Makanan Sumber Tenaga

Dalam pola makan sehat ada 4 kelompok makanan utama, jika dimakan dengan porsi yang benar makanan-makanan dari ke 4 kelompok ini memberikan vitamin, mineral dan komponen-komponen penting lain untuk mengoptimalkan kesehatan dan vitalitas tubuh. harus diingat makan itu bukan hanya enak dimakan dan kenyang diperut, tapi untuk membentuk tubuh yang sehat. Makanan yang dianjurkan supaya menjadi sumber tenaga adalah :
Baca juga Makanan Sehat Alami Penambah Stamina

1. Makanan berkarbohidrat

Tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi glukosa untuk otak dan menyimpanya diotot serta sebagai glikogen didalam hati. Karbohidrat adalah sumber energi yang lebih baik dibandingkan gula karena mengandung serat, vitamin dan mineral yang tidak ditemukan didalam gula ataupun lemak. Seorang atlet membutuhkan 14 porsi makanan berkarbohidrat per hari, sedangkan wanita yang lebih banyak duduk hanya membutuhkan 5-6 porsi per hari.

Porsi yang dianjurkan
3 sendok makan sereal 45 g.
1 potong roti tawar.
1 potong roti gulung.
3 keping cracker atau biskuit.
1 buah kentang ukuran sedang.
2 sendok nasi 30 g.
3 sendok pasta rebus 45 g.
1 buah pisang raja atau ubi jalar ukuran kecil.

2. Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah nutrisi penting bagi kekebalan dan vitalitas tubuh, vitamin C dalam sayuran dan buah-buahan dibutuhkan untuk membentuk sel-sel darah merah yang dapat mencegah kelelahan dan anemia. Buah sitrus dan sayuran hijau lainnya merupakan asupan vitamin C dan menambah daya tahan tubuh. Konsumsilah sedikitnya 5 porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari.


Porsi yang dianjurkan
1/2 Buh alpukat.
4 buah aprikot segar.
1 buah pisang kecil.
60 g strowberry.
6 buah kurma segar atau 4 buah kurma yang dikeringkan.
1 gelas kecil jus buah.
2sendok makan wortel.
3 sendok makan kacang polong.
1 bongkol jagung.
1 buah tomat ukuran besar.

3. Daging, Ikan dan alternatif protein bagi vegetarian

Protein dalam ikan, daging rendah lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Daging juga mengandung magnesium untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang juga kulit. Zat besi, seng, dan vitamin B12 yang dibutuhkan untuk mencegah anemia. Pilih daging yang rendah lemak.

Para ahli gizi menyarankan agar kita mengkonsumsi daging maksimum 12-14 porsi setiap minggu (atau kurang), untuk mencegah kanker usus, kanker payudara, prostat dan pankreas. Mengonsumsi sayuran dan buah dapat mengurangi risiko kanker bagi mereka yang menyukai daging, Penggemar daging juga dianjurkan untuk mengganti seporsi daging dengan ikan yang mengandung minyak. Para vegetarian membutuhkan 2-4 porsi makanan sumber protein per hari.


Porsi yang dianjurkan
3 potong sedang daging sapi, hati, ginjal, ayam atau ikan berminyak 45-75 g.
125-150 g ikan putih.
3 potong nuget ikan.
2 butir telur (sampai 4 butir seminggu).
200 g polong-polongan yang dimasak.
60 g kacang-kacangan.

4. Makanan olahan dari susu

Mengonsumsi susu, yogurt dan keju rendah lemak dapat mengurangi asupan lemak dalam pola makan, khususnya lemak jenuh. Produk olahan susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk tulang dan gigi yang kuat. Setiap orang dari beragam usia membutuhkan jumlah kalsium tetap untuk tulang dan gigi. Produk olahan susu juga mengandung protein yang digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, serta vitamin A dan D untuk mata dan gigi. Setiap orang yang berusia lebih dari 5 tahun membutuhkan produk susu rendah lemak. Sedangkan bayi dan balita membutuhkan susu yang kaya akan lemak.


Porsi yang dianjurkan
1 gelas susu 200 ml.
1 potong keju 40 g.
1 mangkuk kecil yogurt, 125 g.

