Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Bengkuang Pachyrrhizus erosus itu mengandung air yang banyak, rasanya manis dan segar juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini termasuk jenis umbi-umbian (cormus), dagingnya putih seperti buah pir, bentuknya bulat dan bagian ujungnya runcing. Bengkuang sering dimanfaatkan untuk sajian rujak atau es, bahkan bengkuang dijadikan sarana untuk kesehatan dan kecantikan, terbukti dari banyaknya produk kecantikan untuk kulit wajah yang diambil dari eksrak bengkuang.

Kandungan Bengkuang
Bengkuang mengandung vitamin dan mineral yang cukup menggembirakan diantaranya :
Protein 1.2 g
Lemak 0.18 g
Karbohidrat  12,8 gr
Energi  55 kkal
Kalsium 12.6 mg
Fosfor 15.12 mg
Zat besi 0.50 mg
Seng 0.08 mg
Vitamin B1 0,04 mg
Vitamin C 16.8 mg

Melihat dari indikasi kandungan bengkuang diatas, maka bengkuang dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi beberapa sajian untuk kesehatan dan juga kecantikan. Diantaranya


Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Melancarkan Pencernaan

Bengkuang tergolong rendah karbohidrat terdiri dari polisakarida, monosakarida dan oligosakarida, sebagai penyusun adalah inulin, inulin sendiri dibutuhkan bagi kesehatan untuk lactobacillus sp agar pencernaan pada usus lebih lancar.

Meringankan wasir

Karbohidrat dalam bentuk Serat pada bengkuang sangat dibutuhkan, guna memperlancar BAB, bagi penderita wasir tentu akan sangat membantu meringankan rasa sakit ketika buang air besar. Serat akan melunakan dan meningkatkan volume tinja dan menjadikan BAB tidak merasa sakit.

Menjaga kadar gula darah

Untuk orang yang memiliki kadar gula darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi bengkuang secara rutin, karena bengkuang bersifat diuretik (peluruh kencing) dan laksatif (pencahar), keduanya diperlukan untuk membuang sisa makanan yang tak diserap tubuh, sehingga transit makanan dalam tubuh menjadi pendek dan tubuh tidak berlebihan menyerap gula yang dapat mengakibatkan naiknya kadar gula dalam darah.

Kaya vitamin C

Bengkuang memiliki vitamin c yang tinggi sebanyak 16.8 s/d 20 mg, jumlah ini dapat mencukupi kebutuhan harian bagi pria dewasa, vitamin c yang cukup dapat memberikan energi yang cukup, menghindarkan dari gusi berdarah, sariawan, melegakan tenggorokan dan membuang dahak atau lendir disaat batuk.

Atasi eksim

Secara empiris bengkuang juga dapat digunakan sebagai obat luar, bengkuang bisa mengobati kulit besisik dan menghaluskannya, bahkan mampu atasi eksim. Caranya parut bengkuang biarkan patinya mengendap dan gunakan pati tersebut untuk obat oles bagi kulit yang bermasalah.

Menurunkan kolesterol

Untuk yang bermasalah dengan penyakit kardiovaskuler cobalah mengonsumsi bengkuang untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar koleterol baik. Meningkatkan  HDL (kolesterol baik) sangat diperlukan untuk kesehatan pembuluh darah serta jantung.

Kecantikan

Bengkuang sangat populer sebagai sarana untuk mempercantik diri, mulai dari mencerahkan kulit wajah, memutihkan kulit wajah, serta melembabkan. bahkan yang menginginkan awet muda, menggunakan bengkuang dapat memperlambat penuaan dini dan juga salah satu macam masker yang paling banyak dipakai, karena kandungan vitamin c yang berfungsi sebagai antioksidan berkhasiat menangkal radikal bebas dan mampu mencerahkan dan mempercantik kulit secara alami.

Demikianlah sebagian manfaat bengkuang bagi kesehatan dan juga perawatan kecantikan. Sediakanlah selalu bengkuang dirumah, agar mudah menyehatkan tubuh juga mudah memberikan perawatan bagi kulit. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments