasti sangat akrab dilingkungan kita tanaman ini mudah didapat disemua daerah, diberbagai daerah seperti malang, bogor magelang dibudidayakan secara intensif, biasanya tanaman jahe di tanam ditanah bekas sawah dan digarap dengan skala besar, tapi jahe juga bisa ditanam disekitar rumah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri, rimpangnya bermanfaat buat bumbu dapur, bahan obat tradisional atau dibuat minuman segar nan menyehatkan, tanaman jahe bisa ditanam dipot rumah dijadikan tanaman hias.

Di Indonesia ada tiga klon jahe yakni jahe sunti ukurannya kecil berwarna merah sampai jingga, jahe Gajah atau disebut jahe badak ukurannya besar rimpangnya berwarna kuning hingga kuning muda, dan jahe Emprit rimpangnya lebih kecil dari jahe gajah tapi tak sekecil jahe sunti, warnanya putih bentuknya agak pipih.

Khasiat jahe
Kandungan kimia pada rimpang jahe adalah minyak asiri, mineral sineol, damar, borneol, kamfer fellangren, zingiberin, zingiberol, zingeron, gingerol, asam amino, lipid, vitamin A dan sejumlah protein. Untuk penyakit tertentu kandungan tersebut dapat dijadikan alternatif pengobatan yang diolah secara tradisional seperti :

Impoten
Ambil 2 rimpang jahe, 1 buah jeruk nipis, 1 sendok bubuk kopi, 1 butir telur ayam kampung, 1 sdm madu, merica secukupnya. Cuci jahe, parut tambahkan segelas air masak, lalu peras, tambahkan air jeruk nipism kuning telur, kemudian oplos dengan bahan lainnya, setelah itu aduk hingga merata. Diminum seminggu sekali.<

Batuk Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, lalu cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. air rebusan jahe tersebut diminum 2 kali sehari pagi sore. Baca juga Obat Batuk Alamii 

Pegal-pegal
Ambil 3 rimpang jahe dan susu segar 2 gelas, jahe dicuci bersih, bakar lalu dikuliti, lalun direbus dengan susu segar, susu jahe diminum 2 kali sehari, pagi sore masing-masing 1 gelas.

Kepala pusing
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih dan memarkan, seduh dengan 1 gelas air dan tambahkan sedikit madu atau gula aren, minum ramuan tersebut sekaligus 1 gelas.

Rematik Sediakan 3 rimpang jahe kira-kira sebesar ibu jari, lalu bakar, cuci bersih kemudian parut, tempelkan jahe bakar pada bagian tubuh yang terserabng rematik. Kunjungi juga Macam-macam Penyakit Reumatik dan Obat Tradisional Atasi Rematik

Sakit pinggang
Ambil 3 rimpang jahe dan2 buah asam jawa yang sudah masak, cuci jahe, parut dan campurkan dengan asam jawa sampai merata, oleskan pada pinggang yang sakit.

Masuk angin
Ambil 3 rimpang jahe lalu memarkan, masukan kedalam 2 gelas air bersih dan tambahkan gula aren atau madu, didihkan selama 15 menit hingga airnya tersisa separuh, saring dan minum ketika masih hangat, 2 kali sehari.

Subscribe to receive free email updates:

36 Responses to "Manfaat Dan Khasiat Jahe"

  1. Insya Allah kali ini saya dapet pertamax...
    dapet gak ya? intip dulu ah :D

    ReplyDelete
  2. wah saya baru tahu nie kalo ternyata jahe bisa juga buat mengatasi masalah sakit pinggang, ngomongin jahe saya malah jadi pengen minum wedang jahe nie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas banget kang jika suka duduk bekerja, pinggangnya suka kerasa ya

      Delete
  3. Udahan dulu ya teteh, aa mau Jum'atan dulu, jangan lupa sehabis jum'atan, wedang jahenya harus udah tersedia... :D

    ReplyDelete
  4. aku kalo masuk angin juga minum air jahe kok, rasanya suegerr banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas cuaca dingin mba.. jadi angat ya, angin minggat hehe

      Delete
    2. wah pas banget tuh teh, kebetulan disini lagi ujan gede nie

      Delete
  5. jahe memang memiliki khasiat yang sangat banyak....thanks infonya mbak :)

    ReplyDelete
  6. jahe mengatasi masuk angin.. jg dapt dipake buat menolak angin juga Kan Teh?
    tadinya mau bahas ttg khasiat nomer satu.. tp, nda jadi..

    oiyya Teh Cantik..!
    jahe inihkan kalo tidak salah.. seperti di dialog di pilem India
    seperti begini Teh..

    Mau Makan?
    lalu si Org India Jawab: JAHE..JAHE..JAHE..

    tulkan Teh Cantik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul mas, ketularan nonton india ya, orang india katanya ga suka jahe ya, selalu bilang..! jahe nehii, jahe nehii wkwkwk..

      Delete
  7. Ada 7 khasiat yang terdapat dari jahe (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin masih banyak lagi yang belum terungkap dari manfaat jahe ini mbak

      Delete
    2. betul ceu ai, banyak keneh yang dilewati..

      Delete
  8. susu jahe lah yang suka menghangatkan badan ku :)

    ReplyDelete
  9. Itu manfaat jahe yang nomor satu sepertinya perlu diperhatikan bagi kaum pria, hehehe... tapi itu penjelasannya masih lumayan bingung, maksudnya untuk mencegah atau untuk mengobati Bos?

    ReplyDelete
  10. ada yang lebih kecil lagi ternyata dari jahe empit kirain jaheprit itu paling kecil secara manuk emprit kan burung yang sangat kecil. eh impoten bisa juga di obati dengan oplosan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau didaerah subang dan karawang jahe sunti lebih akrab mas..

      Delete
  11. Kalau di sini dipanggil halia. Bahan penting untuk pengubatan dan juga masakan. Selalu digunakan untuk angin saja. Yang lain2 seperti di atas, belum pernah di coba..

    Terima kasih tips nya Santika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jahe itu halia yah.. sama sama kak fidah..

      Delete
  12. masya allah bau tau saya kasiatnya, ternyata bisa ngobati banyak gejala, thank ya teh. dapat ilmu baru dah keren

    ReplyDelete
  13. Waahh mau donk saya dibuatkan segelas Wedang Jahe racikan Teteh Santika yang baik hati dan cantik ini. HIhihihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas asep, moga kehangatan jahe menambah keharmonisan keluarga juga ya..

      Delete
  14. kebetulan dalam beberapa hari ini saya pilek dan batuk Teh, ternyata Jahe bisa mengobati Batuk yah .. saya catat dulu ah... nanti saya coba tips nya teh .. :)

    ReplyDelete
  15. jahe diminum dengan teh pun sudah enak apalagi kalau diolah lagi

    ReplyDelete
  16. http://tipsmerawatkecantikandankesehatan.blogspot.com/2015/01/sehat-alami-dengan-manfaat-jahe.html?showComment=1450162409418#c1486439756326154789

    ReplyDelete
  17. terimakasih informasinya
    http://obattipes.xyz/

    ReplyDelete