Subscribe to receive free email updates:

21 Responses to "Makanan Sumber Tenaga"

  1. wah cocok banget nih, bagi saya yang hobi olahraga sangat membutuhkan energi lebih, dengan beberapa makanan sumber tenaga mungkin bisa di pilih untuk kategori makanan yang bisa cepat di cerna sehngga sebagai tambahan tenaga ketika mau bertanding, makasih infonya ya mbak

    ReplyDelete
  2. ituuuuuu ,,,, belum semua terpenuh setiap hari bu dokter ,,,hehe

    ReplyDelete
  3. wah saya belum teratur makannya mbak, semoga kedepannya bisa kayak diatas, makanya kayaknya saya kurang energi ya, makasih makan kayak itu cuman tak ada takaran tertentu

    ReplyDelete
  4. nah itu dia mbak,terkadang kita memakan makanan seenaknya aja tanpa mempertimbangkan asupan gizinya.terimakasih ya info nya,jadi tau takaran atau porsi makanan yang harus di konsumsi agar menambah energi :)

    ReplyDelete
  5. kalau sayur dan buahnya dipisah, jadi 4 sehat -> 5 sempurna hehehe

    ReplyDelete
  6. lengkap dengan porsi yang dianjurkan, saya ingin selalu bertenaga

    ReplyDelete
  7. saya sih setiap harinya pasti selalu makan ikan, maklum hidup si dekat laut.
    kira2 apakah ada dampaknya memakan ikan terlalu sering mbak?

    ReplyDelete
  8. Kalau telat makan pasti aja badan ini selalu lemas, memang tubuh ini harus selalu mendapatkan asupan gizi yang sehat2 juga (y)

    ReplyDelete
  9. Kalau makan semua bertambah bagus apa tambah jelek buat kesehatan gan? Mksdnya semua menu ada tp sedikit"

    ReplyDelete
  10. tentu donk, tapi kalo makan berlebih juga gak baik kan?

    ReplyDelete
  11. jgn lupa juga diseimbangi dgn minumnya, kurang minum jd kurang cairan kan, lemes jg deh

    ReplyDelete
  12. terimakasih infonya mba santika :)

    ReplyDelete
  13. oh porsi setiap orang berbeda beda toh. tergantung pekerjaan orang tersebut ya.. saya gak pernah menghitung porsi makan saya, yang penting cuma kenyang, Padahal kenyang belum tentu jadi energi ya teh...

    ReplyDelete
  14. Wahhahhaha setelah membaca artikel ini saya jadi malu. Whaiahahia. Soalnya saya ketaan suka menyantap Karbo (Nasi) dalam takaran yang berlenihan. Wahahaha. Pantes saya skarang sudah semakin BULET alias kelebihan berat badan HIehiehiehie Duh duh jadi malauuuu saya teh Xixixixixie

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyantai aja kang asep, saya juga bulet kok untungnya sekarang udah berkurang juga dan turun berat badan saya hampir 10 kg dalam 1 tahun terakhir...

      Delete
  15. duh telor rebusnya enak banget tuh mbak,,,,incip satu donk....

    ReplyDelete
  16. susah mbak kalo harus ditimbangi gitu... hehehe

    ReplyDelete
  17. ternyata ada porsi yang dianjurkan, kirain makin banyak makin bagus :)

    ReplyDelete
  18. Jujur, hal ini bermanfaat dan kita semua sebenarnya mengetahuinya, akan tetapi luput dari perhatian kita....dan yang pasti untuk mempersiapkan semuanya diperlukan waktu serta biaya yang tidak sedikit. Soal waktu, kita tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan makanan yang sempurna akhirnya beralih ke makanan instant, soalnya biaya, karena mahal harganya maka solusinya adalah nasi kota/bungkus di warung padang....

    Hasilnya yang penting kenyang tapi kandungannya terkadang tidak seimbang antara gizi dan porsinya, hahahaha...sunggu menyedihkan bukan?

    ReplyDelete
  19. kalo saya selalu melebihi porsi mba :D

    ReplyDelete
  20. .Alhamdulillah makanannya sesuai dengan yang saya makan hari-hari, ya walaupun tidak semuanya. :D

    ReplyDelete